Kajian Ilmu Tasawwuf Dalam Kitab Arbain Fi Ushuliddin Karya Iman Al_Ghazali  Tema: Hubungan Kebersihan Zahir Dengan Kebersihan 


TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH
Published from Blogger Prime Android App
Assalamu'alaikum Warohmatullohi 


Kajian Ilmu Tasawwuf Dalam Kitab Arbain Fi Ushuliddin
Karya Iman Al_Ghazali   

      
Tema: Hubungan Kebersihan Zahir Dengan Kebersihan Batin_

Bersuci secara zahir akan berdampak kejernihan di hati, karena ada rahasia hubungan antara alam syahadah (alam nyata) dengan alam malakut (alam batin) sucinya zahir termasuk alam syahadah (alam nyata) sedangkan hati termasuk alam malakut (alam batin). Hubungan alam syahadat dengan alam malakut itu awalnya terasa asing, dan apabila memberbaiki alam syahadah dengan memperbaiki zahirnya perlahan hati akan bersih dan bercahaya. Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk menunaikan shalat, karena shalat adalah pergerakan anggota badan, dan hal itu termasuk alam syahadah atau alam nyata, dan juga shalat termasuk bagian dari dunia dan perkara yang ada di dunia.

Ketika zahir diperbaiki maka batin akan baik juga, seperti gambaran yang membuat kagum. Contohnya, ketika seseorang melakukan hubungan seksual ketika ia membayang pada sesuatu yang baik, maka anak yang akan dilahirkan akan baik juga. Oleh karena itu ketika berhubungan atau berjimak dengan istrimu, hatimu harus dibersihkan dengan tujuan menghendaki anak yang baik atau Sholeh. Saat berhubungan seksual awali dengan berdoa supaya dijauhkan dari gangguan setan ._Wallahu A'lam Bissawab_

Referensi:

كتاب الاربعين فى اصول الدين ج ١ ص ١٩

وذلك لسر العلاقة التي بين عالم الشهادة وعالم الملكوت؛ فإن ظاهر البدن من عالم الشهادة، والقلب من عالم الملكوت بأصل فطرته، وإنما هبوطه إلى عالم الشهادة كالغريب عن جبلته . وكما تنحدر من معارف القلب آثار إلى الجوارح، فكذلك يرتفع من أحوال الجوارح أنوار إلى القلب، ولذلك أمروا بالصلاة مع أنها حركات الجوارح التي هي من عالم الشهادة، ولذلك جعلها رسول الله ﷺ في الدنيا ومن الدنيا، وقال:حبب إلي من دنياكم ثلاث ) . الحديث. فلا يستبعد أن يفيض من طهارة الظاهر أثر على الباطن؛ ففي بدائع صنع الله أمور أعجب من هذا، إذ قد عرف بالتجربة، أن المجامع في حال المباشرة، لو أدمن النظر إلى بياض مشرق أو حمرة قانية حتى غلبت تلك الصورة على نفسه، مال لون المولود إلى ذلك اللون الذي غلب عليه، وأن الجنين أول ما يتحرك في البطن، تميل صورته إلى الحسن، إن كانت الأم مشاهدة في تلك الحالة لصورة حسنة، بحيث غلبت تلك الصورة على نفسها، ولذلك أمر رسول الله ﷺ المباشر عند مباشرته أن يحضر في قلبه إرادة إصلاح المولود، ويدعو الله بذلك فيقول :اللهم جنبنا الشيطان وجنب الشيطان عما رزقتنا

Wa'allahu'alam Bhis Showab

Oleh:
Ustadz Hosiyanto Ilyas S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar

NISHOB ZAKAT EMAS DAN PERAK

Siklus Keluarnya Darah Yang Lebih Dari 15 Hari