HUKUM MENGAMBIL UPAH DARI HASIL PENGGALANGAN DANA MUSHOLA

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

Published from Blogger Prime Android App

HUKUM MENGAMBIL UPAH DARI HASIL PENGGALANGAN DANA MUSHOLA

๐Ÿ‘ณ๐Ÿผ‍♂️ Penanya :Rizal

Assalamualaikum, saya izin bertanya ustadz dan ustadzah.

๐Ÿ“– Deskripsi :

Di kampung saya setiap hari jum'at ada 4 orang di utus oleh kepala desa dan saya termasuk salah satu dari 4 orang tersebut. Dan tugas kami menggalang dana sumbangan setiap hari jum'at untuk pembangunan tempat wudhu di mushola kampung saya. Dan berapa pun hasil nya kami dapat upah 10%.

⏸️ Pertanyaan :

1. Bagaimana hukumnya terkait dengan upah 10% yang kami terima?

2.  Apakah upah 10% tersebut boleh kami terima?

Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasi ๐Ÿ™๐Ÿป

➡️ Jawaban :

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

1. Upah yang diterima adalah halal, asal diambil secukupnya. Diqiyaskannya hal tersebut adalah seperti orang yang mengasuh anak-anak yatim, lalu mengambil/memakan harta anak yatim sekedarnya, tidak berlebihan dan melampaui batas.

2. Boleh jika memang dia orang faqir, tapi jika tidak faqir sebaiknya jangan diambil. Ikhlaskan dan anggap saja membantu tenaga untuk pembangunan tempat wudhu tersebut.

๐Ÿ“š Referensi :

ุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ูَู‚ِูŠْุฑًุง ุงْู„ุฃَูƒْู„ُ ู…ِู†ْู‡ُ ูƒَุฐَุง ู‚ِูŠْู„َ ูˆَุงู„ْูˆَุฌْู‡ُ ุฃَู†ْ ูŠُู‚َุงู„َ ูَู„َู‡ُ ุฃَู‚َู„ُّ ุงْู„ุฃَู…ْุฑَูŠْู†ِ ู‚َุงู„َ ุงู„ุดَّุฑْูˆَุงู†ِูŠ (ู‚َูˆْู„ُู‡ُ ุฃَูŠ ู…َุซَู„ุงً) ูŠَุฏْุฎُู„ُ ู…َู†ْ ุฌَู…َุนَ ู„ِุฎَู„ุงَุตِ ู…َุฏِูŠْู†ٍ ู…ُุนْุณِุฑٍ ุฃَูˆْ ู…َุธْู„ُูˆْู…ٍ ู…ُุตَุงุฏَุฑٍ ูˆَู‡ُูˆَ ุญَุณَู†ٌ ู…ُุชَุนَูŠَّู†ٌ ุญَุซًّุง ูˆَุชَุฑْุบِูŠْุจًุง ูِูŠْ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْู…ُูƒَุฑَّู…َุฉِ. ุฃู‡ู€ ุณَูŠِّุฏ ุนُู…َุฑ. ุฃَู‚ُูˆْู„ُ ูˆَูƒَุฐَุง ูŠَุฏْุฎُู„ُ ู…َู†ْ ุฌَู…َุนَ ู„ِู†َุญْูˆِ ุจِู†َุงุกِ ู…َุณْุฌِุฏٍ. (ู‚َูˆْู„ُู‡ُ ูˆَ ูƒَุฐَุง ู‚ِูŠْู„َ) ู„َุนَู„َّ ู‚َุงุฆِู„ُู‡ُ ุจَู†َุงู‡ُ ุนَู„َู‰ ู…َุง ู…ُุตَุญِّุญِ ุงู„ุฑَّูِุนِูŠ. ุงู‡ู€ ุณูŠุฏ ุนู…ุฑ. (ู‚َูˆْู„ُู‡ُ ูَู„َู‡ُ ุฃَู‚َู„ُّ ุงْู„ุฃَู…ْุฑَูŠْู†ِ ) ุงู„ู†َّูَู‚َุฉُ


“Jika dia adalah orang yang faqir, maka diperbolehkan baginya untuk makan dari harta tersebut, atau boleh baginya mengambil satu diantara dua hal yang paling sedikit yakni biaya nafkah serta mengambil upah.  Imam Asy-Syarwani rahimahullah berkata : Yang demikian itu termasuk juga orang yang mengumpulkan harta untuk membantu menyelamatkan orang faqir yang terlilit hutang, atau orang yang terdzolimi yang dirampas hartanya. Pendapat tersebut adalah pendapat yang baik dan selayaknya harus seperti itu, yaitu sebagai pendorong dan penyemangat dalam perbuatan mulia ini, demikianlah pendapat Sayyid Umar. Aku katakan : Begitu pula orang yang menggalang dana untuk pembangunan masjid (atau mushola dan yang sejenisnya). (Maksudnya salah satu diantara dua hal tersebut), yaitu nafkah dan upah (maka boleh diambil sekedarnya)” (Tuhfatul Muhtaj : 5/187)

 Kesimpulannya :

Upah dari hasil penggalangan dana tersebut boleh diterima jika memang yang diberi upah adalah orang faqir, itupun diambil sekedarnya saja sebagaimana yang tercantum pada keterangan diatas.

Demikianlah, wallahu a'lam.


Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Suhaemi
✅ustadz Aby Abd Hady.
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ TGK  Ari Azhari
✅ Ustadz Fahrud Cell
✅ Ukhty Resti(Bintang Kehidupan
    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

Penulis dan Perumus Redaksi:

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

Penasehat:

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana


Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan