Apakah Ijtihad Seorang Mujtahid Pasti Benar
TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH
Apakah Ijtihad Seorang Mujtahid Pasti Benar
๐ง Penanya: Rika
Assalamu'alaikum...
Mau nanya, apakah pendapat imam Mujtahidin itu semuanya pasti bnr atau ada yg kemungkinan keliru dri segi pendapat yg lain?
Mohon jawabannya dan sertakan referensinya ustaz/tazah๐๐
➡️ Jawaban :
Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.
Ijtihad para ulama mujtahid kalau dalam masalah furu'iyyah itu pasti benar, mangkanya 4 madzhab itu benar semua dalam pandangan orang-orang yang taklid. Mangkanya bagi orang yang taklid tidak boleh menganggap kalau imam Syafi'i itu benar sementara imam Malik salah, tapi yang harusnya dia yakini adalah antara imam Syafi'i dan imam Malik itu dua-duanya adalah benar. Jadi, kalau dalam masalah fiqih semua ulama yang berijtihad itu dianggap benar.
Referensi:
ูู ููู ู ู ูุงู: ูู ู ุฌุชูุฏ ูู ุงููุฑูุน ู ุตูุจ، ููุง ูุฌูุฒ ุฃู ููุงู ูู ู ุฌุชูุฏ ูู ุงูุฃุตูู ุงูููุงู ูุฉ ู ุตูุจ، ูุฃู ุฐูู ูุคุฏู ุฅูู ุชุตููุจ ุฃูู ุงูุถูุงูุฉ ู ู ุงููุตุงุฑู ูุงูู ุฌูุณ ูุงูููุงุฑ ูุงูู ูุญุฏูู. ูุฏููู ู ู ูุงู ููุณ ูู ู ุฌุชูุฏ ูู ุงููุฑูุน ู ุตูุจุง ูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุขูู ูุณูู : ู ู ุงุฌุชูุฏ ูุฃุตุงุจ ููู ุฃุฌุฑุงู، ูู ู ุงุฌุชูุฏ ูุฃุฎุทุฃ ููู ุฃุฌุฑ ูุงุญุฏ. ูุฌู ุงูุฏููู ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุขูู ูุณูู ุฎุทุฃ ุงูู ุฌุชูุฏ ูุตูุจู ุฃุฎุฑู
“Diantara ulama ada yang menyatakan : Semua mujtahid dalam masalah hukum cabang itu pasti benar, tapi tidak diperbolehkan untuk mengatakan bahwa semua mujtahid dalam masalah ushul kalam (yakni pokok akidah) pasti benar. Karena hal tersebut akan memberikan (statement serta) pembeneran pada orang-orang yang sesat seperti orang-orang nasrani, majusi, orang-orang kafir dan ateis. Adapun dalil yang dipakai oleh para ulama bahwa tidak semua mujtahid yang berijtihad dalam masalah hukum cabang itu pasti benar adalah berdasarkan sabda nabi shallallahu 'alaihi wasallam : Barang siapa yang berijtihad kemudian benar ijtihadnya, maka dia akan mendapatkan dua pahala. Dan barang siapa yang berijtihad kemudian ijtihadnya salah, maka dia akan mendapatkan satu pahala. Titik penekanan dalil tersebut adalah bahwasanya nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam satu kondisi memberikan penilaian salahya mujtahid, namun memberikan predikat benar pada kondisi yang lain” (Syarah Al-Waraqat Fi Ushul Fiqih : 16/11)
Kemudian, ulama mujtahid dianggap benar dalam pandangan orang-orang yang taklid/orang awam adalah karena pendapat ulama mujtahid itu ibarat dalil syar'i (Al-Qur'an dan sunnah) yang dinisbatkan kepada ulama mujtahid. Jadi kesimpulannya, kalau ulama mujtahid berdalil langsung dengan Al-Qur'an dan sunnah serta berijtihad langsung. Sedangkan kita sebagai orang awam atau orang yang taklid berdalil dengan cara mengikuti ulama mujtahid untuk memahami Al-Qur'an dan sunnah.
Al-Imam Asy-Syathibi rahimahullah mengatakan :
ูุชุงูู ุงูู ุฌุชูุฏูู ุจุงููุณุจุฉ ุฅูู ุงูุนูุงู ูุงูุฃุฏูุฉ ุงูุดุฑุนูุฉ ุจุงููุณุจุฉ ุฅูู ุงูู ุฌุชูุฏูู، ูุงูุฏููู ุนููู ุฃู ูุฌูุฏ ุงูุฃุฏูุฉ ุจุงููุณุจุฉ ุฅูู ุงูู ููุฏูู ูุนุฏู ูุง ุณูุงุก ุฅุฐ ูุงููุง ูุง ูุณุชููุฏูู ู ููุง ุดูุฆุง، ูููุณ ุงููุธุฑ ูู ุงูุฃุฏูุฉ ูุงูุงุณุชูุจุงุท ู ู ุดุฃููู ููุง ูุฌูุฒ ุฐูู ููู ุฃูุจุชุฉ، ููุฏ ูุงู ุชุนุงูู ูุงุณุฃููุง ุฃูู ุงูุฐูุฑ ุฅู ููุชู ูุง ุชุนูู ูู
“Fatwa-fatwa para mujtahid yang dinisbatkan kepada orang awam (yakni orang yang taklid) itu ibarat dalil syar'i yang dinisbatkan kepada seorang mujtahid. Sebab ada dan tidak adanya dalil jika dinisbatkan kepada seorang yang taklid (atau awam) itu sama saja, mereka sama sekali tidak dapat mengambil faedah dari dalil tersebut. Karena untuk menganalisa dan mengambil kesimpulan hukum dari sebuah dalil bukanlah tugas mereka, bahkan hal itu tidak boleh mereka lakukan sama sekali. Allah ta'ala berfirman: Maka bertanyalah kepada seorang ahli ilmu jika kalian tidak mengetahui” (Al-Muwafaqot : 5/335)
Demikianlah, wallahu a'lam.
Mujawwib:
Ummi Hajjah Dinda Zulaeha.S.H
Komentar
Posting Komentar