BOLEHKAH NIAT PUASA UNTUK  SATU BULAN PENUH

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH 
Published from Blogger Prime Android App

BOLEHKAH  NIAT  PUASA UNTUK  SATU  BULAN PENUH

Penanya: H. Samsul dari Lombok

Assalamualaikum

📖 Deskripsi Masalah

Tak terasa puasa ramadhan akan tiba beberapa hari lagi. Salah satu keabsahan puasa itukan salah satunya ditentukan dari niat, lebih-lebih puasa ramadhan yang mengharuskan bagi orang yang hendak berpuasa untik berniat pada malam hari sebelum terbit fajar shadiq.
 

⏸️ Pertanyaannya :

1. Apakah niat puasa itu boleh satu kali untuk sebulan penuh atau niat itu harus setiap malam selama bulan ramadhan?

➡️ Jawaban :

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

Kalau dalam madzhab Syafi'i, niat puasa yang dilakukan untuk sebulan penuh itu tidak cukup, jadi harus tetap berniat setiap malam. Akan tetapi dalam hal ini ulama madzhab Syafi'i menganjurkan untuk melakukan hal itu dengan cara taklid kepada imam Malik rahimahullah yang menyatakan bahwa niat puasa ramadhan untuk sebulan penuh itu sah. Demikian halnya dengan orang yang misal lupa niat pada malam hari, yakni dianjurkan untuk taklid kepada imam Abu Hanifah rahimahullah yang menyatakan bahwa niat setelah melewati fajar pun tetap dianggap sah.

Dan untuk masalah niat itu sebenarnya sangat mudah sekali. Seseorang boleh saja berniat dengan cara mengucapkan nawaitu shouma ghodin saja, atau mengucapkan niat seluruhnya. Atau boleh juga sekedar niat dalam hati tanpa diucapkan.

📚 Refetensi:

يجب التعرض له في النية (لكل يوم) فلو نوى أول ليلة رمضان صوم جميعه: لم يكف لغير اليوم الاول. قال شيخنا: لكن ينبغي ذلك، ليحصل له صوم اليوم الذي نسي النية فيه عند مالك، كما تسن له أول اليوم الذي نسيها فيه، ليحصل له صومه عند أبي حنيفة


“Niat itu wajib dilakukan setiap hari berpuasa. Oleh karena itu jika seandainya seseorang berniat puasa pada malam pertama ramadhan untuk satu bulan penuh, maka hal itu dianggap belum mencukupi untuk selain hari pertama. Akan tetapi guru kita (Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah) mengatakan : Hal itu (niat untuk sebulan penuh) sebaiknya dilakukan, agar pada hari dimana seseorang lupa berniat pada malam harinya tetap dianggap sah puasanya berdasarkan pendapat imam Malik (dan bertaklid kepada beliau). Sebagaimana dianjurkan untuk berniat pada pagi hari bagi seseorang yang lupa berniat pada malam harinya, agar puasanya tetap dianggap sah berdasarkan pendapatnya imam Abu Hanifah” (I'anatut Tholibin : 2/249)



(فتح العلام ج : ج ٤ ص ٢٨)

تنبيهان يتعلقان بالنية الأول: فيما لو نسي النية ليلاً وطلع الفجر: عُلِمَ مِمَّا تقرر، أنه لو نسي شخص النية ليلاً، وطلع الفجر وهو ناس لم يحسب له ذلك اليوم، هذا إذا كان الصوم فرضاً، وسيأتي أنه يلزمه الإمساك إذا كان في رمضان : أما إذا كان نفلاً فإنه يحسب له إذا نوى قبل الزوال لعدم اشتراط التبييت فيه، لكن يشترط الحسبانه أن لا يسبق النية مناف للصوم نهاراً، وكما لا يشترط فيه التبييت لا يشترط فيه التعيين، بل يصح بنية مطلقة بأن يقول : نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ. وبحث في المجموع اشتراط التعيين في الراتب: كعرفة، وعاشوراء، وأيام البيض، وستة من شوال، ورد بأن الصوم في الأيام المذكورة منصرف إليها، بل لو نوى به غيرها ولو فرضاً وإن نفاها حصلت أي: حصل ثوابها. وقيل: لا يحصل، بل يسقط الطلب فقط وهو المعتمد، كما قاله البجيرمي على الخطيب. الثاني: اتفاق العلماء على وجوب النية والاختلاف في محلها ذكر في رحمة الأمة أنهم اتفقوا على وجوب النية في صوم رمضان، وأنه لا يصح إلا بنية، وقال زفر من أصحاب أبي حنيفة : وقتها : إن صوم رمضان لا يفتقر إلى نية ويُروى ذلك عن عطاء. واختلفوا في تعيين النية : فقال مالك والشافعي وأحمد في أظهر روايتيْهِ : لا بد من التغيين

(فتح العلام ج : ج ٤ ص ٢٨)

فقال مالك والشافعي وأحمد وقتها في صوم رمضان ما بين غروب الشمس إلى طلوع الفجر الثاني . وقال أبو حنيفة تجوز من الليل، فإن لم ينو ليلاً أجزأته النية إلى الزوال، وكذلك قولهم في النذر المعين، ويفتقر كل ليلة إلى نية مجردة عند الثلاثة. الثلاثة . وقال مالك: يكفيه نية واحدة من أول ليلة من الشهر أنه يصوم جميعه. ويصح النفل بنية قبل الزوال عند وقال مالك: لا تصح نيته من النهار كالواجب واختاره المزني . اهـ ما ذكره في رحمة الأمة. وقوله : أجزأته النية إلى الزوال : عبارة القاوقجي في رسالته : إلى ما قبل نصف النهار، فلو نوى عند الضحوة الكبرى، أو بعدها لم يصح اهـ فليحرر . وذكر الباجوري في نية النفل ثلاثة أقوال: احدها: وهو المعتمد أنها تصح قبل الزوال إن لم يسبقها مناف. تنبيه ثانيها: أنها تكفي بعد الزوال. ثالثها: أنها تكفي وإن سبقها مناف اهـ. فينبغي لمن ترك النية قبل الزوال أن يقلد القول الثاني، ويأتي بها بعده ليحوز الثواب. واستظهر الكردي، عدم جواز تقليد القول الثالث، لأنه ضعيف بالمرة. تنبيه: وينبغي لمن ترك التبييت في رمضان، أن ينوي قبل الزوال، وقبل تعاطي مفطر ليصح له الصوم على مذهب أبي حنيفة، لكن لا بد من تقليده، وإلا كان متلبساً بعبادة فاسدة في اعتقاده وهو حرام. تنبيه وينبغي - أيضاً - أن ينوي في أول ليلة من الشهر صوم جميعه، ويقلد في ذلك الإمام مالكاً خشية أن ينسى التبييت في بعض الليالي، ويترك النية قبل الزوال

Demikianlah, wallahu a'lam.



Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Fahmi Mubarok
✅ Syekh  Iman Abdullah al rasyid
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅ Yai Ahmad suhaemi
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅Yai Abuya Wail
✅ Ustadz Syaipudin
✅ Tqk M Fatwani Fadhli
✅ الأستاذ عبد الله سهل زهدي,الباموتاني

    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

 Perumus Redaksi Dan Koordinator

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

Deskripsi Masalah:

Ustadz Syaipudin

Penasehat:

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana Dan Ustadzah Nurrul Jannah

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Keluarnya Darah Yang Lebih Dari 15 Hari

CARA BERSUCI BAGI ORANG YANG PUNYA LUKA PADA ANGGOTA WUDHU

CARA BERSUCI SAAT ADA LUKA YANG DI PERBAN