Bolehkah Sholat Qobliyah Subuh Setelah Subuh


TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

Published from Blogger Prime Android App

Bolehkah Sholat Qobliyah Subuh Setelah Subuh

PERTANYAAN

Pena ,Saudara Heri

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Izin bertanya pada guru:

Pada saat subuh, ada orag yg datang sejak awal untuk mengikuti shalat berjamaah di mesjid sambil duduk menunggu imam shalat. Setelah selesai shalat berjamaah, orag itu kemudian melakukan shalat sendiri (dlm hati ana bertanya dia shalat apa bukannya tidak ada shalat sunnah setelah subuh).. tapi setelah selesai shalat ana tanya dia : "kamu barusan shalat apa?" Lalu di jawab : "aku habis mengqadha shalat sunnah fajar/sebelum subuh" kata dia.

Pertanyaan nya, bagaimana hukum shalat yg dilakukan oleh orag itu?🙏

Di tunggu jawabannya para guru🙏😇

JAWABAN:

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

Di Tafsil :

Waktunya qabliyyah sama dengan waktu shalat itu sendiri jadi mau di awal atau akhir waktu tetap boleh. Dan mendahulukan dari shalat fardlunya itu merupakan adab (kesunnahan). Melakukan setelah shalat fardlunya tetap boleh dan terhitung ada-an jika masih dalam waktunya. Akan tetapi apabila ada unsur sengaja mengakhiri shalat qabliyah setelah shalat Fardu, dan bertepatan dengan waktu Tahrim maka hal itu tidak diperbolehkan.


حاشية إعانة الطالبين - (1 / 287) 

(قوله: وتكون أداء) أي لان وقتها يدخل بدخول وقت الفرض ويمتد بامتداده، فمتى فعلها فيه فهي أداء، سواء فعلها قبله أو بعده.


فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين - (1 / 248)

(  تنبيه ) يجوز تأخير الرواتب القبلية عن الفرض وتكون أداء

وقد يسن كأن حضر والصلاة تقام أو قربت إقامتها بحيث لو اشتغل بها يفوته تحرم الإمام فيكره الشروع فيها لا تقديم البعدية عليه لعدم دخول وقتها وكذا بعد خروج الوقت على الأوجه


حاشية إعانة الطالبين - (1 / 309) 

(قوله: ويندب قضاء نفل مؤقت) وذلك لعموم خبر: من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها. ولانه (ص) قضى بعد الشمس ركعتي الفجر، وبعد العصر الركعتين اللتين بعد الظهر. رواهما مسلم وغيره. ولخبر أبي داود بإسناد حسن: من نام عن وتره أو سنته فليصل إذا ذكره. اهـ شرح الروض. (قوله: لا ذي سبب) أي لا يندب قضاء نفل ذي سبب، وذلك لان فعله لعارض السبب وقد زال فلا يقضى. وقوله: ككسوف هو تمثيل لذي السبب على تقدير مضاف، أي صلاته.

والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب


===============

Mujawwib Dan Mushohheh :

✅Ust khosiyanto spdi.
✅ust Aby Abd Hady. 
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Taufiq Hidayat
✅Ust Abdul Muchtar Hakim S.H
✅Ustadz Muhammad Yahya
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ustadz Tinta_Emas
✅ TGK  Ari Azhari
       Dan Tim Admin Yg Lain nya

Penasehat:

Habib Abdulloh Al Aseggap
Keamanan Grup:
TQK Fauzi Maulana

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar