Hukum Dzihar Menyerupakan Istri Dengan Ibu
TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH
Hukum Dzihar Menyerupakan Istri Dan Ibu
๐ง๐ผ Penanya: Bunga
Deskripsi:
Suatu ketika saya pernah lewat di satu kampung dan tepat pada saat itu saya mendengar ceramah dari satu masjid yang di dalam ceramah tersebut Ustadz atau Kyainya mengatakan, "Kalau ada seorang suami yang menyatakan kepada istrinya, kamu mirip banget degan mamaku atau kamu seperti mamaku, maka otomatis istrinya saat itu akan tertalak".
Pertanyaan:
1. Apakah benar apa yang di katakan dalam ceramah tersebut?
2. Jika benar apa tidak ada keringanan padahal suami mengatakan begitu dalam keadaan tidak tahu?
Atas jawabannya saya ucapkan syukran jazakumullahu khairan
Jawaban :
Di Tafshil:
-Jika suami mengatakan seperti itu lalu diniatkan untuk dzhihar maka terkena konsekuensi hukum dzhihar, serta jika disertai niat mentalak maka jatuh pula talaknya.
- Jika suami hanya sekedar memuji atau menyerukan istri dengan ibunya dari segi sifat yakni bukan fisik, maka tidak berkonsekuensi hukum dzhihar.
Kalimat yang dicontohkan oleh ustad/kiyai didalam deskripsi pertanyaan itu termasuk kalimat dzhihar secara kinayah yang tidak berkonsekuensi hukum apa-apa jika tidak diniatkan untuk dzhihar. Beda dengan kalimat dzhihar yang shorih maka akan berkonsekuensi hukum dzhihar meskipun tidak diniatkan. Adapun contoh kalimat dzhihar yang shorih adalah ketika suami sudah menyebutkan fisik istrinya dan ibunya lalu diserupakan, semisal ketika suami mengatakan : Punggung kamu seperti punggung ibuku.
Dan contoh kalimat dzhihar secara kinayah yang lain adalah ketika suami menyamakan istrinya dengan ibunya/mahramnya dari segi sifat (bukan fisik), kalau menyamakan sifat itu tidak terhukumi dzhihar.
Referensi :
Ibarot kinayah dzhihar :
ูุงูููุงูุฉ ุนูุฏ ุฌู
ููุฑ ุงููููุงุก ู
ุง ูุญุชู
ู ุงูุธูุงุฑ ูุบูุฑู ููู
ูุบูุจ ุงุณุชุนู
ุงูู ูู ุงูุธูุงุฑ ุนุฑูุง ูู
ุซุงูู ุฃู ูููู ุงูุฑุฌู ูุฒูุฌุชู: ุฃูุช ุนูู ูุฃู
ู ุฃู ู
ุซู ุฃู
ู ูุฅูู ููุงูุฉ ูู ุงูุธูุงุฑ ูุฃูู ูุญุชู
ู ุฃููุง ู
ุซู ุฃู
ู ูู ุงููุฑุงู
ุฉ ูุงูู
ูุฒูุฉ ููุญุชู
ู ุฃููุง ู
ุซููุง ูู ุงูุชุญุฑูู
ูุฅู ูุตุฏ ุฃููุง ู
ุซููุง ูู ุงููุฑุงู
ุฉ ูุงูู
ูุฒูุฉ ููุง ูููู ุธูุงุฑุง ููุง ุดูุก ุนููู ูุฅู ููู ุจู ุงูุทูุงู ูุงู ุทูุงูุง ูุฅู ููู ุจู ุงูุธูุงุฑ ูุงู ุธูุงุฑุง ูุฃู ุงูููุธ ูุญุชู
ู ูู ูุฐู ุงูุฃู
ูุฑ ูุฃู ูุงุญุฏ ู
ููุง ุฃุฑุงุฏู ูุงู ุตุญูุญุง ูุญู
ู ุงูููุธ ุนููู ูุฅู ูุงู: ูู
ุฃูุตุฏ ุดูุฆุง ูุง ูููู ุธูุงุฑุง ูุฃู ูุฐุง ุงูููุธ ูุณุชุนู
ู ูู ุงูุชุญุฑูู
ูุบูุฑู ููุง ููุตุฑู ุฅูู ุงูุชุญุฑูู
ุฅูุง ุจููุฉ
“Kinayah (dzhihar) menurut mayoritas ahli fiqih adalah sesuatu yang mengandung unsur dzhihar dan lainnya, namun tidak (umum) digunakan sebagai dzhihar menurut kebiasaannya. Contohnya ketika suami berkata kepada istrinya : Kamu seperti ibuku, maka ucapan ini termasuk kinayah dzhihar. Karena ada kemungkinan suami menyerupakan istrinya dengan ibunya itu dari segi kemuliaan dan kedudukannya, atau mungkin juga diserupakan dari segi kemahramannya. Oleh karena itu jika suami bermaksud menyamakan dari segi kemuliaan dan kedudukannya, maka tidak dianggap dzhihar dan tidak ada dampak hukumnya. Kemudian jika suami berniat talak, maka menjadi talak. Dan jika suami berniat dzhihar, maka menjadi dzhihar. Karena kalimat tersebut maknanya berimplikasi pada semua hal tersebut. Maka makna apapun yang diinginkan suami maka itu menjadi sah. Dan jika suami berkata : Aku tidak bermaksud apapun, maka tidak menjadi dzhihar. Karena kalimat ini biasa dipakai untuk dzhihar dan lainnya, maka tidak dianggap dzhihar kecuali jika disertai niat ke arah tersebut” (Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah : 29/196)
Ibarot dzhihar shorih :
(ูุตู): ูู ุจูุงู ุฃุญูุงู
ุงูุธูุงุฑ ููู ูุบุฉ ู
ุฃุฎูุฐ ู
ู ุงูุธูุฑ ูุดุฑุนุง ุชุดุจูู ุงูุฒูุฌ ุฒูุฌุชู ุบูุฑ ุงูุจุงุฆู ุจุฃูุซู ูู
ุชูู ุญูุงูู، (ูุงูุธูุงุฑ ุฃู ูููู ุงูุฑุฌู ูุฒูุฌุชู ุฃูุช ุนูู ูุธูุฑ ุฃู
ู) ูุฎุต ุงูุธูุฑ ุฏูู ุงูุจุทู ู
ุซูุง، ูุฃู ุงูุธูุฑ ู
ูุถุน ุงูุฑููุจ ูุงูุฒูุฌุฉ ู
ุฑููุจ ุงูุฒูุฌ (ูุฅุฐุง ูุงู ููุง ุฐูู) ุฃู ุฃูุช ุนูู ูุธูุฑ ุฃู
ู (ููู
ูุชุจุนู ุจุงูุทูุงู ุตุงุฑ ุนุงุฆุฏุง) ู
ู ุฒูุฌุชู (ููุฒู
ุชู) ุญููุฆุฐ (ุงูููุงุฑุฉ)
“(Pasal) yang menjelaskan hukum-hukum dzhihar. Dzhihar secara bahasa berasal dari kata Adz-Dzhahru (yang berarti punggung), adapun secara istilah syariat adalah perkataan suami yang menyerupakan istrinya yang tidak tertalak ba'in dengan perempuan yang tidak halal dinikahi oleh suaminya tersebut.
Kalimat dzhihar (yang shorih) adalah ketika suami berkata kepada istrinya : Engkau bagiku seperti punggung ibuku. Dan ungkapan dzhihar itu hanya terkhusus pada kalimat Adz-Dzhahru (punggung), bukan semisal perut. Karena sesungguhnya punggung adalah tempat menunggang, dan istri merupakan tunggangan suaminya.
Oleh karena itu jika si suami mengatakan hal itu kepada istrinya, maksudnya mengatakan : Engkau bagiku seperti punggung ibuku namun dia tidak melanjutkannya dengan (niat) talak, maka dia dianggap kembali kepada istrinya (tidak jatuh talak). Namun wajib bagi suaminya untuk membayar kafarat.” (Fathul Qorib : 384)
ููู ูุบุฉ ู
ุงุฎูุฐ ู
ู ุงูุธูุฑ ูุดุฑุนุง ุชุณุจูู ุงูุฒูุฌ ุบูุฑ ุงูุจุงุฆู ุจุงูุซู ูู
ุชูู ุญูุงูู. ู ุงูุธูุฑ ุงู ูููู ุงูุฑุฌู ูุฒูุฌุชู ุงูุช ุนูู ูุธูุฑ ุงู
ู،ู ุฎุต ุงูุธูุฑ ุฏูู ุงูุจุทู ู
ุซูุง ูุงู ุธูุฑ ู
ูุถูุน ุงูุฑููุจ ูุงูุฒูุฌุฉ ู
ุฑููุจ ุงูุฒูุฌ
ุญุงุดูุฉ ุงูุจุงุฌูุฑู ุฌ ูข ุต ูขูฃู -ูขูฃ* ูก
ู
ุฐูุจ ุงูุดุงูุนูุฉ ูก ) ุฃู ุงูุตุฑูุญ: ู
ุง ุชุถู
ู ุฐูุฑ ุงูุธูุฑ ุฃู ุนุถู ูุง ูุฐูุฑ ูู ู
ุนุฑุถ ุงูุชูุฑู
، ูุฃู ูููู ุงูุฑุฌู ูุฒูุฌุชู: ( ุฃูุช ุนูู ุฃู ู
ูู ุฃู ู
ุนู ุฃู ุนูุฏู ูุธูุฑ ุฃู
ู) ููุฐุง ุฅู ูุงู: ( ุฃูุช ูุธูุฑ ุฃู
ู) ุจุญุฐู ุงูุตูุฉ ุฃู (ุนูู) ููุญูู، ูููู ุตุฑูุญุง ุนูู ุงูุตุญูุญ ، ูู
ู ุงูุตุฑูุญ ูููู: ( ุฌุณู
ู ุฃู ุจุฏูู ุฃู ููุณู ูุจุฏู ุฃู
ู ุฃู ุฌุณู
ูุง ุฃู ุฌู
ูุชูุง) ูุชุตู
ูู ุงูุธูุฑ. ูู
ูู: ( ุฃูุช ุนูู ููุฏ ุฃู
ู ุฃู ุจุทููุง ุฃู ุตุฏุฑูุง ، ููุญููุง) ู
ู ุงูุฃุนุถุงุก ุงูุชู ูุง ุชุฐูุฑ ูู ู
ุนุฑุถ ุงููุฑุงู
ุฉ ูุงูุฅุนุฒุงุฒ ู
ู
ุง ุณูู ุงูุธูุฑ ؛ ูุฃูู ุนุถู ูุญุฑู
ุงูุชูุฐุฐ ุจู ، ููุงู ูุงูุธูุฑ ูู
ู ุงูุตุฑูุญ: ุฐูุฑ ุฌุฒุก ุดุงุฆุน ู
ุซู ูุตูู ุฃู ุฑุจุนู ، ูู
ูู ุฐูุฑ ุฃุญุฏ ุงูุฃุนุถุงุก ู
ุซู: ุฑุฃุณู ุฃู ุธูุฑู ุฃู ูุฏู ุฃู ุฑุฌูู ، ุฃู ุจุฏูู ุฃู ุฌูุฏู ุฃู ุดุนุฑู ุฃู ูุญู ุฐูู.
ุงูููู ุงูุฅุณูุงู
ู ูุฃุฏูุชู ، ูฉ/ ูฅูฆูค
Demikianlah, wallahu a'lam.
Mujawwib :
@ Ummi Nisa Alfii
Ustadz @Ustad Ilyas
Ustadz @Ust Fahrud Cell
Mujawwib Dan Mushohheh:
✅Ustadz Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Suhaemi
✅ustadz Aby Abd Hady.
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ TGK Ari Azhari
✅ Ustadz Muhammad Shohib Mirbath
✅ Ustadz Fahrud Cell
✅ Ukhty Resti(Bintang Kehidupan
Dan Tim Admin Yang Lainnya.
Penulis dan Perumus Redaksi:
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H
Penasehat:
✅Habib Abdulloh As-Segaf
Keamanan Grup:
✅TQK Fauzi Maulana
Komentar
Posting Komentar