Boleh kah memakan Dan Mengkonsumsi Daging Qurban Sendiri
Boleh kah memakan Dan Mengkonsumsi Daging Qurban Sendiri
Assalamu'alaikum
Pena :Ibu Sri mulyati
Deskripsi Masalah
Ummi ijin Bertanya
Begini ummi ,,,banyak orang bilang di masyarakat,jika kita Qurban ga boleh memakan daging Qurban sendiri dan ga boleh Mengkonsumsi daging nya
Yang jadi Pertanyaan saya
Pertanyaan :
Apakah Benar ga boleh memakan dan mengkosumsi daging Qurban sendiri?
Mohon penjelasan umm
Terima kasih
Jawaban nya
Hukum nya Khilaf
A.bener jika qurbanya merupakan qurban wajib(nadzar atau di tentukan meski ini hilaf antara ulama) atau qurban untuk orang yg sudah mati
B.tidak bener jika qurban sunnah
Referensi :
حاشية الباجوري على شرح ابن قاسم، دار المنهاج، الجزء٤ الصحفة ٣٦٢
قوله: (ﻭﻻ ﺗﺠﺐ اﻷﺿﺤﻴﺔ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻨﺬﺭ) أي حقيقةً أو حكمًا، "فالأول" كقوله: لله عليّ أن أضحي بهذه. "والثاني" كقوله: جعلتُ هذه أضحيةً، فالجعل بمنزلة النذر، بل متى قال: هذه أضحيةً صارت واجبةً وإن جهل ذلك
فما يقع من العوام عند سؤالهم عما يريدون التضحية به من قولهم هذه أضحية تصير به واجبة ويحرم عليهم الأكل منها ولا يقبل قولهم أردنا التطوع بها خالفا لبعضهم
وقال الشبراملسي لا يبعد اغتفار ذلك للعوام وهو قريب لكن ضعفه مشايخنا فالجواب الملخلص من ذلك أن يقول المسؤول نريد أن نذبحها يوم العيد
Artinya : Qurban hukumnya tidak wajib kecuali sebab dinadzarkan, maksudnya nadzar secara hakikat atau hukum. Nadzar hakikat contohnya seperti ungkapan "Demi Allah wajib bagiku untuk menyembelih hewan qurban ini". Nadzar secara hukum seperti ungkapan : "Aku jadikan hewan ini sebagai hewan qurban". Ungkapan "menjadikan" ini posisinya sama dengan nadzar, bahkan disaat dia berkata : "Ini adalah hewan kurban" ungkapan ini menyebabkan hewan kurban menjadi wajib walaupun pembicara tidak tahu menahu.
Apa yang terjadi di tengah masyarakat awam ketika mereka bertanya tentang apa tujuan dari hewan kurban tersebut, lalu si pemilik menjawab dengan ungkapan: "Ini adalah hewan kurban", nah ungkapan inilah yang menyebabkan hukumnya menjadi wajib dan haram bagi pengkurban untuk memakan daging (kurban yang dia tentukan tersebut) berbeda halnya dengan pendapat sebagian Ulama'. Imam Syibromalisy berkata: "Tidak salah disaat hal ini (menentukan hewan kurban menjadikan qurban wajib) dimaafkan untuk orang awam dan pendapat ini dianggap mendekati kebenaran namun pendapat ini dilemahkan oleh guru-guru kami." Maka ringkasan jawaban dari penjelasan di atas hendaknya orang yang ditanya mengatakan : "Kita ingin menyembelih hewan kurban di hari idul Adla".
Tambahan Referensi
الفقه المنهجي، الجزء ١ الصحفة ٢٣٢
ﺣﻜﻢ اﻷﺿﺤﻴﺔ؛ ﻫﻲ ﺳﻨﺔ ﻣﺆﻛﺪﺓ، ﻭﻟﻜﻨﻬﺎ ﻗﺪ ﺗﺠﺐ ﻟﺴﺒﺒﻴﻦ اﺛﻨﻴﻦ؛ اﻷﻭﻝ: ﺃﻥ ﻳﺸﻴﺮ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺩاﺧﻞ ﻓﻲ ﻣﻠﻜﻪ ﻣﻦ اﻟﺪﻭاﺏ اﻟﺼﺎﻟﺤﺔ ﻟﻷﺿﺤﻴﺔ، ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﻫﺬﻩ ﺃﺿﺤﻴﺘﻲ، ﺃﻭ ﺳﺄﺿﺤﻲ ﺑﻬﺬﻩ اﻟﺸﺎﺓ، ﻣﺜﻼ، ﻓﻴﺠﺐ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﺃﻥ ﻳﻀﺤﻲ ﺑﻬﺎ. اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺃﻥ ﻳﻠﺘﺰﻡ اﻟﺘﻘﺮﺏ ﺇﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﺑﺄﺿﺤﻴﺘﻪ، ﻛﺄﻥ ﻳﻘﻮﻝ: ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻲ ﺃﻥ ﺃﺿﺤﻲ، ﻓﻴﺼﺒﺢ ﺫﻟﻚ ﻭاﺟﺒﺎ ﻋﻠﻴﻪ، ﻛﻤﺎ ﻟﻮ اﻟﺘﺰﻡ ﺑﺄﻱ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﻣﻦ اﻟﻌﺒﺎﺩاﺕ، ﺇﺫ ﺗﺼﺒﺢ ﺑﺬﻟﻚ ﻧﺬﺭا٠
سراج الوهاب، الجزء ١ الصحفة ٥٦٤
ﻭﻻ ﺗﻀﺤﻴﺔ ﻋﻦ ﻣﻴﺖ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻮﺹ ﺑﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﺃﻭﺻﻰ ﺑﻬﺎ ﺟﺎﺯ ﻭﺇﺫا ﺿﺤﻰ ﻋﻦ اﻟﻐﻴﺮ ﻭﺟﺐ اﻟﺘﺼﺪﻕ ﺑﺎﻟﺠﻤﻴﻊ ﻭﻗﻴﻞ ﺗﺼﺢ اﻟﺘﻀﺤﻴﺔ ﻋﻦ اﻟﻤﻴﺖ ﻭاﻥ ﻟﻢ ﻳﻮﺹ ﺑﻬﺎ٠
Wa llahu'alam Bhis Showab
Mujawwib Dan Mushohheh:
✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني
✅Ustadz Hosiyanto S.Pd.I
✅ Syekh Iman Abdullah al rasyid
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅Yai Abuya Wail
✅ Ustadzah Izzatun nisa
✅ Ustadz Aby Hadi
✅ Ustadz Abu Siman
✅ Kyai Suhaemi Qusyairi
Dan Tim Admin Yang Lainnya.
Perumus Redaksi Dan Koordinator
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H
✅ Ustadz Syaipudin
Peterjemaah
✅ Kang Ustadz Ahmad Robit Subhan
✅ Ummi Dinda zulaeha
Deskripsi Masalah
✅ Ustadz Syaipudin
Keamanan Grup:
✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Jannah
Komentar
Posting Komentar