Perihal Wakalah Bil Ujrah



 Perihal Wakalah Bil Ujrah
Published from Blogger Prime Android App


Sail  :  Abdul Rohim

Assalamu alaikum 

*Deskripsi masalah*

Zaid adalah seorang petani, dan sudah menjadi kebiasaan jika setelah panen Zaid repot menjaga padi di gudang sendiri sebab banyaknya tikus. Ketika Zaid punya padi dan jagung hasil panennya, lalu Zaid menitipkan hasil buminya kepada Fulan dan dia adalah pedagang. Dan juga Zaid memperbolehkan kepada Fulan untuk menjualkan hasil panennya yang mana harga dari Zaid 10 ribu perkilo dan ketika diperdagangkan oleh Fulan ke pasar atau ke konsumen harga perkilo menurut pasaran 15 ribu. Zaid pun memperbolehkan Fulan  tersebut untuk menggunakan uang untuk menambah modalnya. Namun ketika suatu saat Zaid butuh uang maka ia menjual padi dan jagungnya itu kepada Fulan dengan harga pasaran yaitu 15 ribu.

Pertanyaan :

1. Termasuk akad apakah yang dilakukan Zaid ke Fulan ?
2. Bolehkah Zaid menjual hasil panennya kepada Fulan dengan harga pasaran ?

Jawaban:

Wa'alaikumusalam warohmatullohi 
:

1. Akad yang dilakukan Zaid ke Fulan:

Tindakan Zaid menitipkan hasil panennya kepada Fulan untuk dijualkan dapat dikategorikan sebagai akad wakalah bil ujrah (perwakilan dengan upah). Dalam akad ini, Zaid (pemilik hasil panen) menunjuk Fulan (pedagang) sebagai wakil atau agen untuk menjualkan hasil panennya di pasar dengan harga yang telah disepakati.

- Berikut beberapa poin penting yang dapat diidentifikasi dalam kasus ini:

1. Titipan (Wakalah): Zaid menitipkan hasil panennya kepada Fulan untuk dijualkan.
2. Harga yang disepakati: Harga yang disepakati antara Zaid dan Fulan adalah Rp. 10.000 per kilo untuk Zaid dan Fulan boleh menjualnya di pasar dengan harga pasaran, yaitu Rp. 15.000 per kilo.

Penggunaan uang hasil penjualan: 
Zaid memperbolehkan Fulan menggunakan uang hasil penjualan untuk menambah modalnya. Ini berarti ada unsur kerjasama (syirkah) dalam penggunaan modal.

Selain itu, ketika Zaid menjual padi dan jagungnya kepada Fulan dengan harga pasaran yaitu Rp. 15.000, hal ini termasuk dalam akad jual beli (bai’) biasa, di mana Fulan membeli hasil panen Zaid dengan harga pasaran yang berlaku saat itu.

Oleh karena itu, terdapat dua akad dalam hubungan ini

1. Wakalah bil ujrah: Zaid menunjuk Fulan sebagai agen untuk menjualkan hasil panennya.
2. Jual beli (Bai'): Zaid menjual padi dan jagungnya kepada Fulan dengan harga pasaran ketika Zaid membutuhkan uang....


2.Tidak Boleh

Zaid  tidak Berhak mengambil harga tampa ridho fulan (pemiliknya

 Referensi 

بلغة الطلاب ص ٢٧٤

مسألة ق لا يجوز للوكيل أخذ شيء من ثمن ما وكله الموكل في بيعه وان كان زائدا عن ثمن المثل .

(Persoalan) . 
Tidak boleh bagi wakil mengambil sesuatu dari harga benda yang telah di wakilkan oleh muwakkil (orang yang mewakilkan) dalam akad jual beli nya, meskipun harga tersebut melebihi dari harga mitsil ( harga pasaran pada umumnya). 


مسألة ك وكل في بيع بضاعة بثمن معين فباعها الوكيل بأزيد منها فالزائد للموكل لا للوكيل

Persoalan. 
Seseorang mewakilkan untuk menjual barang dagangan nya dengan harga yang telah ditentukan, kemudian wakil menjual nya dengan harga yang lebih tinggi dari harga yang ditentukan muwakkil, maka kelebihan harga jual tersebut adalah milik muwakkil bukan milik wakil. 

الشيرازي، أبو إسحاق المهذب في فقة الإمام الشافعي للشيرازي 2/166] 
فصل ولا يملك الوكيل من التصرف إلا ما يقتضيه إذن الموكل من جهة النطق أو من جهة العرف لأن تصرفه بالإذن فلا يملك إلا ما يقتضيه الإذن والإذن يعرف بالنطق وبالعرف

Pasal. 
Wakil tidak dapat memiliki hak tashorruf (penggunaan harta) kecuali apa yang telah diizinkan oleh muwakkil, baik dari segi ucapan maupun uruf kebiasaan, karena pentashorrufan wakil itu berdasarkan izin dari muwakkil, sehingga wakil tidak bisa memiliki hak tashorruf kecuali berdasarkan izin muwakkil, dan izin tersebut bisa diketahui dari ucapan maupun uruf kebiasaan. 

قرة العين بفتاوى اسماعيل الزين ص ١٤٧
 ان الوكيل امين فيجب عليه دفع الثمن كاملا للموكل وليس له ان يأخذ منه شيأ الا برضا المالك فان اخذ منه شيأ بغير رضاه سواء كان زائدا عن ثمن المثل اولا حينئذ خائن فيجب عليه ان يتوب ويرد المال الي صاحبه والله تعالي اعلم

Sesungguhnya wakil adalah pemegang amanah, maka wajib baginya memberikan hasil penjualan secara sempurna kepada muwakkil, dan dia tidak boleh mengambil sedikitpun dari hasil penjualan tersebut kecuali dengan ridlo pemilik barang, sehingga apabila wakil mengambil sesuatu dari harga barang tersebut tanpa ridlo pemilik nya, baik harganya melebihi harga mitsil maupun tidak  maka dia tergolong berhianat, dia wajib bertaubat dan wajib mengembalikan harta kepada pemilik nya.

 Tambahan Ibarot

[ الْوَكَالَةُ ]

الْوَكَالَةُ لُغَةٌ : التَّفْوِيضُ (۱) ، وَأَصْطِلاحا (۲) : تَفْوِيضُ شَخْصٍ مَا لَهُ فِعْلُهُ مِمَّا يَقْبَلُ النِّيَابَةَ (۳) إِلَى غَيْرِهِ بِصِيغَةٍ ، لَا لِيَفْعَلَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ (4)

الوكالة

كل منا يعرف أن الحاجة داعية إلى الوكالة ، ولا يمكن كل واحد فعل ما يحتاج إليه ، وكل فرد لا يستغني عن الآخرين ، ولا يمكنه أن يعيش بمفرده .

والوكالة ضرورية ، خصوصاً لمن لا يقدر أن يستقل بنفسه ، كالضرير الأعمى ؛ فإنه لا يستطيع القيام بالمعاملات كالبيع والشراء ، ولا تصح منه ، هذا معتمد مذهبنا ، والمذاهب الأخرى يفصلون

والوكالة جائزة بالكتاب والسنة والإجماع ، وجاءت الوكالة في القرآن الكريم بمعنى التفويض ، وبمعنى الاعتماد ؛ كقوله تعالى بمعنى التفويض : ﴿ فَابْعَثُوا أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَذِهِ: إِلَى الْمَدِينَةِ ) بعثوه كوكيل عنهم ومفوض منهم .

وقوله تعالى : ﴿ فَابْعَثُوا حَكَمًا مِّنْ أَهْلِهِ، وَحَكَمًا مِّنْ أَهْلِهَا ) على من يقول : إنهما وكيلان لا حكمان ، وأما بمعنى الاعتماد .. ففي مثل قوله تعالى : ( وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ) وقوله :

وَكَفَى بِاللَّهِ وَكِيلًا)

ورجال الله الصالحون لهم كلام طويل حول الوكالة والتوكل ، فهم يتوكلون على الله عن حقيقة ؛ لأن مستواهم عال ، وإيمانهم قوي ، وتروي لنا الكتب قضايا وصوراً من توكلهم ، يطول الكلام عنها ، ومن أشهر قضاياهم :

ما ذكروه في قضية حاتم الأصم ، هذا من رجال ( الرسالة القشيرية ) ، وسمي بالأصم وليس بأصم ، ولتكن من أخلاقه العالية .

(1) يقال : وكل أمره إلى فلان : فوضه إليه واكتفى به

(۲) عبر به ابن حجر والرملي ، وفي المنهج : وشرعاً ، وقد فرقوا بين الحقيقة الاصطلاحية والشرعية ، بأن ما تلقي من كلام الشارع.. فهو حقيقة شرعية ، وما كان باصطلاح أهل الفن .. يسمى اصطلاحية أو عرفية . فإن كان ما هنا من الأول ... أشكل قول ابن حجر والرملي ، أو من الثاني.. أشكل قول المنهج ، وأجاب ابن قاسم بأن الفقهاء قد يطلقون الشرعي مجازة على ما وقع في كلام الفقهاء وإن لم يرد بخصوصه عن الشارع .

(۳) أي : شرعاً ، والمراد بها ما ليس بعبادة .

(٤) قيد الإخراج الإيصاء ؛ فإنه إنما يفعله بعد الموت .


 ٢.بلغة الطلاب ص ٢٧٤

وليس له ان يأخذ منه شيئا بغير رضا المالك.
فكيف اذا رضي المالك؟

Persoalan ,, Tidak boleh seorang agen mengambil sedikit pun harga dari apa yang telah ditugaskan kepadanya...

Ia tidak berhak mengambil apapun darinya tanpa izin pemiliknya 

Wa llahu'alam Bhis showab

Mu Shohheh:

✅ Fropesor Syekh Iman Abdullah Al Rosyiid

Mujawwib:
✅Kyai @⁨Ustad SUHAIMI_QUSYAIRI😎⁩ 
✅Tengku @⁨Ya Tarimا⁩ 
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H

Perumus Redaksi Dan Penerjim
Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H


Mujawwib Dan Mushohheh:

 
✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني
✅ Kyai Suhaemi Qusyairi

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Syekh  Iman Abdullah al rasyid
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅Yai Abuya Wail
✅ Ustadzah Izzatun Nisa
✅ Ustadz Aby Hadi
✅ Ustadz  Abu Siman
    Dan Tim Admin Yang Lainnya.


Perumus Redaksi Dan Koordinator

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

✅ Ustadz Syaipudin

Peterjemaah
✅ Kang Ustadz Ahmad Robit Subhan
✅ Ummi Dinda zulaeha 

Deskripsi Masalah

✅ Ustadz Syaipudin

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Jannah

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan