Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH 

Published from Blogger Prime Android App
Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 🧕 Pena nya :Yulianti(lampung
 

Assalamu'alaikum 
Ummi ijin Bertanya

 📖 Deskripsi Masalah

Ada orang daimul hadats. Sebelum wudhu dia sesuai prosedur dia membasuh kemaluannya terus menyumbat dengan kapas dst. Lalu wudhu dengan niat listibahatis shalat. Dilanjut shalat. 

Usai shalat kapas penyumbat diambil ternyata bersih. Artinya sejak sebelum wudhu smp usai shalat darahnya tidak mengalir.

1.Jika perempuan sedang haid apakah boleh berwudhu??


 2.Wudhunya sah apa tidak? Mengingat niatnya bukan menghilangkan hadats.

Mohon penjelasan Ummi/Ustdzah dan Terima kasih🙏🏻

➡️ Jawaban :

Wa'alaikumusalam warohmatullah

1.wanita haid haram wudhu kecuali niat nya littabarrud , alias ngalap Dingin . Jika niat nya menghilangkan hadas kecil  Hukum nya haram . 

Kalau di dalam mandi wajib memang ada mandi wajib yg Sunnah saperti mandi Sunnah ihrom, atau mandi Sunnah karena masuk romadhon , 

Nah ini *Boleh* wanita haid mandi Sunnah karena niat nya  bukan menghilangkan hadas Besar Memang niat nya karena kasunnahan itu

Wa llahu'alam Bhis showab

📚 Referensi 

Dalam Kitab Nihayatul Muhtaj

وَمِمَّا يَحْرُمُ عَلَيْهَا الطَّهَارَةُ عَنْ الْحَدَثِ بِقَصْدِ التَّعَبُّدِ مَعَ عِلْمِهَا بِالْحُرْمَةِ لِتَلَاعُبِهَا ، فَإِنْ كَانَ الْمَقْصُوْدُ مِنْهَا النَّظَافَةَ كَأَغْسَالِ الْحَجِّ لَمْ يُمْتَنَعْ


 Kitab: Nihayatul Muhtaj Lil Imam Ar Ramli juz I halaman 330, maktabah syamilah


[إذا حاضت المرأة حرم عليها الطهارة لان الحيض يوجب الطهارة وما أوجب الطهارة منع صحتها كخروج البول]

 [الشرح] هذه المسألة عدها جماعات من مشكلات المهذب لكونه صرح بنحر ثم الطهارة والطهارة إفاضة الماء على الأعضاء وليس إفاضة الماء محرمة عليها مع أنها يستحب لها أنواع كثيرة من الطهارة كغسل الإحرام وغيره وقد وافق الشاشي المصنف في العبارة *فقال في المعتمد يحرم عليها لطهارة والذي قاله جمهور الأصحاب لا تصح طهارتها وذكر صاحب البيان في كتابه مشكلات المهذب لكلام المصنف تأويلين أحدهما قال وهو الأظهر إن معنى حرم عليها الطهارة أي لم تصح طهارتها وتعليله يقتضيه والثاني مراده إذا قصدت الطهارة تعبدا مع علمها بأنها لا تصح فتأثم بهذا لأنها متلاعبة بالعبادة فأما إمرار الماء عليها بغير قصد العبادة فلا تأثم به بلا خلاف
الى ان قال.. 
 هذا الذي ذكرناه من أنه لا تصح طهارة حائض هو في طهارة لرفع حدث سواء كانت وضوءا أو غسلا وأما الطهارة المسنونة للنظافة كالغسل للإحرام والوقوف ورمي الجمرة فمسونة للحائض بلا خلاف


[النووي ,المجموع شرح المهذب ج  ٢ ص ٣٤٨-٣٤٩]



2.Niat wudlu littabarrud adalah serangkaian kegiatan yg menyerupai wudlu namun tidak ada niatan untuk menghilangkan hadast,karena bagi wanita yg saat haid di larang berwudlu dengan niat menghilangkan hadast bahkan haram dan berdosa karena di anggap main2 dlm ibadah,kemudian niat tabarrud itu belum mencukupi jika yang di kehendaki adalah tujuan menghilangkan hadast dan untuk melaksanakan sholat.
jadi untuk wudlu nya harus di ulangi sesuai niat yang mu'tabar kalau memang sudah suci dari haid.
langkahnya mandi lalu wudlu lagi.


 📚Referensi 

باب الوضوء

فروضه ستة أحدها: نية رفع حدث أو استباحة مفتقر إلى طهر أو أداء فرض الوضوء ومن دام حدثه كمستحاضة كفاه نية الاستباحة دون الرفع على الصحيح فيهما  اهـ منهاج الطالبين

قال: (أو استباحة مفتقر إلى طهر) هذا الكيفية الثانية، وهي: أن ينوي استباحة الصلاة أو غيرها مما لا يباح إلا بالطهارة، كالطواف، وسجدة التلاوة والشكر، ومس المصحف، فيصح؛ لأن رفع الحدث إنما يطلب لهذه الأشياء، فإذا نواها فقد نوى غاية القصد. وقيل: لا يصح؛ لأن الاستباحة توجد مع بقاء الحدث، بدليل المتيمم والمستحاضة. اهـ النجم الوهاج في شرح المنهاج


"Fardhu wudhu berjumlah enam perkara. Yang pertama adalah berniat untuk menghilangkan hadas, atau berniat agar bisa melaksanakan sesuatu yang butuh pada kesucian dari hadas, atau berniat untuk menunaikan fardhu wudhu. Dan barang siapa yang selalu berhadas terus menerus semisal perempuan yang mengalami istihadhoh, maka cukup baginya untuk berniat (istibahah atau) boleh melakukan sesuatu yang tanpa berniat untuk menghilangkan hadas menurut pendapat yang shohih"
Wa llahu'alam Bhis showab

 Mujawwib 

✅Ummi Hajah Dinda Zulaeha  S.H
✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan