Hukum Memulangkan Jenazah Dari Tempat Wafat ke Kampung Kelahiran 

TANYA JAWA FIQIH DAN AQIDAH
Published from Blogger Prime Android App
 
 Hukum MemulangkanJenazah Dari Tempat Wafat ke Kampung Kelahiran 

السلام عليكم ورحمة الله
 وبركاته


 👳🏼‍♂️ Pena nya : Rizal
 Domisili : _

Izin bertanya ustadz dan ustadzah:

📖 Deskripsi

Sebut saja pak sanusi merantau ke jakarta untuk dengan tujuan mencari nafkah keluarga. Setelah tiga bulan kerja di jakarta pak sanusi mengalami kecelakaan kerja dan meninggal dalam perawatan di rumah sakit. Dan setelah kabar meninggalnya pak sanusi sampai ke pihak keluarga, maka pihak keluarga berencana memulangkan jenazah pak sanusi ke kampung halamannya.

 ⏸️ Pertanyaan

Apa hukumnya memulangkan jenazah untuk di makamkan di kampung halamannya..???

Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih..🙏🏻

 ➡️ Jawaban :

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

 Hukum nya Khilaf

Hukum memindahkan jenazah untuk dikuburkan ditempat lain, itu terjadi khilaf dikalangan para ulama. Diantaranya ada yang menyatakan haram mutlak, yakni haram tanpa dirinci. Kemudian haram jika jaraknya jauh yang mana hal itu akan memakan waktu lama diperjalanan sehingga mengakibatkan merusak kehormatan jenazah itu sendiri semisal timbul bau dan lainnya, namun menurut ulama yang lain adalah boleh jika jaraknya dekat serta hal itu sudah mentradisi di masyarakat, namun pemindahannya harus dilakukan setelah dimandikan, dikafani dan disholatkan, jika belum maka tidak boleh. Dan ada juga yang menyatakan hukumnya sekedar makruh.

📚 Referensi :

 Mahdzab Syafii

ويحرم نقل الميت قبل دفنه من بلد موته الى بلد أخر ليدفن فيه . وقال بالكراهة البغوي وغيره، وبالحرمة المتولي وغيره

"Dan diharamkan memindahkan jenazah sebelum jenazah itu dikubur, (maksudnya memindahkan) dari tempat kematiannya ke tempat lain untuk dikuburkan (ditempat lain tersebut). Namun imam Al-Baghowi dan selain daripada beliau menyatakan makruh, sedangkan imam Al-Mutawalli dan selain daripada beliau menyatakan haram” (Hasyiyah Al-Qolyubi : 1/382)

  Hasyiyatul jamal

(وَحَرُمَ نَقْلُهُ) قَبْلَ دَفْنِهِ مِنْ مَحَلِّ مَوْتِهِ (إلَى) مَحَلِّ (أبْعَدَ مِنْ مَقْبَرَتِ مَحَلِّ مَوْتِهِ) لِيُدفَنَ فِيْهِ وَهَذَا أَوْلَى مِنْ قَوْلِهِ وَيَحْرُمُ نَقْلُهُ إلَى بَلَدٍ آخَرَ (إلاَّ مَنْ بِقُرْبِ مَكَّةَ وَالمَدِيْنَةِ وَإِيلِيَا) اى بَيْتِ المُقَدَّسِ فَلاَ يَحْرُمُ نَقْلُهُ إلَيْهَا, بَلْ تُخْتَارُ لِفَضْلِ دَفْنِ فِيْهَا.


Mughni Al-Muhtaj jilid 2, hlm. 58 :

ويحرم نقل الميت قبل أن يدفن من بلد موته (إلى بلد آخر) ليدفن فيه وإن لم يتغير لما فيه من تأخير دفنه ومن التعريض لهتك حرمته. قال الإسنوي: وتعبيرهم بالبلد لا يمكن الأخذ بظاهره بل الصحراء كذلك، فحينئذ ينتظم منها مع البلد أربع مسائل: من بلد لبلد، من بلد لصحراء، وعكسه، ومن صحراء لصحراء، ولا شك في جوازه في البلدتين المتصلتين أو المتقاربتين، لا سيما والعادة جارية بالدفن خارج البلد ولع

الفقه على مذاهب الاربعة* : *١/ ٥٣ ٧)
 
الشافعية قالوا: يحرم نقل الميت قبل دفنه من محل موته إلى آخر ليدفن فيه ولو أمن من تغيره إلا إن جرت عادتهم بدفن موتاهم في غير بلدتهم ويستثنى من ذلك من مات في جهة قريبة من مكة أو المدينة المنورة أو بيت المقدس أو قريبا من مقبرة قوم صالحين فإنه يسن نقله إليها إذا لم يخش تغير رائحته والا حرم وهذا كله إذا كان قد تم غسله وتكفينه والصلاة عليه في محل موته وأما قبل ذلك فيحرم مطلقا وكذلك يحرم نقله بعد دفنه إلا لضرورة كمن دفن في أرض مغصوبة فيجوز نقله إن طالب بها مالكها

📚 نهاية المحتاج ٣/٣٨

(ﻭﻳﺤﺮﻡ) (ﻧﻘﻞ اﻟﻤﻴﺖ) ﻗﺒﻞ ﺩﻓﻨﻪ ﻣﻦ ﺑﻠﺪ ﻣﻮﺗﻪ (ﺇﻟﻰ ﺑﻠﺪ ﺁﺧﺮ) ﻭﺇﻥ ﺃﻣﻦ ﺗﻐﻴﺮﻩ ﻟﻤﺎ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺗﺄﺧﻴﺮ ﺩﻓﻨﻪ اﻟﻤﺄﻣﻮﺭ ﺑﺘﻌﺠﻴﻠﻪ ﻭﺗﻌﺮﻳﻀﻪ ﻟﻬﺘﻚ ﺣﺮﻣﺘﻪ، ﻭﻣﺮاﺩﻩ ﺑﺎﻟﻘﺮﺏ ﻣﺴﺎﻓﺔ ﻻ ﻳﺘﻐﻴﺮ اﻟﻤﻴﺖ ﻓﻴﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﻭﺻﻮﻟﻪ،
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻗﺒﻞ ﻭﺻﻮﻟﻪ) ﺃﻱ ﻻ ﻳﺘﻐﻴﺮ ﻓﻴﻬﺎ ﻏﺎﻟﺒﺎ ﻭﻟﻮ ﺯاﺩﺕ ﻋﻦ ﻳﻮﻡ، ﻭﻣﻦ اﻟﺘﻐﻴﺮ اﻧﺘﻔﺎﺧﻪ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻩ
 

 Mahdzab Maliki

 *شرح الزرقاني على مختصر خليل وحاشية البناني ٢/‏١٨١ — الزرقاني، عبد الباقي (ت ١٠٩٩)* 

 (و) جاز (نقل) الميت قبل الدفن وكذا بعده كما هو ظاهر المصنف ويدل له خبر جابر المنقول في تت وغيره وقصره البساطي على الأول قائلًا الراجح عدم جوازه بعده قال تت ظاهره من جهة نظره ويحتمل اطلاعه على خلاف فيه ا

 Mahdzab Hanapi

وَجَوَّزَ نَقْلَ الْمَيِّتِ الْبَعْضُ مُطْلَقًا…..
(قَوْلُهُ وَجَوَّزَ نَقْلَ الْمَيِّتِ) بِتَشْدِيدِ الْيَاءِ هُنَا وَالْبَعْضُ فَاعِلُ جَوَّزَ وَالْمُرَادُ قَبْلَ الدَّفْنِ خِلَافًا لِمَا ذَكَرَهُ النَّاظِمُ مِنْ أَنَّ فِيهِ خِلَافًا بَعْدَ الدَّفْنِ أَيْضًا رَادًّا عَلَى الطَّرَسُوسِيِّ، قَالَ الشَّارِحُ: وَمَا ذَكَرَهُ مِنْ الْخِلَافِ لَمْ نَقِفْ عَلَيْهِ مِنْ كَلَامِ الْعُلَمَاءِ، وَالظَّاهِرُ أَنَّ الصَّوَابَ مَعَ الطَّرَسُوسِيِّ اهـ أَيْ حَيْثُ لَمْ يَحْكِ خِلَافًا فِيمَا بَعْدَ الدَّفْنِ.(قَوْلُهُ مُطْلَقًا) أَيْ بَعُدَتْ الْمَسَافَةُ أَوْ قَصُرَتْ

الكتاب: رد المحتار على الدر المختارالمؤلف: ابن عابدين، محمد أمين بن عمر بن عبد العزيز عابدين الدمشقي الحنفي (المتوفى: 1252هـ)6/428

 Kesimpulannya :
Jika memang memindahkan jenazah sudah menjadi tradisi di masyarakat dan ada hajat-hajat tertentu dengan dilakukannya hal tersebut, maka tidak apa-apa jenazah dipindahkan untuk dikuburkan ditempat lain. Hanya saja yang lebih utama adalah jenazah tersebut tetap sebaiknya dikubur ditempat dia meninggal agar cepat proses pemandiannya, penyolatannya, pengkafanannya serta penguburannya. 

Demikianlah, wallahu a'lam.


 Mujawwib

✅ Kang Robi Subhan
✅ Ummi Nisa Alfii
✅ustadz Fahrud cell
✅ TQK Ari Azhari
✅ Yai Tinta Emas
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Bintang kehidupan(Resty

Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Suhaemi
✅ustadz Aby Abd Hady.
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ TGK  Ari Azhari
✅ Ustadz Muhammad Shohib Mirbath
✅ Ustadz Fahrud Cell
✅ Ukhty Resti(Bintang Kehidupan
    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

Penulis dan Perumus Redaksi:

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

Penasehat:

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan