Salah Satu Bentuk Mustahadloh Nifas Dan Haid.

TANYA JAWAB FIWIH DAN AQIDAH
Published from Blogger Prime Android App

Salah Satu Bentuk Mustahadloh Nifas Dan Haid.

🧕Pena : Karomah madura

📖 Seputar Bab haid,nifas Dan Istihadhoh* 

Assalamualaikum
 Ummi mau nanya

📚 Deskripsi Pertanyaan : 

Misalkan keluar darah nifas 62 hari, nah yang 2 harinya kan istihadhoh ya? Lalu dihari kw 63 sudah tidak keluar lagi.

⏸️ Pertanyaan :

1. Nah pas 64 hari keluar darah lagi itu termasuk istihadhoh apa haid ya ummi?

Hari kamis tanggal 1 darah berhenti di jam 2 siang, lalu hari kamis tgl 15 keluar darah yang ke 2 di jam 8 pagi.

2. Apakah dzuhurnya harus shalat? Lalu asarnya haid? Atau apakah haidnya di hari jumat jam 2?

Mohon Jawaban dan Referensinya 🙏🏻🙏🏻

➡️ Jawaban :

1. Keluar darah nifas selama 62 hari ini tak bisa langsung dihukumi 2 harinya istihadhoh, sebab kasus nifas juga sama dengan kasus haid saat melintasi masa maksimal nya. Dan untuk jawaban sementara ini adalah nifas yang bercampur dengan haid, yang mana harus dikembalikan pada bentuk si wanitanya :

A. Apakah si wanitanya mubtadaah finnifas?
B. Apakah si wanitanya mu'taddah finnifas?

Jika si wanitanya mubtadaah finnifas maka dilihat apakah bisa membedakan kuat lemah darah?

Jika pertama kali mengalami nifas dan tidak bisa membedakan kuat lemah darah/ghoiru mumayyizah, maka nifas nya adalah setetes/مجة selebihnya istihadhoh.

Jika wanitanya sudah pernah nifas sebelumnya,(mu'taddah finnifas), maka harus dikembalikan pada adat nifas sebelumnya. Begitupun dengan masa bersihnya, sehingga ketemu berapa nifasnya dan berapa istihadhohnya.

2. Ini pertanyaan ke 2 masuk kategori istihadhoh penyempurna suci. Jadi darah yang keluar pada tanggal 15 itu darah istihadhoh, maka tetap wajib sholat. Tapi jika di tanggal 16 jam 2 darah masih keluar, baru itu darah haid karena minimal masa suci telah terpenuhi.

📚 Referensi :


(١). أما المبتدأة في النفاس غير المميزة إذا جاوز دمها الستين وهي غير مميزة ففيها القولان السابقان في الحيض أصحهما الرد إلى أقل النفاس وهو لحظة لطيفة نحو مجة والثاني الرد إلى غالبه وهو أربعون يوما هكذا قاله الجمهور وزاد صاحب العدة قولا ثالثا وهو أنها ترد إلى أكثر النفاس وهو ستون يوما وهذا غريب عن الشافعي وإنما نقله الأصحاب عن المزني مذهبنا للمزني وحكاه الشيخ أبو حامد وغيره وجها لبعض أصحابنا وحكى المحاملي في المجموع وغيره من أصحابنا طريقا آخر عن ابن سريج وابي اسحق وهي الرد إلى الأقل قولا واحدا فحصل ثلاثة طرق والصحيح المشهور ما سبق من القولين فإذا علم حالها في مردها في النفاس فلها في الحيض حالتان إحداهما أن تكون معتادة فيجعل لها بعد مرد النفاس قدر عادتها في الطهر طهرا ثم بعده قدر عادتها في الحيض حيضا ثم تستمر كذلك

(المجموع شرح المهذب : ٢ /٥٣١)
 
(٢). الفَرْقُ بين المُسْتَحاضَةِ وبين التي عليها بَقِيَّةُ طُهْرٍ لا بُدَّ أن نُشير إلى مسألة مهمة، وهي : الفَرْقُ بين المستحاضة وبين المرأة التي عليها بَقِيَّةُ طُهْرٍ ، وذلك أَنَّ مَنْ رَأَتْ أَقَلَّ الْحَيْضِ أَو أَكْثَرَهُ ثُمَّ انْقَطَعَ الدَّمُ ثُمَّ عَادَ الدَّمُ بعد الخمسة عَشَرَ مِن مجِيئهِ أَوّلًا فهذه لَيْسَتْ مُسْتَحاضةً، بَلِ امْرَأَةٌ عليها بقية طهْرٍ، وحُكْمُها : أنها تُكَمِّلُ أَقلَّ الطهْرِ بَينَ الْخَيْضَتَيْنِ، وما زادَ فهو حيض جديد

(الإبانة والإفاضة : ص ٦١)

(٣). ويثبت الطهر بالعادة كما يثبت الحيض فإذا حاضت خمسة أيام وطهرت خمسين يوما ثم رأت الدم وعبر الخمسة عشر جعل حيضها في كل شهرين خمسة أيام والباقي طهر.
------
(الشرح)اتفق أصحابنا على ثبوت الطهر بالعادة وسواء طالت مدة الطهر سنة أو سنتين أو أكثر هذا هو الصحيح المشهور وقد تقدم قول القفال ومن تابعه أنه لا تثبت فيما إذا زاد الحيض والطهر على تسعين يوموالأول هو المذهب

[النووي، المجموع شرح المهذب، ٤٢١/٢]

Demikianlah, wallahu a'lam.

Mujawwib:

✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني

✅ Ustdzah Ai Maslaili Siti Aisyah

Perumus:
Ummi Hajah Dinda Zulaeha S.H

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan