HUKUM UMROH YANG TIDAK MENGAMBIL MIQOT DI BIR ALI

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH 
Published from Blogger Prime Android App
HUKUM UMROH YANG TIDAK MENGAMBIL MIQOT DI BIR ALI

Penanya : Aby Musamba660

 Ďeskripsi Masalah :

Ngapunten, ada Soal ;
Ada orang yg berangkat Umroh dia Trnsit ke Madinah dulu. Begitu Mau berangkat Ke Makkah dia sakit dan Tidak ngambil Mikot di Bir 'Ali ( Seperti biasanya ).
Dia nunggu sehat dulu yang penting masuk makkah. begitu di makah dia sehat & Ngambil miqot di Tan'im.

❇️ PERTANYAAN :

1. Apakah dia kena dam gara gara tidak ngambil miqot di Bir 'Ali ??

2. Bagaimana cara Umroh ngambil miqotnya untuk yang seperti dia ini?

3 Bolehkah, pentashorufan Hewan DAM untuk Fuqoro yg ada d Indonesia dg cara d sembelih d makah kmudian dagingnya d kemas & d kirim k Indonesia ??

Mohon Pencerahan yai
Terima kasih sebelum nya

➡️ *JAWABAN*:?

1. Terkena Dam sebab tidak miqot dari Dzul hulaifah/Bir Ali.

2. Bisa dengan cara dibadalkan.

3. Khilaf dikalangan ulama. Madzhab Syafi'i khususnya, tidak memperbolehkan. Tapi madzhab lain yang didukung juga oleh pernyataan MUI adalah memperbolehkan.

Referensi :

(فصل): في أنواع الدماء الواجبة في الإحرام بترك واجب أو فعل حرام (والدماء الواجبة في الإحرام خمسة أشياء أحدها الدم الواجب بترك نسك) أي ترك مأمور به كترك الإحرام من الميقات. (وهو) أي هذا الدم (على الترتيب) فيجب أولا بترك المأمور به (شاة) تجزىء في الأضحية (فإن لم يجد) ها أصلا أو وجدها بزيادة على ثمن مثلها (فصيام عشرة أيام ثلاثة في الحج)


“Pasal yang menjelaskan macam-macam dam yang wajib didalam ihram sebab meninggalkan kewajiban atau melakukan keharaman. Dam yang wajib didalam ihram itu ada lima perkara :

Yang pertama adalah dam yang wajib sebab meninggalkan ibadah, yakni meninggalkan sesuatu yang diperintahkan seperti meninggalkan ihram dari miqat. Dan dam ini harus dengan cara berurutan (tertib). Maka sebab meninggalkan sesuatu yang diperintahkan, pertama kali yang wajib dilakukan adalah (menyembelih) satu ekor kambing yang mencukupi digunakan untuk kurban. Tapi jika dia tidak menemukannya sama sekali, atau menemukan dengan harta diatas harga standar, maka wajib melakukan puasa sepuluh hari dan tiga harinya saat ihram haji” (Fathul Qorib : 158)


أن النبي صلى الله عليه وسلم سمع رجلا يقول لبيك عن شبرمة، فقال: من شبرمة؟ قال: أخ لي أو قريب لي، قال: حججت عن نفسك؟ قال: لا، قال: حج عن نفسك ثم حج عن شبرمة  


“Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendengar seorang sahabat melafalkan talbiyah, ‘Labbayka untuk Syabramah.’ Ia bertanya, ‘Syabramah siapa?’ ‘saudara atau kerabatku,’ kata orang tersebut. ‘Kau sudah berhaji?’ ‘Belum,’ jawabnya. ‘Kau sendiri harus berhaji terlebih dahulu, kemudian boleh membadalkan” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)



Pendapat yang membolehkan daging DAM boleh dibagikan di selain tanah haram :

ويجوز أن يتصدق بها على مساكين الحرم وغيرهم لأن الصدقة قربة معقولة والصدقة على كل فقير قربة وعلى مساكين الحرم أفضل إلا أن يكون غيرهم أحوج

“Diperbolehkan untuk menyedekahkan (daging dam) kepada orang-orang miskin yang ada tanah haram dan juga yang ada diluar tanah haram, hanya saja yang lebih utama adalah menyedekahkannya kepada para fakir miskin yang ada tanah haram, kecuali jika fakir miskin yang ada diluar tanah haram itu lebih membutuhkan” (Al-Lubab Fi Syarhil Kitab : 1/109)

Kemudian pendapat yang tidak membolehkan daging DAM boleh dibagikan di selain tanah haram :

ويجوز أن يدفع لكل منهم مدًّا أو أكثر أو أقل إلا دم نحو الحلق فيتعين لكل واحد من ستة مساكين نصف صاع كما مر. *فإن عدموا من الحرم أخر الواجب المالي حتى يجدهم ولا يجوز نقله بخلاف الزكاة* إذ ليس فيها نص صريح بتخصيص البلد بخلاف هذ
ا

[ابن حجر الهيتمي ,المنهاج القويم شرح المقدمة الحضرمية , 306]


ويجوز أن يدفع لكل منهم مُدّاً أو أقل أو أكثر إلا في دم التخيير والتقدير كما مر.
فإن عدموا من الحرم .. أخَّرَ الواجب المالي حتى يجدهم، ولا ينقل كالزكاة؛ إذ لا نص فيها صريح بتخصيص البلد، وأنما فيها أحاديث ظاهرها ذلك.
بخلاف ما هنا ففيه الآية، وهي (هَدْياً بَالِغَ الْكَعْبَةِ) [المائدة:95] والحديث وهو "منى كلها منحر"، وخبر أبي داوود: "كل فجاج مكة منحر" وذلك صريح في التخصيص.


[سعيد باعشن، شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم، صفحة ٦٩١]

Wallahu a'lam.

Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Suhaemi
✅ustadz Aby Abd Hady.
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ TGK  Ari Azhari
✅ Ustadz Muhammad Shohib Mirbath
✅ Ustadz Fahrud Cell
✅ Ukhty Resti(Bintang Kehidupan
    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

Penulis dan Perumus Redaksi:

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

Penasehat:

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana


Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan