Wakaf Sejadah Tampa Shigot

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

Published from Blogger Prime Android App

Wakaf Sejadah Tampa Shigot

Sail : Fulan

Assalamu'alaikum 

 Deskripsi Masalah :

Pada suatu hari Aldi memberikan uang kepada Bandi agar uang tersebut dibelanjakan sejadah yang mana sajadah itu untuk di wakafkan ke masjid. Kemudian Bandi berkata bahwa 1 sajadah harganya 20 ribu sudah termasuk ujrohnya.

  Pertanyaan :

1. Apakah niat Aldi saja cukup untuk menjadikan sajadah tersebut sebagai wakaf, meskipun belum diterima oleh pengurus wakaf (mauquf 'alaih)?

2. Apakah uang selebihnya dari harga sajadah itu sudah bisa diambil Bandi?

 Jawaban :

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.



1. Sajadah tersebut belum bisa dikategorikan sebagai wakaf karena belum ada shighat dari wakif. Shighat merupakan salah satu rukun wakaf yang mewajibkan adanya pernyataan dari wakif, baik secara sharih (jelas) maupun kinayah (kiasan).

2. Uang kembalian dari hasil pembelian sajadah yang akan diwakafkan boleh diambil. Hal ini karena yang diwakafkan hanyalah sajadahnya saja, bukan uang kembaliannya
.
Refetensi :


( أركانه ) أربعة : ( موقوف وموقوف عليه وصيغة وواقف ، وشرط فيه ) أي في الواقف ( كونه مختارا ) والتصريح به من زيادتي ( أهل تبرع ) فيصح من كافر ولو لمسجد

“Rukun wakaf itu ada empat. Yakni mauquf (barang yang diwakafkan), mauquf 'alaih (penerima wakaf), shighot (pernyataan wakaf), dan wakif (orang yang mewakafkan). Disyaratakan orang yang mewakafkan itu adalah orang yang secara sukarela memberikannya (bukan terpaksa), dan penjelasan tambahan dariku (Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshori) dalam hal ini yakni orang yang mewakafkan itu adalah ahli tabarru (ahli kebaikan). Atas dasar itu, maka sah wakaf dari orang kafir meskipun wakaf tersebut untuk masjid” (Fathul Wahhab : 1/440)
 :

ولا يصح الوقف إلا بلفظ من ناطق يشعر بالمراد

“Tidak sah wakaf kecuali dengan disertai ucapan (atau shighot dari si pewakaf), yang mana ucapan tersebut memberikan pengertian (pewakafan) yang dimaksud” (Mughni Al-Muhtaj : 2/382)

 :

وشرط الصيغة لفظ يشعر بالمراد صريحا: كوقفت، وسبلت، وحبست كذا على كذا، وكناية: كحرمت، وأبدت هذا للفقراء، وكتصدقت به على الفقراء، ويشترط فيها عدم التعليق، فلو قال إذا جاء رأس الشهر فقد وقفت كذا على الفقراء، لم يصح، وعدم التأقيت: فلو قال وقفت كذا على الفقراء سنة، لم يصح

“Syarat shighot wakaf adalah dengan lafadz (dinyatakan) maksudnya secara shorih (jelas) semisal pernyataan : Aku wakafkan, aku serahkan penyalurannya, atau aku tahan seperti ini untuk maksud seperti ini. Atau bisa menggunakan lafadz kinayah semisal pernyataan : Aku haramkan (barang ini atas diriku), aku tetapkan barang ini sepenuhnya selemanya untuk orang faqir. Dan disyaratkan dalam masalah shighot itu yakni tidak adanya penggantungan. Maka jika orang yang mewakafkan berkata : Ketika ro'sul shohri datang, maka akan aku wakafkan ini untuk orang faqir, maka yang sedemikian ini tidak sah. Kemudian syarat lainnya dalam masalah shighot adalah tidak adanya penentuan waktu semisal jika orang yang mewakafkan berkata : Aku wakafkan barang ini untuk keperluan orang faqir selama satu tahun, maka yang demikian ini tidak sah” (I'anatut Tholibin : 3/186)

 :

حكم الوقف:

الوقف مستحب؛ لما فيه من بر الأحباب، ومواساة الفقراء في الدنيا، وتحصيل الثواب في الآخرة. والوقف الشرعي الصحيح هو ما كان على جهة بر من قريب، أو فقير، أو جهة خيرية نافعة، فهو صدقة جارية دائمة. وهو من أفضل الصدقات التي حث الله عليها، ورغَّب فيها رسوله؟؛ لأنه صدقة دائمة ثابتة في وجوه البر والإحسان.
وهو من أجلِّ وأعظم أعمال القُرب التي لا تنقطع بعد الموت. 1- قال الله تعالى: {لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ [٩٢]} [آل عمران: ٩٢]. 2- وَعَنْ أبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: «إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاّ مِنْ ثَلاَثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ». أخرجه مسلم. 3- وَعَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضيَ اللهُ عَنهُمَا قَالَ: أصَابَ عُمَرُ بِخَيْبَرَ أرْضاً، فَأتَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: أصَبْتُ أرْضًا، لَمْ أصِبْ مالاً قَطُّ أنْفَسَ مِنْهُ، فَكَيْفَ تَأْمُرُنِي بِهِ؟ قَالَ «إِنْ شِئْتَ حَبَّسْتَ أصْلَهَا وَتَصَدَّقْتَ بِهَا». فَتَصَدَّقَ عُمَرُ: أنَّهُ لا يُبَاعُ أصْلُهَا، وَلا يُوهَبُ، وَلا يُورَثُ، فِي الفُقَرَاءِ، وَالقُرْبَى، وَالرِّقَابِ، وَفِي سَبِيلِ الله، وَالضَّيْفِ، وَابْنِ السَّبِيلِ، لا جُنَاحَ عَلَى مَنْ وَلِيَهَا أنْ يَأْكُلَ مِنْهَا بِالمَعْرُوفِ، أوْ يُطْعِمَ صَدِيقًا غَيْرَ مُتَمَوِّلٍ فِيهِ. متفق عليه.

.أركان الوقف. أركان الوقف أربعة: الواقف.. والموقوف.. والموقوف عليه.. والصيغة: وهي إيجاب الواقف على نفسه الوقف بالقول أو الفعل حسب العرف.

.أقسام الوقف. الوقف قسمان: الأول: وقف على المصالح الدينية.
كأن يوقف الإنسان مسجداً، أو مدرسة لطلاب العلم، أو داراً للضعفاء والفقراء والأيتام والأرامل ونحو ذلك. الثاني: وقف على المصالح الدنيوية. كأن يبني داراً ويجعلها وقفاً على ورثته، أو يوقف مزرعة ويجعل غَلَّتها لهم. فهذا وذاك كلاهما صدقة جارية باقية للعبد بعد وفاته.

.شروط الوقف. يشترط لصحة الوقف ما يلي:
١ لا١- أن يكون الواقف أهلاً للتبرع، مالكاً لما سيقفه.
٢- أن يكون الموقوف مالاً متقوَّماً، معلوماً، مملوكاً للواقف.
٣ أن يكون الوقف عيناً معلومة يمكن الانتفاع بها مع بقاء عينها.
٤- أن يكون الوقف على بر كالمساجد، والقناطر، والأقارب، والفقراء.
٥ أن يكون الوقف على معين من جهة كمسجد كذا، أو صنف كالفقراء، أو شخص كزيد مثلا.
٦ أن يكون الوقف مؤبداً غير مؤقت، منجّزاً غير معلق، إلا إذا علقه بموته فيصح ويكون وصية.

Hukum Wakaf:

Wakaf adalah suatu perbuatan hukum yang memisahkan sebagian harta benda milik seseorang untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu guna kepentingan agama, sosial, atau kemanusiaan, dengan tidak mengubah bentuk dan zatnya. Wakaf hukumnya mustahab (dianjurkan), karena mengandung pahala menyantuni orang-orang terkasih, membantu orang miskin di dunia, dan mendapatkan pahala di akhirat.

Wakaf yang sah menurut syariat Islam:

- Dilakukan untuk tujuan kebaikan, baik untuk keluarga, orang miskin, atau tujuan amal yang bermanfaat.
- Merupakan sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang berwakaf telah meninggal dunia.
- Termasuk salah satu amal terbaik yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.
Dalil tentang Wakaf:

1. Al-Qur'an Surat Ali Imran ayat 92:
"Kamu tidak akan mencapai kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu infakkan, maka Allah mengetahuinya."

2. Hadits Riwayat Muslim dari Abu Hurairah RA:
"Ketika manusia meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya."

3. Hadits Riwayat Muttafaqun Alaih dari Ibnu Umar RA:
"Umar mendapatkan tanah di Khaibar, lalu dia datang kepada Nabi SAW dan berkata, 'Saya mendapatkan tanah, saya tidak pernah mendapatkan harta yang lebih berharga darinya. Bagaimana menurut Anda apa yang harus saya lakukan dengannya?' Nabi SAW menjawab, 'Jika kamu mau, kamu bisa menahan pokoknya dan bersedekah dengan hasilnya.'"

Rukun Wakaf:

1. Wakif: Orang yang melakukan wakaf.
2. Mauquf: Harta benda yang diwakafkan.
3. Mauquf 'Alaih: Pihak yang menerima manfaat dari wakaf.
4. Shighoh: Pernyataan ijab kabul wakaf dari wakif.

Jenis-jenis Wakaf:

1. Wakaf untuk kepentingan agama:
- Masjid
- Sekolah
- Panti asuhan
2. Wakaf untuk kepentingan duniawi:
- Rumah untuk ahli waris
- Pertanian

Syarat Wakaf:

1. Wakif harus cakap hukum dan memiliki harta benda yang diwakafkan.
2. Harta benda yang diwakafkan harus bernilai, diketahui dengan jelas, dan dimiliki oleh wakif.
3. Harta benda yang diwakafkan harus dapat dimanfaatkan dengan tetap menjaga keutuhannya.
4. Wakaf harus ditujukan untuk tujuan kebaikan.
5. Wakaf harus ditujukan kepada pihak yang jelas.
6. Wakaf harus bersifat permanen, tidak boleh dibatasi waktunya.




(فتح الوهاب : ج ١ ص ٤٤٠)

( و ) شرط ( في الصيغة لفظ يشعر بالمراد ) كالعتق بل أولى وفي معناه ما مر في الضمان ( صريحه كوقفت وسبلت وحبست ) كذا على كذا ( وتصدقت ) بكذا على كذا ( صدقه محرمة ) أو مؤبدة ( أو موقوفة أو لا تباع أو لا توهب وجعلته ) أي هذا المكان ( مسجدا ) لكثرة استعمال بعضها واشتهاره فيه وانصراف بعضها عن التمليك المحض الذي اشتهر استعماله فيه ، وقوله كغيره ولا توهب الواو محمول على التأكيد وإلا فأحد الوصفين كاف كما رجحه الروياني وغيره وجزم به ابن الرفعة ولهذا عبر بأو . ( وكنايته كحرمت وأبدلت ) هذا للفقراء لان كلا منهما لا يستعمل مستقلا وإنما يؤكد به كما مر فلم يكن صريحا بل كناية لاحتماله . ( وكتصدقت ) به ( مع إضافته لجهة عامة ) كالفقراء بخلاف المضاف إلى معين ولو جماعة فإنه صريح في التمليك المحض فلا ينصرف إلى الوقف بنيته فلا يكون كناية فيه ، وألحق الماوردي باللفظ أيضا ما لو بنى مسجدا بنيته بموات قال الأسنوي : وقياسه إجراؤه في نحو المسجد كمدرسة ورباط ، وكلام الرافعي في إحياء الموات في مسألة حفر البئر فيه يدل له



Syarat dalam Shighah (Rumusan Wakaf)

1. Penggunaan lafal yang menunjukkan maksud wakaf. Hal ini lebih utama daripada lafal dalam al-'Itak (pembebasan budak).
Contoh lafal sharih (jelas):

"Aku wakafkan"
"Aku sedekahkan"
"Aku jadikan (tempat ini) masjid"

Contoh lafal kinayah (tidak jelas):

"Aku haramkan"
"Aku abadikan"
"Aku jadikan (tempat ini) milik fakir miskin"

Alasan lafal kinayah:

- Lafadz-lafadz tersebut tidak digunakan secara mandiri, melainkan sebagai penegas, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
- Lafadz-lafadz tersebut mengandung makna selain wakaf, seperti hibah.

Contoh kalimat kinayah:

"Aku sedekahkan (tempat ini) kepada fakir miskin"

Lafal yang dihukumi kinayah:

"Aku haramkan"
"Aku abadikan"

Alasan:

- Lafadz-lafadz tersebut tidak digunakan secara mandiri, melainkan sebagai penegas.
- Lafadz-lafadz tersebut mengandung makna selain wakaf.
Penambahan oleh Mawardi:

- Membangun masjid di atas tanah mati dengan niat wakaf.
- Membangun madrasah atau ribat (penginapan) dengan niat wakaf

(الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي : ج ٥ ص ٢٥) 

كإشارة الأخرس المفهمة، أو كتابته. ولا بدّ من الصيغة لصحة الوقف وإنشائه

(٢) أقسام الصيغة:
الصيغة قسمان:

أ - صريحة: وهي التي لا تحتمل إلا المعنى المراد، مثل أن يقول وقفت داري على الفقراء، أو هي موقوفة عليهم، أو يقول: حبستها لهم، أو سبّلتها لهم.

ومثل هذه الألفاظ الصريحة الواضحة في الدلالة على المقصود لا تحتاج إلى نيّة لصحة الوقف، شأنها شأن كل لفظ صريح في العقود، بل يكفي فيها النطق بها.
ب كناية: وهي اللفظ الذي يحتمل مع المعنى المراد غيره، كأن يقول: مالي صدقة على الفقراء، أو حرمته لهم، أو أبّدته عليهم، وهكذا.

ومن كناية أيضًا كتابة الناطق.
والكناية لا بدّ فيها من النّية مع اللفظ، شأنها شأن كل ألفاظ الكناية في العقود، حتى تنشأ العقود صحيحة.

(٣) شروط صيغة الوقف:

لصيغة الوقف - صريحة كانت، أم كناية - شروط نذكرها فيما يلي:
أ - أن تكون لفظًا من ناطق يشعر بالمراد، أو كتابة من أخرس مُفصحة عن المقصود.

ب-أن تكون الصيغة خالية من التوقيف، فإن قال: وقفت أرضي على طلاب العلم سنة، بَطُلَ الوقف، لعدم صحة هذه الصيغة، لوجود التوقيف فيها، وذلك لأن مقتضى الوقف التأبيد، والتوقيت يُنافيه.


Syarat dan Jenis Rumusan Wakaf (Shighoh)

1. Pentingnya Rumusan Wakaf:

Rumusan wakaf (shighah) merupakan syarat sahnya wakaf. Tanpa rumusan wakaf, wakaf tidak dapat dilakukan. Rumusan wakaf dapat berupa:

- Isyarat dari orang bisu yang dapat dipahami.
- Tulisan dari orang bisu.
2. Jenis-jenis Rumusan Wakaf:

Rumusan wakaf terbagi menjadi dua jenis:

a. Rumusan Shāriḥ (Jelas):

Rumusan shāriḥ adalah rumusan yang tidak mengandung makna lain selain makna yang dimaksud. Contohnya:

"Aku wakafkan rumahku kepada fakir miskin."
"Rumah ini diwakafkan untuk fakir miskin."
"Aku jadikan rumah ini milik fakir miskin."
"Aku sedekahkan rumah ini untuk fakir miskin."

Rumusan shāriḥ yang jelas dan tegas dalam menunjukkan maksudnya tidak memerlukan niat khusus untuk sahnya wakaf. Sama seperti rumusan shāriḥ dalam akad-akad lainnya, cukup dengan mengucapkannya.

b. Rumusan Kināyah (Tidak Jelas):

Rumusan kināyah adalah rumusan yang mengandung makna lain selain makna yang dimaksud. Contohnya:

"Hartaku adalah sedekah untuk fakir miskin."
"Aku haramkan hartaku untuk fakir miskin."
"Aku abadikan hartaku untuk fakir miskin."

Tulisan dari orang yang dapat berbicara juga termasuk rumusan kināyah.

Rumusan kināyah memerlukan niat khusus bersama dengan rumusan tersebut, seperti pada semua rumusan kināyah dalam akad-akad lainnya, agar akad tersebut sah.

3. Syarat-syarat Rumusan Wakaf:

Syarat-syarat rumusan wakaf, baik shāriḥ maupun kināyah, adalah sebagai berikut:

a. Rumusan harus berupa ucapan dari orang yang dapat berbicara dan menunjukkan makna yang dimaksud, atau tulisan dari orang bisu yang menjelaskan maksudnya.

b. Rumusan harus bebas dari pembatasan waktu.

Contohnya: "Aku wakafkan tanahku untuk para penuntut ilmu selama satu tahun." Wakaf ini tidak sah karena rumusannya tidak sesuai dengan syarat. Wakaf harus bersifat permanen, sedangkan pembatasan waktu bertentangan dengan prinsip tersebut.

Demikianlah, wallahu a'lam

Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Fahmi Mubarok
✅ Syekh  Iman Abdullah al rasyid
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅Yai Abuya Wail
✅ Yai Ahmad Suhaemi
✅ Ustadzah Zulva
✅ Ustadz Aby Hadi
✅ Ustadz  Abu Siman
✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني

    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

Perumus Redaksi Dan Koordinator

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H
✅ Ustadz Syaipudin


Peterjemaah


✅ Ustadz Masruri Ainul Khyat
✅ Ustadz Ahmad Robit Subhan

Penasehat :

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Deskripsi Masalah

✅ Ustadz Syaipudin

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Jannah



Published from Blogger Prime Android App
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan