Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar
Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar
Pena : Syifa Usshodryah
Deskripsi
Sudah tidak asing lagi sepasang remaja ketika sudah cocok dan saling suka maka mereka melajutkan ke jenjang pernikahan yang mana permintaan mahar pada umumnya berupa uang, seperangkat alat sholat dan lain sebagainya. Akan tetapi baru-baru ini ada pernikahan yang mana maharnya adalah sebuah masjid
Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya masjid dijadikan mahar ?
Dan bagaimana hukum pernikahan tersebut?
Jawaban :
Tidak boleh karena masjid adalah wakaf sedangkan wakaf itu tidak boleh dimiliki.
Adapun nikahnya tetap sah karena mahar bukan bagian dari rukun nikah.
Catattan: Dan suaminya wajib mengganti maharnya
Referensi :
مجموعة من المؤلفين، الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي[، ٧٥/٤]
تعريف الصداق:
الصداق هو المال الذي وجب على الزوج دفعه لزوجته بسبب عقد النكاح.
وسمي صداقاً، لإشعاره بصدق رغبة باذله في النكاح.
Mahar adalah harta yang wajib diberikan oleh suami kepada istri sebab akad nikah.
Mahar disebut dengan Shodaq karena mahar menunjukan kesungguhan orang yang memberikan nya ( yaitu suami) dalam pernikahan ( dengan istri ).
أحكام الصداق:
للصداق عدة أحكام نذكرها فيما يلي:
أـ حكمه:
واجب على الزوج بمجرد تمام عقد الزواج، سواء سمي في العقد بمقدار معين من المال: كألف ليرة سورية مثلاُ، أو لم يسمِّ، حالصداقتى لو اتفق على نفيه، أو عدم تسميته، فالاتفاق باطل، والمهر لازم.
Hukum mahar.
Membayar Mahar hukum nya wajib bagi suami hanya dengan sebab telah sempurna nya akad nikah. Baik mahar tersebut disebutkan dalam akad dengan ukuran harta tertentu, semisal sebesar 1000 Lira ( mata uang Suriah) misalnya, maupun mahar tersebut tidak disebutkan dalam akad nikah, ( maka mahar tersebut tetap wajib) .
Bahkan seandainya pasangan mempelai suami istri bersepakat untuk mentiadakan mahar, ataupun tidak menyebutkan mahar, maka kesepakatan kedua batal, dan mahar tetap wajib diberikan.
مجموعة من المؤلفين، الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، ٧٦/٤]
د ـ تسمية الصداق في العقد:
يسنّ تسمية المهر ـ أي تحديد مقداره ـ في عقد الزواج، لأن النبي - صلى الله عليه وسلم - لم يُخلِ نكاحاً من تسمية المهر فيه، ولأن في تسميه دفعاً للخصومة بين الزوجين.
Jika mahar/maskawin nya berupa masjid yg tdk bisa dimiliki, maka suami diwajibkan membayar mahar mistil
[مجموعة من المؤلفين، الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، ٨١/٤]
موجبات مهر المثل:
ويجب مهر المثل للأسباب التالية:
[مجموعة من المؤلفين، الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، ٨٢/٤]
ج ـ إذا سمي المهر تسمية فاسدة:
ويكون فساد في مسائل نذكر منها ما يلي:
الى ان قال
المسألة الثانية: *أن يكون المال الذي سمّاه مهراً غير مملوك له* : كأن أصدقها سجادة مغصوبة
Ketika Suami salah dalam menggunakan istilah mahar.
Hukum mahar menjadi rusak dalam beberapa masalah yang akan kami jelaskan berikut ini...
Sampai pada perkataan..
Masalah kedua yaitu adanya harta yang digunakan sebagai mahar tidak bisa dimiliki, misalnya suami memberikan mahar berupa sajadah hasil ghosob.
Pengertian masjid
زيادة رسالة الاماجد في بيان احكام المساجد صl٦
المسجد لغة اسم مكان للسجود, *وشرعا مكان وقف للصلاة.* وفي إعلام الساجد ما يوافق هذا التعريف, وذلك قول الزركشي :
secara bahasa adalah nama untuk tempat sujud.
Adapun pengertian Masjid secara syara' adalah tempat yang diwakafkan untuk sholat.
Dan dalam kitab I'LAMUS SAJID, sesuai dengan definisi inj, dan itu merupakan pendapat imam Az-Zarkasyi.
ثم إن العرف خصص المسجد بالمكان المهيأ للصلوات الخمس حتى يخرج المصلى المجتمع فيه للأعياد ونحوها فلا يعطى حكمه, وكذلك الربط والمدارس فإنما هيئت لغير ذلك.
Kemudian bahwasanya secara uruf masjid secara khusus digunakan sebagai nama yang di sematkan untuk nama tempat yang disediakan untuk sholat lima waktu, sehingga hal ini mengecualikan tempat sholat yang digunakan untuk orang berkumpul melaksanakan sholat id maupun semisal nya, sehingga tempat tersebut tidak memiliki hukum masjid. Begitu juga dengan pesantren maupun madrasah (tidak berlaku hukum masjid) , karena tempat-tempat tersebut disediakan untuk selain sholat.
ومن هذا التعريف عرفنا أن كل مسجد لا يكون إلا وقفا, ولكن ليس كل موقوف للصلاة مسجدا.
وإذا قال الواقف وقفت هذا المكان للصلاة فهو صريح في مطلق الوقفية وكناية في خصوص المسجدية فلا بد من نيتها فإن نوى المسجدية صار مسجدا وإلا صار وقفا على الصلاة فقط وإن لم يكن مسجدا كالمدرسة."
Dari pengertian inilah kami membuat ta'rif bahwasanya setiap masjid itu pasti wakaf, akan tetapi, tidak mesti tempat yang diwakafkan untuk sholat itu masjid.
Dan ketika seseorang yang wakaf mengatakan : " Saya mewakafkan tempat ini untuk sholat" maka perkataan seperti ini merupakan bentuk yang jelas dari perwakafan" Dan merupakan bentuk kinayah dari pengarahan ke hukum masjid. Sehingga perkataan seperti ini membutuhkan niat, maka ketika si-pewakaf berniat wakaf untuk dijadikan masjid, maka berlaku hukum masjid, namun apabila tidak maka berlaku hukum wakaf untuk tempat sholat saja, meskipun tidak menjadi masjid seperti halnya madrasah.
Tambahan Refetensi:
الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي ٩/٦٧٦١ — وهبة الزحيلي (ت ١٤٣٦)
المهر ليس ركنًا ولا شرطًا في الزواج: أوضحت في شروط الزواج أن المهر - وإن كان واجبًا في العقد - إلا أنه ليس ركنًا ولا شرطًا من شروط الزواج (١)، وإنما هو أثر من آثاره المترتبة عليه، لذا اغتفر فيه الجهل اليسير والغرر الذي يرجى زواله؛ لأن القصد من النكاح الوصلة والاستمتاع، فإذا تم العقد بدون مهر صح، ووجب للزوجة المهر اتفاقًا.
----
(١) البدائع: ٢٧٤/ ٢، كشاف القناع: ١٤٤/ ٥، ١٧٤، المهذب: ٥٥/ ٢، ٦٠، مغني المحتاج: ٢٢٩/ ٣، بداية المجتهد: ٢٥/ ٢، الشرح الصغير: ٤٤٩/
٢.
Anjuran:
Tidak kurang dari 10 dirham dan tidak lebih dari 500 dirham
لكن يستحب أن لا يقل المهر عن عشرة دراهم، خروجاً من خلاف من أوجب ذلك، وهم الحنفية.
وكذلك يستحب أن لا يزيد عن خمسمائة درهم، لأنه الوارد في مهور بناته وزوجاته، عليه الصلاة والسلام.
[مجموعة من المؤلفين ,الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي ,4/78]
*البيان في مذهب الامام الشافعي ج-٩ ص- ٣٧٣*
والمستحب: أن لا يزيد على خمسمائة درهم، وهو صداق أزواج النبي - صلى الله عليه وسلم - وبناته؛ لما روي عن عائشة - رضي الله عنها -: أنها قالت: «كان صداق أزواج رسول الله - صلى الله عليه وسلم - وبناته اثنتي عشرة أوقية ونشا، أتدرون ما النش؟ نصف أوقية» . و (الأوقية) : أربعون درهما؛ لما روى أبو هريرة: أن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال: «الأوقية: أربعون درهما» و (النش) : عشرون
درهما
[زاد المعاد ج ٢ ص ٨٦]
وَالْوَقْفُ لَا يُورَثُ، وَقَدْ نَصَّ الْإِمَامُ أَحْمَدُ - رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى - عَلَى أَنَّهَا يَجُوزُ أَنْ تُجْعَلَ صَدَاقًا، وَالْوَقْفُ لَا يَجُوزُ أَنْ يَكُونَ مَهْرًا فِي النِّكَاحِ،
Maka solusi nya
1. Jika sebelum terjadi akad maka calon suami saat akad memberikan harta yang akan dibuat masjid kepada si calon istri terlebih dahulu sebagai mahar, kemudian istri menggunakan mahar tersebut untuk membuat masjid.
2. Apabila telah terjadi akad dengan mahar masjid, maka mahar tersebut tidak sah, dan bagi suami wajib membayar mahar mitsil ( besaran mahar pada umumnya).
Wa llahu Alam Bhis showab
Mujawwib
Yai @Sibawaih bin Sholihin
Gus @@MUHIBBIN FILLAH🥰
Yai @Yai Abdullah Sahal Zuhdi
Mujawwib Dan Mushohheh
✅Ustadz Hosiyanto S.Pd.I
✅ Syekh Iman Abdullah al rasyid
✅Yai Sibawaih bin Sholihin
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha
✅ Gus Abdul Halim
✅Yai Abuya Wail
✅ Ustadzah Izzatun Nisa
✅ Ustadz Aby Hadi
✅ Yai abdullah Sahal zuhdi
Dan Tim admin lainnya
Perumus Redaksi Dan Koordinator
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H
✅ Ustdzah Syifa Usshodriyah
✅ Ustadz Syaipudin
Peterjemaah
✅ Kang Ustadz Ahmad Robit Subhan
✅ Ummi Dinda zulaeha
Deskripsi Masalah
✅ Ustadz Syaipudin
Keamanan Grup:
✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Janna
Komentar
Posting Komentar