Kajian Tasawwuf  Kitab Arbain Fi Ushuliddin Karya: Imam Al-Ghazali Tema: Ringkasan Terkait Aqidah Orang Islam

Kajian Tasawwuf  Kitab Arbain Fi Ushuliddin
 Karya: Imam Al-Ghazali
Published from Blogger Prime Android App
Tema: Ringkasan Terkait Aqidah Orang Islam_

Isi dari pemungkas di bagian yang pertama ini, mengulas tentang akidah yang diambil dari ilmu-ilmu al-Qur'an akidah atau keyakinan tersebut berhubungan dengan keyakinan kepada Allah dan hari akhir. Keyakinan itu diyakni oleh setiap orang Islam.

Secara zahir aqidah terbagi menjadi dua bagian. Pertama, mengetahui dalil-dalil walaupun tidak bisa mengetahui rahasia dari aqidah. Kedua, mengetahui rahasia-rahasia aqidah dan intisari dari aqidah dan zahirnya aqidah.


Pembagian dua aqidah tidak diwajibkan kepada orang awam, karena keselamatan di akhirat tidak disandarkan atau harus paham pada dua aqidah tersebut. Adapun mengetahui dua aqidah sebagai kesempurnaan keselamatan atau keberuntungan saja.

Yang dimaksud selamat, dan beruntung, adalah selamat dari siksa dan mendapatkan kenikmatan. Sebagai contoh keselamatan, apabila penguasa merebut kota dengan paksa, sedangkan penduduknya tidak di bunuh dan tidak di siksa, atau penguasa tersebut tidak mengusir penduduk kota, penduduknya masih diperkenankan tinggal dirumahnya beserta keluarga dan mata pencariannya masih dilindungi maka maka penduduk kota tersebut terkatagori orang yang selamat dan beruntung.

Referensi:

*كتاب الاربعين فى اصول الدين ج ١ ص ١٣

*حاتمة في التنبيه على الكتب التي تطلب فيها حقيقة هذه العقيدة*

اعلم أن ما ذكرناه هو الحاصل من علوم القرآن، أعني جمل ما يتعلق منها بالله واليوم الآخر؛ وهي ترجمة العقيدة التي لا بد أن ينطوي عليها قلب كل مسلم، بمعنى أنه يعتقده ويصدق به تصديقاً جزماً. ووراء هذه العقيدة الظاهرة رتبتان : إحداهما معرفة أدلة هذه العقيدة الظاهرة من غير خوض على أسرارها، والثانية معرفة أسرارها ولباب معانيها وحقيقة ظواهرها. والرتبتان جميعاً ليستا واجبتين على جميع العوام، أعني أن نجاتهم في الآخرة غير موقوفة عليهما، ولا فوزهم موقوف عليهما، وإنما الموقوف عليهما كمال السعادة. وأعني بالنجاة الخلاص من العذاب، وأعني بالفوز الحصول على أصل النعيم، وأعني بالسعادة نيل غايات النعيم، فالسلطان إذا استولى على بلدة وفتحها عنوة ، فالذي لم يقتله ولم يعذبه فهو ناج وإن أخرجه عن البلدة، والذي لم يعذبه ومع ذلك مكنه من المقام في بلدته مع أهله وأسباب معيشته فهو مع ذلك فائز بالنجاة .


Wa llahu'alam bhis showab

Oleh:
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.pd I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan