Istilah Qodim Dan Azali Dalam Ilmu Aqidah

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

Published from Blogger Prime Android App

Istilah Qodim Dan Azali Dalam Ilmu Aqidah

Penanya: Muhammad Rido



⏸️Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb.

Apa nisbat nya antar qodim dan Azali?

Dan tolong berikan contoh nya sekaligus perbedaan nya?

➡️Jawaban

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

Qodim dan azali itu pada dasarnya sama saja dari segi keumuman makna, namun kata sebagian ulama qodim lebih khusus untuk menyebut maujudnya Allah yang tidak memiliki permulaan. Sedangkan azali, secara umum adalah untuk menyebut segala sesuatu yang tidak memiliki permulaan, dan qodimnya Allah sebenarnya masuk kesini juga jika diberi pengertian secara umum.

📚 Referensi :


فائدة  : القديم أخص من الأزلي لأن القديم موجود لا ابتداء لوجوده، والأزلي ما لا ابتداء له وجوديا كان أو عدميا، فكل قديم أزلي ولا عكس

“Faedah : Qodimnya Allah itu lebih khusus daripada azalinya, sebab qodimnya Allah ada tanpa permulaan keberadaannya. Dan azali adalah untuk menyebut apa saja (terkait sifat Allah) yang tidak memiliki permulaan, maka segala sesuatu yang qodim itu (pada dasarnya) asalah azali juga” (Kifayatul Awam : 18)


(الاربعين فى اصول الدين : ج  ١ ص ١٣)

وأنه متكلم آمر ،ناه، واعد متوعد بكلام أزلي قديم قائم بذاته لا يشبه كلامه كلام الخلق، كما لا يشبه ذاته ذوات الخلق فليس بصوت يحدث من انسلال هواء واضطكاك أجرام، ولا حرف ينقطع بإطباق شفة أو تحريك لسان. وأن القرآن والتوراة والانجيل والزبور كتبه المنزلة على رسله وأن القرآن مقروء بالألسنة، مكتوب في المصاحف محفوظ في القلوب. وأنه مع ذلك قديم قائم بذات الله تعالى، لا يقبل الانفصال والافتراق بالانتقال إلى القلوب والأوراق



(شرح جوهر التوحيد : ص ٨٦)

قال البيجوري رحمه الله: وخرج بإضافة (صفات) إلى الذات: صفات الأفعال، فليس شيء منها بقديم عند الأشاعرة، بخلافه عند الماتريدية... لأنها عند الأشاعرة تعلقات القدرة التنجيزية الحادثة، وعند الماتريدية هي عين صفة التكوين القديمة



(كفاية العوام : ص ٦١)

قالوا إن صفات الأفعال قديمة كالخلق والإحياء والرزق والإماتة لأن هذه الألفاظ أسماء للتكوين الذي هو صفة موجودة عندهم والتكوين قديم فتكون صفات الأفعال قديمة، وعند الأشاعرة صفات الأفعال حادثة لأنها أسماء لتعلقات القدرة فالإحياء اسم لتعلق القدرة بالحياة والرزق اسم لتعلق القدرة بالمرزوق والخلق اسم لتعلقها بالمخلوق 
والإماتة اسم لتعلقها بالموت وتعلقات القدرة عندهم حادثة


Demikianlah, wallahu a'lam.

Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Suhaemi
✅ustadz Aby Abd Hady.
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ustadzah Zaitun Nisa
✅Yai Abu Wail
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

Penulis dan Perumus Redaksi:

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

Penasehat:

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana

Published from Blogger Prime Android App 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar