Kajian Tasawwuf  Dalam Kitab Arbain Fi Ushuliddin Karya: Imam Al-Ghazali Tema: Cinta Dunia Tidak Akan Bisa Membersihkan Hati_

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

Published from Blogger Prime Android App
Kajian Ilmu Tasawwuf Kitab Arbain Fi Ushuliddin
     
 Karya: Imam Al-Ghazali

Tema: Cinta Dunia Tidak Akan Bisa Membersihkan Hati_


Untuk mendapatkan keturunan yang baik maka harus diperbaiki ketika melakukan hubungan seksual antara suami dan istri. Hubungan suami istri atau jimak diibaratkan menanam tanaman, langkah terbaik untuk kesuburan tanaman harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik mungkin.

Imam Al-Ghazali telah memaparkan sebagian dari rahasia-rahasia bersuci secara Zahir, apabila hatimu masih kotor atau tidak bersih, padahal dirimu telah melalakun bersuci dengan kehatian-kehatian dan berusaha menyempurnakan bersuci. Berarti dihatimu masih ada kecintaan terhadap dunia atau dirimu masih sibuk memikirkan gemerlapnya dunia. 

Orang yang masih ada rasa cinta terhadap gemerlapnya dunia hatinya tidak akan bersih dan tidak akan menemukan rahasia-rahasai yang terkandung dalam bersuci. Oleh karena itu berusahalah sekuat mungkin untuk mendapatkan rahasia bersuci agar hatimu bersih dari berbagai penyakit hati. Wallahu A'lam Bissawab.


*Referensi:*

*كتاب الاربعين فى اصول الدين ج ١ ص ١٩*

حتى يفيض الله سبحانه مباديء الصلاح على الروح التي يخلقها عند إلقاء البذر في محل الحرث بواسطة الصلاح الغالب على قلب الحارث، كما يفيض الله النور بواسطة المرأة المحاذية للشمس على بعض الأجسام المحاذية للمرآة. وها نحن الآن نقرع باباً عظيماً من معرفة عجائب صنع الله في الملك والملكوت، وإلى قريب منه يرجع سر الشفاعة في الآخرة فلنجاوزه ؛ فغرضنا الآن ذكر الأعمال دون المعارف. وقد أشممناك شيئاً يسيراً من أسرار الطهارة الظاهرة، فإن كنت لا تصادف بعد الطهارة وإسباغ الوضوء شيئاً من الصفاء الذي وصفناه، فاعلم أن الدرن الذي عرض على قلبك من كدورات شهوات الدنيا وشواغلها، اقتضى كلال حس القلب فصار لا يحس باللطائف والأشياء الخفية اللطيفة، ولم يبق في قوته إلا إدراك الجليات إن بقي . فاشتغل بجلاء قلبك وتصفيته، فذلك أوجب عليك من كل ما أنت فيه ! .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan