Hukum Haji Tamatu Tampa Dam

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

Published from Blogger Prime Android App

Hukum Haji Tamatu Tampa Dam

Sail : Muhamad Najih

Assalamu alaikum

Deskripsi Masalah

Samuin adalah orang yang terbilang kaya dengan rejeki yang melimpah ruah. Dan dia jemaah haji yang akan berangkat tahun depan. Dan setelah dipikir dia berkeinginan ketika haji tamatu agar tidak kena dam.

Pertanyaan :

Bagaiamana caranya agar tidak terkena Dam ?

Jawaban:

Cara tidak kena dam dengan melakukan ihram dari miqot atau ihram sebelum bulan haji dan melaksanakan umrah di bulan haji

Referensi

البغوي ابو محمد التهذيب في الفقه الشافعي ج ٣ ص ٢٥١-٢٥٢

ويتحقق وقوع الحج والعمرة على ثلاثة أنواع.
الأول: الإفراد، وهو: أن يأتي بكل واحد من ميقاته.
الثاني: القران، وهو أن يحرم بهما جميعا، فيتحد الميقات والفعل، أو يحرم بالعمرة، ثم يدخل عليها الحج قبل الطواف، وإن عكس -: لم يصح؛ على أحد القولين.
الثالث: التمتع، وهو أن يفرد العمرة، ثم يحرم بالحج من جوف مكة.وعلى القارن دم، وكذا على المتمتع عند خمس شرائط:
أن يقدم العمرة على الحج، ويحرم بالعمرة في أشهر الحج،فإن أحرم قبل أشهر الحج، وأتى بأعمال العمرة في أشهر الحج -: فلا دم عليه؛ على أصح القولين وأن يقع النسكان في سنة واحدة.
وألا تكون على مسافة القصر من مكة في وجه، ومن الحرم في وجه.
وأن يحرم بالحج من مكة، لا من الميقاتن وقيل: يشترط نية التمتع، ووقوع النسكين من شخص واحد، فإن عجز عن الدم-: صام عشرة أيام: ثلاثة قبل يوم النحر، ولا يجوز قبل شروع في الحج، وقيل: يجوز في أيام التشريق، وأما السبعة-: توقتها بالرجوع إلى الأهل، لا بالفراغ من الحج؛ على الجديد.
وإذا فاتت الثلاثة-: يجب التفريق بين قضاء السبعة والثلاثة على الأصح بمقدار يوم، أو بما يقع التفرقة بينهما في الأداء على اختلاف 
القولين

_Terdapat tiga jenis dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah: 1. Ifrad: Melakukan haji dan umrah secara terpisah, dengan memenuhi waktu yang tepat untuk tiap ibadahnya. 2. Qiran: Melakukan haji dan umrah sekaligus, dengan menyatukan waktu dan pelaksanaan ibadahnya. Cara ini dapat dilakukan dengan berniat haji dan umrah bersamaan, atau berniat umrah terlebih dahulu, kemudian memasuki ibadah haji sebelum melakukan tawaf. Jika terbalik (haji dulu, umrah kemudian), ibadah tersebut tidak sah menurut salah satu pendapat. 3. Tamattu': Melakukan umrah terlebih dahulu, kemudian berniat haji dari dalam Mekah. Bagi yang melakukan qiran dan tamattu' wajib menyembelih hewan kurban. Syarat-syarat wajib tamattu': Melakukan umrah sebelum haji. Berniat umrah di bulan-bulan haji. Jika berniat sebelum bulan haji dan melaksanakan umrah di bulan haji, maka tidak wajib menyembelih hewan kurban menurut pendapat yang lebih sahih. Melakukan kedua ibadah (haji dan umrah) dalam satu tahun. Tidak berada dalam jarak qasar (88 km) dari Mekah dalam perjalanan haji dan umrah. Berniat haji dari Mekah, bukan dari miqat. Pendapat lain: Diperlukan niat tamattu'. Pelaksanaan kedua ibadah (haji dan umrah) dilakukan oleh orang yang sama. Jika tidak mampu menyembelih hewan kurban, maka wajib berpuasa selama sepuluh hari: tiga hari sebelum Hari Raya Idul Adha dan tujuh hari setelahnya. Puasa tiga hari tidak boleh dilakukan sebelum memulai ibadah haji. Pendapat lain memperbolehkannya di Hari Raya Idul Adha. Waktu puasa tujuh hari dihitung sejak kembali ke rumah, bukan sejak menyelesaikan ibadah haji menurut pendapat baru. Jika tiga hari puasa tidak terlaksana: Wajib memisahkan qadha' tujuh hari dan tiga hari dengan selisih satu hari, atau dengan cara yang membedakan keduanya dalam pelaksanaan menurut perbedaan pendapat._


فتح القريب ص ١٥٨

(فصل): في أنواع الدماء الواجبة في الإحرام بترك واجب أو فعل حرام (والدماء الواجبة في الإحرام خمسة أشياء أحدها الدم الواجب بترك نسك) أي ترك مأمور به كترك الإحرام من الميقات. (وهو) أي هذا الدم (على الترتيب) فيجب أولا بترك المأمور به (شاة) تجزىء في الأضحية (فإن لم يجد) ها أصلا أو وجدها بزيادة على ثمن مثلها (فصيام عشرة أيام ثلاثة في الحج)


“Pasal yang menjelaskan macam-macam dam yang wajib didalam ihram sebab meninggalkan kewajiban atau melakukan keharaman. Dam yang wajib didalam ihram itu ada lima perkara :

Yang pertama adalah dam yang wajib sebab meninggalkan ibadah, yakni meninggalkan sesuatu yang diperintahkan seperti meninggalkan ihram dari miqat. Dan dam ini harus dengan cara berurutan (tertib). Maka sebab meninggalkan sesuatu yang diperintahkan, pertama kali yang wajib dilakukan adalah (menyembelih) satu ekor kambing yang mencukupi digunakan untuk kurban. Tapi jika dia tidak menemukannya sama sekali, atau menemukan dengan harta diatas harga standar, maka wajib melakukan puasa sepuluh hari dan tiga harinya saat ihram haji” (Fathul Qorib : 158)


Wa llahu'alam Bhis Showab


Mujawwib Dan Mushohheh:

✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I

✅ Syekh  Iman Abdullah al rasyid

✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah

✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H

✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha

✅ Ustadz Muhibbin Fillah

✅Yai Abuya Wail

✅ Ustadz Tinta Emas

✅ Ustadz Aby Hadi

✅ Ustadz  Abu Siman

    Dan Tim Admin Yang Lainnya.


Perumus Redaksi Dan Koordinator

✅ Ustadz Muhibbin Fillah

✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

✅ Ustadz Syaipudin


Peterjemaah

✅ Ustadz Masruri Ainul Khyat


Deskripsi Masalah

✅ Ustadz Syaipudin


Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Jannah

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan