Hukum Sholat Ketika  Menunggu Haid Mencapai 24 Jam Atau Tidak? 

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH
Published from Blogger Prime Android App
Hukum Sholat Ketika  Menunggu Haid Mencapai 24 Jam Atau Tidak? 

 Penanya: Ibu Dewi

Assalamualaikum ustadzah saya mau bertanya;

 📖Deskripsi :

Para ulama sepakat bahwa diharamkan shalat bagi wanita haid dan nifas, baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Dan mereka pun sepakat bahwa wanita haid tidak memiliki kewajiban shalat dan tidak perlu mengqodho’ atau menggantinya ketika ia suci.


 Pertanyaan 

 1.apakah sya boleh sholat saat menunggu 15 hari untuk dihukumi haid?

2.Sebab darah yg keluar sedikit2
Klau sya sholat tapi ternyata darahnya dihukumi haid apakah sholat sya sah?

3. Dan kalau saya tidak sholat dalam 15hari tapi darahnya tidak dihukumi haid apakah saya berdosa? 

Mohon penjelasannya ustadzah dan catumkan  refnya
Terima kasih 

 ➡️Jawaban:
__________________


1.tidak boleh,dan tidak perlu menunggu 15 hari untuk di hukumi haid karena haid cukup 24 jam untuk memenuhi syarat darah tersebut di hukumi haid.

إذا رأت المرأة الدم لزمان يصح أن يكون حيضا بأن يكون لها تسع سنين فأكثر ولم يكن عليها بقية طهر ولا هي حامل أو حائل وقلنا بالصحيح إنها تحيض أمسكت عن الصوم والصلاة والقرآن والمسجد والوطئ وغير ذلك مما تمسك عنه الحائض لأن الظاهر هو قول ابن سريج أنه لا يجوز للمبتدأة أن تمسك بل يجب عليها أن تصلي مع رؤية الدم فإن انقطع لدون يوم وليلة كانت الصلاة واجبة عليها وأجزأها ما صلت وإن استدام يوما وليلة تركت الصلاة حينئذ لأن الدم الذي رأته يجوز أن يكون حيضا ويجوز أن يكون دم فساد فلا يجوز ترك الصلاة بالشك قال صاحب الحاوي وهذا الوجه فاسد من وجهين أحدهما أن المعتادة إذا فاتحها الدم تمسك والثاني المعتادة إذا جاوز الدم عادتها تمسك وإن كان هذا الاحتمال موجودا وإنما أمرناها بالإمساك لأن الظاهر أنه حيض وهذا المعنى موجود في المبتدأة قال فبطل قول ابن سريج والتفريع بعد هذا على المذهب وهو وجوب الإمساك قال أصحابنا فإذا أمسكت فانقطع الدم لدون يوم وليلة تبينا أنه دم فساد فتقضي الصلاة بالوضوء ولا غسل فإن كانت صامت في ذلك اليوم فصومها صحيح وإن انقطع ليوم وليلة أو لخمسة عشر أو لما بينهما فهو حيض سواء كان أسود أو أحمر وسواء كانت مبتدأة أو معتادة وافق عادتها أو خالفها بزيادة أو نقص أو تقدم أو تأخر وسواء كان الدم كله بلون واحد أو بعضه أسود وبعضه أحمر وسواء تقدم الأسود أو الاحمر ولا خلاف في شئ من هذا


(المجموع شرح المهذب، ٣٩١/٢)

2.tidak sah,karena mestinya tidak usah sholat ketika melihat darah walaupun belum terbukti kalau darah tersebut nanti nya darah haid atau bukan.

والتفريع بعد هذا على المذهب وهو وجوب الإمساك قال أصحابنا فإذا أمسكت فانقطع الدم لدون يوم وليلة تبينا أنه دم فساد فتقضي الصلاة بالوضوء ولا غسل فإن كانت صامت في ذلك اليوم فصومها صحيح وإن انقطع ليوم وليلة أو لخمسة عشر أو لما بينهما فهو حيض


(المجموع شرح المهذب ٣/٢٧)

3.tidak berdosa,namun yang perlu di ingat bahwa ketika wanita keluar darah baik mubtada'ah/mu'taddah maka harus stop tinggalkan sholat dan lain lain,dan tidak perlu nunggu 15 hari untuk di hukumi haid karena cukup dengan 1hari/1malam  darah sudah di hukumi haid.akan tetapi jika ternyata darah nya Tidak mencukupi syarat haid yakni Tidak ada 24jam selama 15 hari tersebut disitu terbukti bahwa darah tersebut adalah darah fasad.maka wajib mengqodo' sholatnya yang di tinggalkan.

فانقطع الدم لدون يوم وليلة تبينا أنه دم فساد فتقضي الصلاة بالوضوء ولا غسل فإن كانت صامت في ذلك اليوم فصومها صحيح


(المجموع شرح المهذب ٢/٤١٧)

 Mujawwib
Ustadz @⁨Ustadz Abdullah⁩


Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Suhaemi
✅ustadz Aby Abd Hady.
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ TGK  Ari Azhari
✅ Ustadz Muhammad Shohib Mirbath
✅ Ustadz Fahrud Cell
✅ Ukhty Resti(Bintang Kehidupan
    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

Penulis dan Perumus Redaksi:

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

Penasehat:

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar