Hukum Membatalkan Sholat Sunnah Demi Untk Mendapatkan Sholat Berjamaah

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH 
Published from Blogger Prime Android App

Hukum Membatalkan Sholat Sunnah Demi Untk Mendapatkan Sholat Berjamaah

👳🏼‍♂️ Penanya : Anwar (cirebon) 

Assalamu'alaikum umi dan para guru yang saya hormati.


 📖 Deskripsi :

Setiap adzan telah berkumandang memberitahukan bahwa waktu shalat telah tiba dan untuk mengajak umat muslim untuk melaksanakan keutamaan shalat berjamaah di masjid. Ada waktu yang cukup antara adzan dengan iqamah, agar umat muslim dapat segera datang ke masjid dan mengambil cara berwudhu yang benar.

Umat muslim setelah tiba di masjid dan mengambil wudhu, disarankan untuk melaksanakan shalat sunnah menambah ganjaran pahala. Walaupun shalat sunnah disarankan, namun shalat wajib tetap diutamakan. Dasar hukum Islam menjelaskan bahwa ibadah wajib sepatutnya diutamakan daripada ibadah sunnah. Ini berlaku dalam shalat wajib dan puasa. Imam Suyuthi menjelaskan mengenai keutamaan wajib diutamakan dari pada sunnah, yaitu :

الفرض أَفضل من النفل

"Amalan wajib lebih utama daripada amalan sunnah.”

Tak jarang ketika seseorang sebut saja namanya kang anwar yang sedang melaksanakan shalat sunnah dan iqamah mulai berkumandang, belum selesai sholat sunnahnya imam sudah mengucapkan allohu akbar menunjukkan sholat jamaah sudah dimulai. Hal ini menimbulkan dalam hati kang anwar ingin memutuskan sholat sunnahnya agar dapat sholah berjamaah dengan imam.

 ⏸️  Pertanyaan :


1. Bolehkan membatalkan sholat sunnah demi mendapatkan sholat fardhu berjama'ah?

Syukron sebelum nya atas jawaban dan mohon di sertai dengan Referensi nya

 ➡️  Jawaban :

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

Membatalkan sholat sunnah saat jamaah sudah didirikan hukumnya adalah dianjurkan jika dia khawatir kalau menyelesaikan sholat sunnahnya tersebut akan ketinggalan jamaah. Tapi jika tidak khawatir ketinggalan jamaah, maka yang dianjurkan adalah menyelesaikan sholat sunnahnya tersebut kemudian sholat fardhu bersama imam.

📚 Referensi :

وكره ابتداء نفل بعد شروع المقيم فإن كان في النفل أتمه إن لم يخش بإتمامه فوت جماعة بسلام الإمام وإلا ندب له قطعه ودخل فيها لأنها أولى منه

“Dimakruhkan (bagi orang yang mau melakukan sholat wajib) untuk melakukan sholat sunnah setelah iqomah dikumandangkan. Namun jika dia sedang melakukan sholat sunnah (sementara jamaah sudah didirikan), maka dianjurkan baginya untuk menyelesaikan sholat sunnahnya tersebut selama dia tidak khawatir akan tertinggal jamaah karena salamnya imam. Namun jika dia khawatir akan tertinggal jamaah, maka yang lebih dianjurkan adalah menghentikan (atau membatalkan) sholat sunnahnya tersebut kemudian ikut berjamaah, sebab sholat wajib adalah lebih utama daripada sholat sunnah” (Al-Iqna : 1/169)


واستدل بعموم قوله: «فلا صلاة إلا المكتوبة» لمن قال يقطع النافلة إذا أقيمت الفريضة، وبه قال أبو حامد وغيره من الشافعية، وخص آخرون النهي بمن ينشىء النافلة عملاً بعموم قوله تعالى: {وَلا تُبْطِلُوۤا أَعْمَـٰلَكُمْ} [محمد: 33]، وقيل يفرق بين من يخشى فوت الفريضة في الجماعة فيقطع وإلا فلا

(فتح الباري :  ٣٦٨/٢)


ومحل ما تقرر فى غير الجمعة،وأما فيها فقطعه واجب لإدراكها بإدراك ركوعها الثانى اي يجب قطع النافلة إذا كان لو أتمها فات الركوع الثاني مع الإمام ولو أقيمت الجماعة والمنفرد يصلى حاضرة صبحا أو غيرها وقد قام فى غير الثانية الى الثالثة سن له إتمام صلاته ثم يدخل فى الجماعة وإن لم يقم فى غير ما مر إلى الثالثة يقبلها نفلا واقتصر على ركعتين ثم يدخل فى الجماعة بل لو خاف فوت الجماعة لو تمم ركعتين سن له قطع صلاته وإستئنافها جماعة كما فى المجموع فيكون هذا مستشنى من حرمة قطع الفرض ومن بطلان الصلاة بتغيير النية

(حاشية الجمل على شرح المنهج : ج ٢ ص ٣٥٩)
  
ﻭﻧﺪﺏ ﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﺭﺃﻯ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﺸﺮﻭﻋﺔ ﺃﻥ ﻳﻘﻠﺐ ﻓﺮﺿﻪ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﻻ ﺍﻟﻔﺎﺋﺖ ﻧﻔﻼ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻭﻳﺴﻠﻢ ﻣﻦ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻘﻢ ﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﺛﻢ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ. ﻧﻌﻢ ﺇﻥ ﺧﺸﻲ ﻓﻮﺕ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺇﻥ ﺗﻤﻢ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺍﺳﺘﺤﺐ ﻟﻪ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﺳﺘﺌﻨﺎﻓﻬﺎ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ. ﻭﺑﺤﺚ ﺍﻟﺒﻠﻘﻴﻨﻲ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﻠﻢ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﺭﻛﻌﺔ ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻗﺎﻡ ﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﺃﺗﻤﻬﺎ ﻧﺪﺑﺎ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺨﺶ ﻓﻮﺕ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺛﻢ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ. (قوله أما إذا قام لثالثة الخ) محترز إذا لم يقم لثالثة . (قوله أتمها ندبا) فلو خالف وقلبها نفلا وسلم لم يندب ولكنه يجوز كما مر . (قوله إن لم يخش فوت الجماعة) فإن خشي فوتها قطعها واستأنفها مع الجماعة

(إعانة الطالبين : ج ١ ص ٣٨٨)


ﺃﻣﺎ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺘﻄﻮﻉ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺸﺮﻭﻉ ﻓﻴﻪ ﻓﻘﺪ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻓﻲ ﺣﻜﻤﻪ ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﻭﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ : ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﻄﻌﻪ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺸﺮﻭﻉ ﺑﻼ ﻋﺬﺭ ﻛﺎﻟﻔﺮﺽ ﻭﻳﺠﺐ ﺇﺗﻤﺎﻣﻪ، ﻷﻧﻪ ﻋﺒﺎﺩﺓ، ﻭﻳﻠﺰﻡ ﺑﺎﻟﺸﺮﻭﻉ ﻓﻴﻪ، ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﺑﻄﺎﻟﻪ، ﻷﻧﻪ ﻋﺒﺎﺩﺓ . ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ : ﻳﺠﻮﺯ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺘﻄﻮﻉ، ﻋﺪﺍ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮﺓ، ﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻤﺘﻨﻔﻞ ﺃﻣﻴﺮ ﻧﻔﺴﻪ،ولكن يستحب إتمامه،أما الحج والعمرة يجب إتمامهما،وإن فسد شرع فيهما،لأن نفلهما كفرضهما

(الموسوعة الفقهية الكويتية : ج ٣٤ ص ٥١)


قطع العبادة الواجبة بعد الشروع فيها بلا مسوغ شرعي غير جائز باتفاق الفقهاء لان قطعها بلا مسوغ شرعي عبث يتنافى مع حرمة العبادة،ورد النهى عن إفساد العبادة،قال تعالى ولا تبطل اعمالكم أما قطعها بمسوغ شرعي فمشروع

(الموسوعة الفقهية الكويتية : ج ٣٤ ص ٥١)


(وندب لمنفرد رأى جماعة) مشروعة (أن يقلب فرضه) الحاضر لا الفائت (نفلا) مطلقا، (ويسلم من ركعتين) إذا لم يقم لثالثة، ثم يدخل في الجماعة. نعم، إن خشي فوت الجماعة إن تمم ركعتين استحب له قطع الصلاة واستئنافها جماعة

(إعانة الطالبين : ج ١ ص ٢٦٣)


وكره ابتداء نفل بعد شروع المقيم في الإقامة ولو بغير إذن الإمام فإن كان فيه أتمه إن لم يخش بإتمامه فوت جماعة وإلا قطعه ندبا ودخل فيها ما لم يرج جماعة أخرى

(فتح المعين : ص ١٧٦)

 Kesimpulannya :

Dilihat kondisinya terlebih dahulu. Jika dirasa kalau melanjutkan sholat sunnah akan ketinggalan jamaah, maka yang lebih dianjurkan adalah menghentikan sholat sunnahnya tersebut. Tapi jika dirasa tidak akan ketinggalan jamaah, maka yang lebih dianjurkan adalah menyelesaikan sholat sunnahnya tersebut.

Demikianlah, wallahu a'lam.

📝 Mujawwib :

✅  De Ustadz Muhhibin Fillah
✅  Ustdzah Resty
✅  Ustadz Fahrud Cel
✅l Yai Sholehuddin47

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar