Hukum Haid Terputus putus Atau Tidak Teratur
Hukum Haid Terputus putus Atau Tidak Teratur

Pertanyaan :
DR. Zirul Asrofi
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin bertanya teh ustadzah. Misal haid nya putus putus
Hari 1 dan kedua keluar darah pada hari k3 dan k4 tidak keluar darah Pada hari k5 dan k6 keluar lagi Bagaimana dengan hari yang ke 3 dan ke 4(saat darah tidak keluar) Apakah pada saat itu dia diperbolehkan untuk melakukan ibadah shalat puasa dll(padahal masih dalam masa haid)Hatur nuhun te
Jawaban:
Wa'alaikumu salam warohmatullahi wa barakatuh
Pena yang budiman, semoga selalu dirahmati Allah Swt. Yang ditanyakan ini merupakan salah satu persoalan yang diperselisihkan oleh para ulama fiqih Kd 2 hari B 2 hari
Kd 2 hari, Ini hari keluar darah ittifaq masa haid
Tapi hari bersih nya yg 2 hari, ikhtilaf, Menurut qaol sahbi: masa haidMenurut qaol laqti masa suci
Saat di cek bersih di hari ke 3 jika ikut qaol laqti wajib mandi wajib dan sholat secara mutlak karena itu masa suci.Tapi jika ikut qaol sahbi , ini perlu di rinci.Jika wanita tersebut tidak punya adat haid putus putus , maka secara ittifaq harus mandi wajib dan sholat. Jika wanita tersebut punya adat haid putus putus, ini ikhtilaf.Menurut pendapat imam Rofii , tidak perlu mandi wajib dan sholat Jika bersih nya masih di lingkup adat haid nya , karena dzohir nya bulan sebelum nya habis bersih darah keluar lagi
Menurut pendapat yg di unggulkan imam Nawawi ttep wajib mandi wajib dan sholat. Walau dia punya adat haid putus putus.Dan pendapat yg kuat adalah pendapat yg di unggulkan imam Nawawi. Lalu bagaimana kan itu di hukumi masa haid juga ? Sedangkan dalam 2 hari itu dia sholat, puasa , hub suami istri
Jawaban nya sholat dan puasa nya tidak sah. Dan puasa nya wajib di qodo jika itu terjadi di bulan ramadhan. Tapi dia tidak dosa karena sholat dan puasa nya dan suami nya juga tidak dosa karena mewati nya ,karena dzohir nya saat itu di cek bersih.Dan memang itu hanya mampu menghukumi berdasarkan dzohir, manusia tidak tahu mengenai sesuai yg trjdi di masa yg akan datang
Referensi :
الابانة والافاضة ج ١ ٣٢
ثانيا : مَتَى يُحْكَمُ لها بِالظُّهْرِ كما أن المرأة تحيضُ برؤيةِ الدَّمِ كذلك فَإِنَّهَا تَطْهُرُ بِانْقِطَاعِ الدم بعدَ بُلُوغ أَقله : بأَن خَرَجَتِ القُطْنَةُ نَقِيَّةٌ ليسَ عليها شيءٌ من آثارِ الدَّمِ، فَتُؤْمَرُ بالغُسْلِ والصَّلاةِ والصّومِ، ويَحِلُّ وَطُؤُها، فإِن عادَ فِي زَمَنِ الحَيْضِ تَبَيَّنَ وُقُوعُ عِبادِتِها فِي الْحَيْضِ، فَتُؤْمَرُ
بقضاء الصّومِ فقط، ولا إِثْمَ عليها ولا على زَوْجِها بالوَطْءِ؛ لبناءِ الأَمْرِ على الظَّاهِرِ، ثُمَّ إِنِ انْقَطَعَ الدَّمُ بعد ذلك حُكِمَ بطهرها، وهكذا ما لم يَعْبُرُ الخَمْسَةَ عَشَرَ ). وإِن اعْتادَتِ المرأةُ أَن يَنْقَطِعَ الدَّمُ ثُمَّ يَعُودَ فهل يَلْزَمُها الغُسْلُ والصَّلاةُ عندَ كلِّ انْقِطاع أم لا؟
هذه المسألةُ اخْتَلَفَ فيها فُقَهَاؤُنَا الشَّافِعِيةُ : لِبِناءِ الأَمْرِ على الظَّاهِرِ، ثُمَّ إِنِ انْقَطَعَ الدَّمُ بعد ذلك حُكِمَ بطهرها، وهكذا ما لم يَعْبُرُ الخَمْسَةَ عَشَرَ
وإِن اعْتادَتِ المرأةُ أَن يَنْقَطِعَ الدَّمُ ثُمَّ يَعُودَ فهل يَلْزَمُها الغُسْلُ والصَّلاةُ عند كلُّ انْقِطَاعِ أم لا؟ هذه المسألةُ اخْتَلَفَ فيها فُقَهَاؤُنَا الشَّافِعِيةُ : ٢ - والذي رَبَّحَه النَّووِيُّ : أَنه يَلْزَمُها مَا يَلْزَمُ الطَّاهِراتِ
١ - فيرى العلّامة الرّافِعِيُّ : أَنها لَا تَفْعَلُ لِلانْقِطَاعِ شَيئًا تما مرَّ ؛ لأنّ الظَّاهِرَ أنها في هذا الشهر كالذي قبله.
وإِنِ اعْتَادَتِ انْقِطَاعَ الدَّمِ وَعَوْدَه والرأي المُعْتَمَدُ في المذهب هو ما صَحَّحَهُ النَّووِيُّ، ولكنْ يجوز العمل في حق النفس برأي الرافعي في هذه المسألة
والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب
Oleh : Ustadzah Aisyah
Dan Penerbit : Ummi Hajjah D.zzulaeha
Komentar
Posting Komentar