Hukum Perihal Panitia zakat fitrah

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH


Published from Blogger Prime Android App

Hukum Perihal Panita Zakat Fitrah

 

Sail : M. As'ad Al Abrori

Assalamu alaikum

Deskripsi Masalah

Di suatu daerah ada pengumpulan zakat fitrah yang dilakukan oleh panitia. Disana melakukan penyampuran beras zakat dari berbagai muzakki dijadikan satu kemudian ditimbang kembali.
Mengingat ada kekhawatiran beras yang dibayarkan oleh Muzakki takut kembali lagi kepada Muzakki tersebut.

Pertanyaan :

Apakah yang dilakukan oleh pihak panitia tersebut diperbolehkan?

 Jawaban :

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

Beras zakat fitrah jika diterima oleh panitia zakat (bukan amil zakat resmi yang diangkat oleh imam/pemimpin), maka tidak boleh dicampur menjadi satu jika ada kemungkinan beras kembali kepada muzakkinya sendiri. Berbeda halnya jika zakat fitrah diterima oleh amil zakat resmi yang diangkat oleh imam/pemimpin, karena ketika beras zakat diserahkan oleh muzakki kepada amil zakat, maka tanggungan muzakki terhadap zakatnya sudah gugur. Sebab amil zakat itu termasuk salah satu asnaf yang berhak menerima zakat, sehingga ketika berasnya kembali maka sudah bukan lagi atas nama beras yang ditunaikan muzakki. Berbeda halnya pula dengan panitia zakat yang mana dia statusnya hanya sebagai wakil saja.

Referensi:


( المجموع شرح المهذب : ١٣٩/٦)


(الحادية عشرة) قال الشافعي في المختصر في هذا الباب ولا بأس أن يأخذها بعد أدائها إذا كان محتاجا وغيرها من الصدقات المفروضات وتطوع هذا نصه واتفق الأصحاب عليه قال صاحب الحاوى إذ أخرجها فله أخذها ممن أخذها عن فطرة المدفوع إليه إذا كان الدافع ممن يجوز دفع الزكاة إليه. وقال مالك لا يجوز أخذها بعينها بل له أخذ غيرها. ودليلنا أنها صارت للمدفوع إليه بالقبض فجاز أخذها كسائر أمواله ولأنه دفعها لمعنى وهو اليسار بالفطرة وأخذها بمعنى الحاجة وهما سببان مختلفان فلم يمتنعا كما لو عادت إليه بإرث فإنه يجوز بالإجماع وقال المحاملي في كتابيه المجموع والتجريد إذا دفع فطرته إلى فقير والفقير ممن تلزمه الفطرة فدفعها الفقير إليه عن فطرته جاز للدافع الأول أخذها قال وكذا لو دفعها أو غيرها من الزكوات إلى الإمام ثم لما أراد الإمام قسم الصدقات وكان الدافع محتاجا جاز دفعها بعينها إليه لأنها رجعت إليه بغير المعنى الذي خرجت به فجاز كما لو عادت إليه بإرث أو شراء اوهبة قال في التجريد وللإمام أن يدفعها إليه كما يجوزان يدفعها إلى غيره من الفقراء لأنه مساو لغيره في جواز أخذ الصدقة وقال إمام الحرمين في تعليل المسألة لا يمتنع أن يأخذها بعد دفعها لأن وجوب الفطرة لا ينافي أخذ الصدقة لأن وجوبها لا يقتضي غنى ينافي المسكنة والفقر فإن زكاة المال قد تجب على من تحل له الصدقة لأن الزكاة يحل أخذها بجهات غير الفقر والمسكنة كالغارم لذات البين وابن السبيل الموسر في بلده والغازي فإنهم تلزمهم زكاة أموالهم ويأخذون الزكاة فلا يمتنع وجوب الزكاة على إنسان وجواز أخذ الزكاة


“Bab Kesebelas. Imam Syafi'i berkata didalam kitab Al-Mukhtashar: Tidak apa-apa baginya (orang yang menunaikan zakat) untuk mengambil kembali zakat setelah dia menunaikannya jika dia membutuhkannya, hal ini berlaku juga untuk sedekah wajib lainnya dan para ashab Syafi'i sepakat dengan pendapat ini. Pengarang kitab Al-Hawi berkata: Jika dia (orang yang menunaikan zakat) telah mengeluarkan zakat, maka dia berhak mengambilnya kembali dari orang yang menerimanya selama orang yang menerima zakat tersebut adalah orang yang berhak menerima zakat (statusnya sebagai mustahiq).

Imam Malik berkata: Tidak boleh mengambil kembali zakat yang sama, tetapi boleh mengambil zakat lainnya. Dalil kami:

- Zakat menjadi milik orang yang menerimanya setelah dia menerimanya.


- Boleh mengambilnya kembali seperti boleh mengambil harta lainnya.


- Zakat dikeluarkan karena orang yang menerimanya kaya, sedangkan zakat diambil kembali karena orang yang menunaikannya membutuhkan.


- Kedua alasan ini berbeda, sehingga tidak ada larangan untuk mengambil kembali zakat.


- Jika zakat kembali kepada orang yang menunaikannya karena warisan, maka hal itu dibolehkan berdasarkan ijma' (konsensus ulama).

Al-Mahamili berkata didalam kitab Al-Majmu' dan Al-Tajrid: Jika dia (orang yang menunaikan zakat) menunaikan zakatnya kepada orang fakir, dan orang fakir tersebut termasuk orang yang wajib menunaikan zakat kemudian orang fakir tersebut menunaikan zakat fitrahnya kepada orang yang pertama, maka orang yang pertama tadi boleh mengambil kembali zakatnya.

Beliau berkata kembali: Demikian halnya jika dia menunaikan zakat fitrah atau zakat lainnya kepada imam, kemudian ketika imam ingin mendistribusikan zakat dan orang yang menunaikan zakat tersebut membutuhkan, maka boleh mendistribusikan zakat yang sama kepadanya. Hal ini karena zakat tersebut kembali kepadanya dengan alasan berbeda saat dia mengeluarkannya. Hal ini sama seperti zakat kembali kepadanya karena warisan, pembelian, atau hibah.

Al-Mahamili berkata didalam Al-Tajrid: Imam boleh mendistribusikan zakat kepada orang yang menunaikan zakat tersebut, sama seperti halnya dia boleh mendistribusikannya kepada orang fakir lainnya. Karena orang yang menunaikan zakat tersebut sama dengan orang fakir lainnya dalam hal boleh menerima zakat.

Imam Al-Haramain berkata dalam penjelasannya tentang masalah ini: Tidak ada larangan bagi orang yang menunaikan zakat untuk mengambil kembali zakatnya setelah dia menunaikannya. Karena kewajiban zakat fitrah tidak bertentangan dengan bolehnya menerima zakat. Kewajiban zakat fitrah tidak mensyaratkan kekayaan yang bertentangan dengan kemiskinan dan kekurangan. Dan zakat mal dapat diwajibkan kepada orang yang boleh menerima zakat. Hal ini karena zakat boleh diterima dengan alasan selain kemiskinan dan kekurangan, seperti orang yang berhutang untuk kebaikan bersama, musafir yang kaya dinegaranya sendiri, dan mujahid. Mereka wajib menunaikan zakat mal dan boleh menerima zakat. Oleh karena itu, tidak ada larangan bagi seseorang untuk diwajibkan menunaikan zakat dan boleh menerima zakat” (Majmu' Syarah Muhadzdzab : 6/139)


(المجموع شرح المهذب : ٦/١٣٨)


في بيان الأفضل قال أصحابنا تفريقه بنفسه أفضل من التوكيل بلا خلاف لأنه على ثقة من تفريقه بخلاف الوكيل وعلى تقدير خيانة الوكيل لا يسقط الفرض عن المالك لأن يده كيده فما لم يصل المال إلى المستحقين لا تبرأ ذمة المالك بخلاف دفعها إلى الإمام فإنه بمجرد قبضه تسقط الزكاة عن المالك قال الماوردي وغيره وكذا الدفع إلى الإمام أفضل من التوكيل لما ذكرناه


(الأم : ٢/٨٤)

ولا يجوز لك إذا كانت الزكاة فرضا عليك أن يعود إليك منها شئ فإن أديت ما كان عليك أن تؤديه وإلا كنت عاصيا لو منعته فإن قال فإن وليتها غيرى؟ قيل إذا كنت لا تكون عاملا على غيرك لم يكن غيرك عاملا إذا استعملته أنت ولا يكون وكيلك فيها إلا في معناك أو أقل لان عليك تفريقها (1) فإذا تحقق منك فليس لك الانتقاص منها لما تحققت بقيامه بها (قال) ولا أحب لاحد من الناس يولى زكاة ماله غيره لان المحاسب بها المسئول عنها هو فهو أولى بالاجتهاد في وضعها مواضعها من غيره وأنه على يقين من فعل نفسه في أدائها وفى شك من فعل غيره لا يدرى أداها عنه أو لم يؤدها فإن قال أخاف حبائى فهو يخاف من غيره مثل ما يخاف من نفسه ويستيقن فعل نفسه في الاداء ويشك في فعل غيره


Demikianlah, wallahu a'lam.


Mujawwib Dan Mushohheh:


✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I

✅ Syekh  Iman Abdullah al rasyid

✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah

✅Ustadz Robit Subhan

✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H

✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha

✅ Ustadz Muhibbin Fillah

✅Yai Abuya Wail

✅ Yai Ahmad Suhaemi

✅ Ustadz Tinta Emas

✅ Ustadz Aby Hadi

✅ Ustadz  Abu Siman

✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني


    Dan Tim Admin Yang Lainnya.


Perumus Redaksi Dan Koordinator


✅ Ustadz Muhibbin Fillah

✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

✅ Ustadz Syaipudin



Peterjemaah



✅ Ustadz Masruri Ainul Khyat

✅ Ustadz Ahmad Robit Subhan


Deskripsi Masalah


✅ Ustadz Syaipudin


Keamanan Grup:


✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Jannah


Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar

NISHOB ZAKAT EMAS DAN PERAK

Siklus Keluarnya Darah Yang Lebih Dari 15 Hari