Tentang Fadhilah Sholat Terawih
TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH
Tentang Fadhilah Sholat Terawih
Sail : Ojak Alkamandori
Assalamualaikum.
Deskripsi :
Sebut saja namanya sulaiman, dia sedang belajar ilmu agama. Dikemudian hari dia kepikiran tentang hadist Fadilah sholat taraweh dari malam pertama sampai malam 30 karena dia belum pernah menemukannya atau mendengar. Sedangkan menurut sulaiman bahwasanya dizaman nabi belum ada sholat tarawih sampai 30 malam berturut- turut.
Pertanyaan :
Adakah haditsnya tentang fadhilah shalat tarawih?
Jawaban :
Hadits tentang fadhilah sholat tarawih yang secara khusus itu ada, tercantum didalam kitab durrotun nashihin. Hanya saja, hadits tersebut dinilai sebagai hadits palsu oleh para ulama sehingga tidak bisa dijadikan sandaran. Adapun terkait fadhilah sholat malam pada bulan ramadhan, secara umum itu masih terdapat hadits-hadits yang shohih. Jadi jika hanya sekedar untuk motivasi, cukuplah yang menjadi pijakan kita adalah hadits-hadits yang shohih saja daripada hadits-hadits yang tidak jelas, apalagi palsu.
Dan perlu diketahui, sholat tarawih yang dilakukan secara berjamaah itu baru ada pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu. Sedangkan dizaman nabi belum dikenal istilah tarawih, tetapi yang dikenal adalah istilah qiyamu ramadhan. Mangkanya sangat aneh dan tidak masuk akal jika kemudian ada hadits yang menyebutkan fadhilah tarawih perhari. Jadi kesimpulannya, tidak ada hadits shohih, hasan maupun dhoif yang menyebutkan fadhilah tarawih perhari. Yang ada juga hadits palsu didalam kitab durrotun nashihin yang mana kitab durrotun nashihin itu sendiri bukanlah kitab hadits. Menempati posisi kitab hadits saja bukan, apalagi sampai menempati posisi kitab mu'tabaroh.
Referensi:
السؤال : ما صحة هذا الحديث عن على بن أبي طالب رضي الله عنه أنه قال: سئل النبي عليه الصلاة والسلام عن فضائل التروايح في شهر رمضان فقال: يخرج المؤمن من ذنب في أول ليلة كيوم ولدته أمه، في الليلة الثانية: يغفر له ولأبويه إن كانا مؤمنين. في الليلة الثالثة: ينادي ملك من تحت العرش استأتنف العمل غفر الله ما تقدم من ذنبك. في الليلة الرابعة: له من الأجر قراءة التوراة والانجيل والفرقان. في الليلة الخامسة: أعطاه الله تعالى مثل من صلى في المسجد الحرام ومسجد المدينة والمسجد الاقصى. في الليلة السادسة: أعطاه الله تعالى ثواب من طاف في البيت المعمور ويستغفر له كل حجر. في الليلة السابعة: فكأنما أدرك موسى عليه السلام ونصره على فرعون وهامان. في الليلة الثامنة: أعطاه الله تعالى ما أعطى إبراهيم عليه السلام. في الليلة التاسعة: فكأنما عبد الله تعالى عبادة النبي عليه السلام. في الليلة العاشرة: رزقه الله تعالى خير الدنيا والآخرة. في الليلة الحادية عشر: يخرج من الدنيا كيوم ولد من بطن أمه. في الليلة الثانية عشر: جاء يوم القيامة ووجهه كالقمر ليلة البدر. في الليلة الثالثة عشر: جاء يوم القيامة آمنا من كل سوء. في الليلة الرابعة عشر: جاءت الملائكة ليشهدون له أنه قد صلى التراويح فلا يحاسبه الله يوم القيامة. وفي الليلة الخامسة عشر: تصلي عليه الملائكة وحملة العرش والكرسي. وفي الليلة السادسة عشر: كتب له الله براءة النجاة من النار والدخول في الجنة. وفي الليلة السابعة عشر: يعطى مثل ثواب الأنبياء. وفي الليلة الثامنة عشر: نادى ملك يا عبد الله إن الله رضى عنك وعن والديك. وفي الليلة التاسعة عشر: يرفع الله درجاته. وفي الليلة العشرين: يعطى ثواب الشهداء والصالحين. وفي الليلة الحادية والعشرين: بنى له بيتا في الجنة من النور. وفي الليلة الثانية والعشرين: جاء يوم القيامة آمنا من كل غم وهم. وفي الليلة الثالثة والعشرين: بنى الله له مدينة في الجنة. وفي الليلة الرابعة والعشرين: قال له أربع وعشرون دعوة مستجابة. وفي الليلة الخامسة والعشرين: يرفع الله له عذاب القبر. وفي الليلة السادسة والعشرين: يرفع الله له ثواب أربعين عاما. وفي الليلة السابعة والعشرين: جاء يوم القيامة على الصراط المستقيم كالبرق الخاطف. وفي الليلة الثامنة والعشرين: يرفع الله له ألف درجة في الجنة. وفي الليلة التاسعة والعشرين: أعطاه الله ثوابه ألف حجة مقبولة. وفي الليلة الثلاثين: يقول الله يا عبدي كل من ثمار الجنة وغسل من ماء السلسبيل؟. الجواب : فليس لهذا الهراء أصل، وجاء في فتاوى مجمع فقه الاسلامي وهذا الحديث من الأحاديث المكذوبة على رسول الله صلى الله عليه وسلم، ولا يخفى ما فيه من علامات الوضع التي بينها أهل العلم في محلها، ولذلك لا يجوز للمسلم أن يذكره إلا على سبيل بيان أنه مكذوب على النبي صلى الله عليه وسلم. ويكفي في فضل صلاة التراويح ما جاء في الصحيحين وغيرهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من قام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه، والله أعلم
“Hadits ini (maksudnya hadits fadhilah tarawih perhari) itu tidak ada asalnya sebagaimana yang telah disebutkan dalam fatwa Majma' Fiqih Al-Islami (lembaga perkumpulan fiqih dunia) : Hadits ini termasuk hadits dusta yang dinisbatkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Dan tidak diragukan lagi bahwa didalamnya terdapat ciri-ciri hadits palsu sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ulama. Oleh karena itu, seorang muslim tidak diperbolehkan menyebutkan (menyampaikan) hadits tersebut kecuali hanya sekedar untuk menjelaskan kepalsuannya saja. Dan terkait fadhilah tarawih, cukuplah hadits-hadits shohih saja yang menjadi sandaran (untuk motivasi) sebagaimana pernah disabdakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam : Barang siapa yang melakukan sholat malam pada bulan ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, wallahu a'lam” (Majma' Fiqih Al-Islami Nomor Fatwa : 27689)
أن من جملة دلائل الوضع أن يكون مخالفا للعقل بحيث لا يقبل التأويل ويلتحق به ما يدفعه الحس والمشاهدة أو يكون منافيا لدلالة الكتاب القطعية أو السنة المتواترة أو الإجماع القطعي، ومنها الإفراط بالوعيد الشديد على الأمر الصغير أو الوعد العظيم على الفعل الحقير وهذا كثير فى حديث القصاص
“Diantara ciri kepalsuan sebuah hadits adalah haditsnya tidak masuk akal, kandungannya tidak bisa diterima, lalu teridentifikasinya hadits palsu itu biasanya akan bertentangan dengan bahasa (kalimat) serta informasi yang benar. Atau bertentangan dengan nash Al-Qur'an yang qoth'i, bertentangan dengan hadits-hadits yang mutawatir serta ijma yang qoth'i. Dan diantara ciri kepalsuan sebuah hadits adalah kalimat pada hadits tersebut sangat (berlebihan), yakni ancaman yang sangat keras untuk perkara yang remeh atau pahala yang sangat besar untuk amalan yang ringan. Dan hal ini banyak dijumpai pada hadits-hadits yang berkaitan dengan balasan atau hukuman” (Tadribur Rawi : 1/326)
ما أحسن قول القائل إذا رأيت الحديث يباين المعقول أو يخالف المنقول أو يناقض الأصول فاعلم أنه موضوع، ومعنى مناقضته للأصول أن يكون خارجا عن دواوين الإسلام من المسانيد والكتب المشهورة
“Betapa baiknya perkataan orang yang mengatakan: Jika engkau melihat suatu hadits bertentangan dengan akal (tidak masuk akal), atau menyalahi penukilan (dari Al-Qur'an dan hadits yang shohih), atau bertentangan dengan ushul, maka ketahuilah bahwa itu merupakan hadits palsu. Dan maksudnya bertentangan dengan ushul adalah: Jika hadits tersebut (tidak disebutkan didalam) kitab-kitab islam, kitab-kitab musnad, dan kitab-kitab yang masyhur/terkenal (sebagai kitab rujukan hadits)” (Tadribur Rawi : 1/327)
لا يجوز نقل الأحاديث النبوية والمسائل الفقهية والتفاسير القرآنية إلا من الكتب المداولة المشهورة لعدم الإعتماد على غيرها
“Tidak diperbolehkan menukil hadits-hadits nabi, permasalahan fiqih dan tafsir-tafsir Al-Qur'an kecuali dari kitab yang masyhur (mu'tabaroh), karena kitab yang lainnya tidak bisa dijadikan sebagai pedoman” (Majmu' Rasail Mulla Ali Al-Qari : 1/154)
Demikianlah, wallahu a'lam.
Mujawwib Dan Mushohheh:
✅Ustadz Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Fahmi Mubarok
✅ Syekh Iman Abdullah al rasyid
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅Yai Abuya Wail
✅ Yai Ahmad Suhaemi
✅ Ustadzah Zulva
✅ Ustadz Aby Hadi
✅ Ustadz Abu Siman
✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني
Dan Tim Admin Yang Lainnya.
Perumus Redaksi Dan Koordinator
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H
✅ Ustadz Syaipudin
Peterjemaah
✅ Ustadz Masruri Ainul Khyat
✅ Ustadz Ahmad Robit Subhan
Penasehat :
✅Habib Abdulloh As-Segaf
Deskripsi Masalah
✅ Ustadz Syaipudin
Keamanan Grup:
✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Jannah
Komentar
Posting Komentar