Kajian  Kitab  Al ibanah wal ifadoh Dalam Pembahasan Bab Haid,Nifas Dan Istihadloh Tema Menjelaskan Tentag umur ,umur,warna,dan sifat haid

Kajian  Kitab  Al ibanah wal ifadoh

Dalam Pembahasan Bab Haid,Nifas Dan Istihadloh
Published from Blogger Prime Android App
Oleh : Ustadzah Aisyah

Bag 5

Tema Menjelaskan Tentag umur ,umur,warna,dan sifat haid

الدَّرْسُ الثاني

في سن الحَيْضِ وَمُدّتِه وأَلْوانِهِ وصِفاتِه

في هذا الدَّرْسِ سنتَحَدَّثُ عن ۱ - سِنُ الحَيْضِ، ۲- ومُدتِه، ٣- وألوانه، ٤- وحُكْمِ الكُدْرَةِ والصُّفْرَةِ، ٥- والدَّمِ الَّذِي تَراه الحامِلُ ، ٦ - والنّقاءُ الَّذِي يَتَخَلَّلُ بين دِمَاءِ الْحَيْضِ.

PELAJARAN KE 2
 
Menjelaskan tentang umur, masa, warna , dan sifatnya haid.

Pelajaran ini akan menerangkan tentang umurnya haid, masa, dan warnanya haid, hukum keruh dan kuning, darah yang di keluarkan oleh perempuan hamil, dan suci yang menyela-nyelai antara beberapa darah haid haid.

أولا : سِنُ الحَيْضِ

أَقَلُّ سِنْ يُمْكِنُ أَن يَأْتِيَ فِيهِ الْحَيْضُ المَرْأَةَ تِسْعُ سِنِين قَمَرِيَّةٍ تقريبية، وقولنا : «تقريبية» أي : أنه يُغْتَفَرُ نَقْصُ مُدّةٍ لا تَسَعُ حَيْضًا وطُهْرًا، وهي ما كانَتْ دون السَّيِّةَ عَشَرَ يوما، أما إذا كانَتْ تَسَعُ أَقَلَّ طُهْرٍ وحَيْضِ - وهو سِتَّةَ عَشَرَ فَأَكْثَرَ - فَإِنَّ الدَّمَ الذي أتاها قبلَ زَمَنِ الإِمْكَانِ دَمُ اسْتِحاضة.

1. UMURNYA HAID  

Seorang bisa dihukumi haid jika umurnya minimal kira-kira 9 tahun qomariyah, Dan maksud dari "Taqribiyyah (kira-kira) yaitu seorang perempuan yang  berumur 9 tahun kurang dari 16 hari kurang sedikit (waktu yg tidak cukup untuk minimal haid & minimal suci). 
 
Adapun ketika umurnya 9 tahun kurang dari 16 hari tepat (waktu yang cukup untuk digunakan sebagai minimal haid dan suci) atau bahkan lebih (misal 9 tahun kurang 17 hari dst),  maka darah yang keluar sebelum masa itu (9 tahun kurang 16 tepat) dinamakan darah istihadloh.


ولتوضيح ما تَقَدَّمَ نَذْكُرُ بعضَ الأَمثلة : ١ - مثال : رَأَتْ قبل بُلُوغِهَا تِسْعَ سنين قَمَرِيَّةٍ بِعَشْرَةِ أَيَّامٍ دما هل هذا حَيْضُ ؟ والجَوابُ : نَعَمْ يُعَدُّ حَيْضًا إذا تَوَفَّرَتْ فيه الشروط، وكونه قبلَ تَمَامِ التَّسْعِ لا يَضُرُّ؛ لأنّ المراد بالتَّسْعِ السِّنين التقريبية، لا التحديدية، فيُغْتَفَرُ ما لا يَسَعُ حيضًا وطُهْرًا، والعَشْرَةُ لا تَسَعُ حيضًا وطهرا؛ لِأَنَّ أَقَلَّ الحَيْضِ يوم وليلةٌ، وَأَقَلُّ الظُّهْرِ خمسة عشر.


untuk menjelaskan keterangan diatas saya akan menyebutkan beberapa contoh:
 
Contoh:
Apabila seorang perempuan yang belum baligh mengeluarkan darah ketika berumur 9 tahun kurang 10 hari, apakah darah tersebut dihukumi sebagai darah haid?
 
Jawab: 

Ya, dihukumi haid jika sudah menetapi syarat dan darah yang keluar sebelum sempurnanya 9 tahun itu tidak apa-apa. Karena sesungguhnya yang dimaksud dengan minimal umur 9 tahun dengan kira-kira bukan 9 tahun tepat. 

Jadi, jika waktu itu tidak cukup untuk di gunakan sebagai minimal haid dan minimal suci maka hukumnya haid (walau umurnya kurang dari 9 tahun).  Dan waktu 10 hari adalah waktu yang tidak cukup untuk di gunakan sebagai minimal haid dan minimal suci, karena sesungguhnya minimal haid adalah 1 hari 1 malam dan minimal suci itu 15 hari 15 malam (total 16 hari).


۲ - مِثال : رَأَتْ قبل تمامِ التَّسْعِ السَّنين بِشَهْرٍ دَمَا اسْتَمَرَّ خمسةَ أَيَّامٍ هل يُعَدُّ حيضًا أم لا؟

والجواب : أنه ليس بحيض؛ لأنه أتى قبل سن الحيض، وسِنُ الحَيْضِ هو تِسْعُ سِنِين قمرية تقريبية، فهذا دَمُ اسْتِحاضة
وفساد.

Contoh: 
Ada seorang wanita melihat darah ketika berumur 9 tahun kurang 1 bulan dan darahnya keluar terus menerus sampai 15 hari,  apakah darah tersebut dihukumi haid atau tidak?
 
Jawab: 

Darah tersebut tidak dihukumi darah haid, karena darah tersebut keluar sebelum masanya haid, adapun waktunya haid yaitu 9 tahun qomariyah secara kira kira. Dan darah tadi dihukumi darah istihadloh dan darah rusak.


تنبيه : لا آخِرَ لِسِنَّ الحَيْضِ، فهو مُمكِنٌ مَا دَامَتِ المَرْأَةُ حَيَّةٌ، وأما غالِبُ سِنَّ اليَأْسِ مِن الحَيْضِ فهو 
اثْنَتَانِ وسِئُون سَنَة


PERINGATAN !! 
 
Tidak ada umur maksimal seorang wanita bisa dikatakan haid. Seorang perempuan masih bisa haid selama seorang perempuan tersebut masih mengeluarkan darah semasa hidupnya, adapun kebiasaan menopouse ( berhenti mengeluarkan darah haid) itu berumur 62 tahun.


والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب


Penerbit:
Ummi Hajjah D. Zulaeha SH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan