kajian Kitab Al ibanah wa Ifadhoh Dalam Pembahasan Bab Haid ,Nifas Dan Istihadhoh
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
kajian Kitab Al ibanah wa Ifadhoh Dalam Pembahasan Bab Haid ,Nifas Dan Istihadhoh

Oleh : Ustadzah Aisyah
Bag 12
PELAJARAN KE TIGA
SUCI DARI HAID DAN NIFAS
الدرسُ الثّالِثُ
الطُّهْرُ مِن الحَيْضِ وَالنَّفَاسِ
بعد أَن عَرَفْنا في الدُّرُوسِ السَّابِقَةِ مَا يَتَعَلَّقُ بِالحَيْضِ، ستَتَعَرَّضُ في هذا الدَّرْسِ لِبَيانِ ۱ - مَتَى تُحْكَمُ لِلمَرْأَةِ بِالخَيْضِ ؟ ۲ - ومَتَى يُحْكَمُ لها بالظُّهْرِ، ٣- وعَلامَةِ الظُّهْرِ، ٤- والظُّهْرِ بين الحَيْضَتَيْنِ، ٥- والطَّهْرِ بين الحَيْضِ والنفاسِ، ٦- وبين النَّفاسِ والحَيْض.
PELAJARAN KE TIGA
SUCI DARI HAID DAN NIFAS
Setelah kita mengetahui pelajaran- pelajaran yang telah lalu yang berhubungan dengan haid, Maka akan saya jelaskan pada pelajaran kali ini penjelasan tentang,
1. Kapan seorang wanita di hukumi haid.
2. Kapan seorang wanita di hukumi suci.
3. Tanda-tanda suci
4. Suci di antara dua haid
5. Suci antara haid dan nifas
6. Suci di antara nifas dan haid.
أولا : مَتَى يُحْكَمُ لِلمَرْأَةِ بِالحَيْضِ
القاعِدة في هذا أن نَقُولَ : نَحْكُمُ بِالحَيْضِ بِرُؤْيةِ الدَّمِ فِي
زَمَن يَحْتَمِلُ الحيض ، فمَثَلًا : إِذَا كَانَتِ المَرْأةُ مُبْتَدَأَةً – أي : أَوّلَ مَرَّةٍ يَأْتِيها الدَّمُ - فيُحْكَمُ بأنه حيضُ إِذا أَتاها في سِنِّ يَحْتَمِلُ
الحيض : بأنْ كانَ لِتِسْعِ سِنِين قَمَرِيَّةٍ تقريبية كما تَقَدَّمَ بَيَانُه.
1. KAPAN SEORANG WANITA DI HUKUMI HAID.
Kaidahnya yaitu kita menghumi haid ketika darah keluar pada masa yang memungkinkan haid,
CONTOH:
Ketika ada seseorang wanita baru pertama kali mengeluarkan darah, maka darah yang di keluarkan di hukumi haid ketika darah tersebut keluar pada umur yang memungkinkan haid yaitu 9 tahun qomariyah secara kira kira, seperti keterangan yang sudah dijelaskan (usia minimal seorang bisa dihukumi haid).
وأما إذا كانَتْ مُعْتادَةً – أي : سَبَقَ لها حيض وطهر -
فيُحْكَمُ بأنه حيض إذا أتاها بعدَ طُهْرٍ خَمْسَةَ عَشَرَ فَأَكْثَرَ، وَإِلَّا :
بأَن أَتى قبله فيُعَدُّ هذا الدَّمُ دَمَ فَسَادٍ، فَتُكَمِّلُ أَقَلَّ الظُّهْرِ، وما زادَ فهو حيض جديد.
Adapun seorang wanita yang sudah pernah mengalami haid dan suci, Maka dia dihukumi haid lagi ketika darah keluar setelah masa suci 15 hari atau lebih ( jika suci antara dua darah yang keluar kurang dari 15 hari, maka perinciannya seperti yang sudah dijelaskan kemarin).
Dan apabila keluar darah tidak setelah 15 hari (minimal masa suci) akan tetapi darah tersebut keluar sebelumnya, maka darah tersebut di hukumi darah rusak, dan perempuan tersebut harus menyempurnakan minimal sucinya dan darah yang tersisa di hukumi haid yang baru.
ثانيا : مَتَى يُحكَمُ لهَا بِالظُّهْرِ
كما أن المرأة تحيضُ برُؤْيةِ الدَّمِ كذلك فَإِنَّهَا تَطْهُرُ بِانْقِطَاعِ
الدَّمِ بعدَ بُلُوغِ أَقله : بأَن خَرَجَتِ القُطْنَةُ نَقِيَّةٌ ليسَ عليها شيءٌ من آثارِ الدَّم، فتُؤْمَرُ بالغُسْلِ والصَّلاةِ والصّومِ، ويَحِلُّ وَطُؤُها، فإِن عادَ فِي زَمَنِ الحَيْضِ تَبَيَّنَ وُقُوعُ عِبادِتِها فِي الحَيْضِ، فَتُؤْمَرُ بقضاء الصوم فقط، ولا إِثْمَ عليها ولا على زَوْجِها بالوَطْءِ؛ لبناءِ الأَمْرِ على الظَّاهِرِ، ثُمَّ إِنِ انْقَطَعَ الدَّمُ بعد ذلك حُكِمَ بطهرها، وهكذا ما لم يَعْبُرُ الخَمْسَةَ عَشَرَ .
2. KAPAN SEORANG WANITA DI HUKUMI SUCI.
Seperti halnya Seorang wanita dihukumi haid sebab mengeluarkan darah (di masa imkan), begitu juga dia dihukumi suci sebab berhentinya darah setelah mencapai minimal masa haid (24 jam), seperti contoh seseorang wanita mengeluarkan kapas yang bersih dan tidak ada bekas darah, maka dia di perintah untuk mandi, sholat, puasa, dan halal untuk mewathinya.
Jika darah kembali lagi pada masa haid, maka jelas ibadahnya dilakukan ketika masa haid tidak sah sehingga dia hanya diperintah untuk mengqodo'i puasa saja, dan dia tidak berdosa karena melakukan ibadah (sholat, puasa) tersebut.
Suaminya juga tidak berdosa sebab mewathi istrinya. Karena melihat permasalahan ini berdasarkan dzohirnya (suci/ bersih dari darah).
Kemudian jika setelah itu darah berhenti lagi maka dia di hukumi suci, begitu terus selagi darah yang keluar belum melebihi 15 hari.
وإِن اعْتادَتِ المرأةُ أَن يَنْقَطِعَ الدَّمُ ثُمَّ يَعُودَ فهل يَلْزَمُها الغُسْلُ والصَّلاةُ عندَ كلِّ انْقِطَاعِ أم لا؟
هذه المسألةُ اخْتَلَفَ فيها فُقَهَاؤُنَا الشَّافِعِيّةُ :
-١ - فيرى العلّامة الرّافِعِيُّ : أَنها لا تَفْعَلُ لِلانْقِطَاعِ شيئًا مما
مر؛ لأنّ الظَّاهِرَ أنها في هذا الشهر كالذي قبله.
Apabila ada seorang wanita terbiasa mengeluarkan darah terputus-putus (keluar berhenti keluar berhenti), apakah dia wajib mandi dan sholat setiap darah berhenti keluar?
Jawab:
Terdapat perbedaan pendapat diantara ahli fiqih bermadzhab syafi'i iyyah dalam masalah ini.
1. Menurut pendapat imam Arrofi'i ketika darah berhenti dia tidak usah mandi, sholat dll. Karena dzohirnya di samakan pada bulan sebelumnya. (Darah terputus-putus dan semua dihukumi haid).
۲ - والذي رَبَّحَه النَّووِيُّ : أَنه يَلْزَمُها مَا يَلْزَمُ الطَّاهِرَاتِ
وإِنِ اعْتَادَتِ انْقِطَاعَ الدَّمِ وَعَوْدَه . والرأي المُعْتَمَدُ في المذهب هو ما صَحَّحه النَّووِيُّ، ولكنْ يَجُوزُ العَمَلُ في حَقٌّ النَّفْسِ بَرَأي الرافعي في هذه المسألة.
2. Menurut pendapat yang diunggulkan oleh Imam Nawawi, dia wajib melakukan perkara yang di wajibkan bagi orang yang suci walaupun dia punya kebiasaan suci kemudian darahnya keluar lagi.
3. Pendapat qoul mu'tamad menurut madzhab yang di shohihkan oleh imam nawawi, boleh mengamalkan pendapat imam rofi'i (untuk dirinya sendiri) dalam masalah ini.
والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب
Editor:
Ummi Hajjah Dinda Zulaeha SH
Komentar
Posting Komentar