HUKUM SIKLUS HAID YANG TIDAK TERATUR

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

HUKUM SIKLUS HAID YANG TIDAK TERATUR

👳🏼‍♂️ Penanya: Darus

⏸️ Pertanyaan :

Izin bertanya tentang haid.

Ada seorang yg haid selama seminggu, dan selepas dari itu dia mengalami masa suci selama maksimal 10 hari dan selepas itu haid lagi, sampai² dia tidak tau yg mana waktu istihadahnya yg mana. Karna masa sucinya terlalu sedikit dan itu dia alami terus menerus.

Mohon di jawab beserta referensi dan kitab apa?

➡️ Jawaban

keluar darah seminggu = 7 hari kemudian bersih 10 hari kemudian keluar lagi.

Keluar Darah 7 hari
Bersih 10 hari
Keluar Darah....?Published from Blogger Prime Android App

Misal keluar darah kedua 7 hari
maka jawabannya :
ini kasus takmilatan littuhri /suci yg harus di sempurnakan 15
jd :
7 haid
10 suci
5 istihadloh (takmil)
2 haid yg baru

📖 Referensi


إذا رأت المرأة الدم لزمان يصح أن يكون حيضا بأن يكون لها تسع سنين فأكثر ولم يكن عليها بقية طهر ولا هي حامل أو حائل وقلنا بالصحيح إنها تحيض أمسكت عن الصوم والصلاة والقرآن والمسجد والوطئ وغير ذلك مما تمسك عنه الحائض لأن الظاهر أنه حيض وهذا الإمساك واجب على الصحيح المشهور

[النووي، المجموع شرح المهذب، ٣٩٠/٢]


وَأَمَّا الْأَقَلُّ الَّذِي مَعَ غَيْرِهِ فَلَيْسَ فِيهِ اتِّصَالٌ بَلْ يَتَخَلَّلُهُ نَقَاءٌ بِأَنْ تَرَى دَمًا وَقْتًا وَوَقْتًا نَقَاءً فَهُوَ حَيْضٌ تَبَعًا لَهُ بِشَرْطِ أَنْ لَا يُجَاوِزَ ذَلِكَ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا وَلَمْ يَنْقُصْ الدَّمُ عَنْ أَقَلِّ الْحَيْضِ


“Adapun minimal haidh yang disertai dengan hari lain maka tidak ada ketersambungan didalamnya. Justru haidh akan terselang oleh waktu bersih. Seperti si perempuan melihat darah pada satu waktu dan melihat bersih pada waktu yang lain, maka waktu bersih itu pun juga dianggap haid karena turut kepada (waktu haid) dengan syarat kejadian itu tidak lebih dari 15 hari dan tidak kurang dari waktu haid yang minimal (yakni sehari semalam)” (Tuhfatul Muhtaj : 1/389)

Jadi kesimpulannya, jika ketidak teraturan darah yang keluar itu dibawah 15 hari maka masih tergolong sebagai haid, sedangkan jika sudah lebih dari 15 hari maka dihukumi darah istihadhoh jika keluar darah lagi.

Demikianlah, wallahu a'lam.

Catatan:

Ada dua pendapat bersih di antara dua darah
1.qaul sahbi:
bersih di antara dua darah di masa memungkinkan haid yakni di bawah maksimal 15 hari bersih bersebut ikut di hukumi haid dan ini adalah qaul yg mu'tamad.
2.qaul laqthi :
bersih di antara dua darah di masa memungkinkan haid hukumnya suci.

tinggal mengaplikasikannya pd kasus yg di tanyakan,karena pertanyaannya tdk menyertakan bilangan yg di alami nya jd masih umum gak bisa di jawab dg lebih perinci/tepat.

Referensi:


وَأَيَّامَ النَّقَاءِ طُهْرٌ وَيُسَمَّى قَوْلَ التَّلْفِيقِ وَقَوْلَ اللَّقْطِ وَالثَّانِي أَنَّ أَيَّامَ الدَّمِ وَأَيَّامَ النَّقَاءِ كِلَاهُمَا حَيْضٌ وَيُسَمَّى قَوْلَ السَّحْبِ وَقَوْلَ تَرْكِ التَّلْفِيقِ وَاخْتَلَفُوا فِي الْأَصَحِّ مِنْهُمَا فَصَحَّحَ قَوْلَ التَّلْفِيقِ الشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ وَالْبَنْدَنِيجِيّ وَالْمَحَامِلِيُّ وَسُلَيْمٌ الرَّازِيّ وَالْجُرْجَانِيُّ وَالشَّيْخُ نَصْرٌ وَالرُّويَانِيُّ فِي الْحِلْيَةِ وَصَاحِبُ الْبَيَانِ وَهُوَ اخْتِيَارُ أَبِي اسحق الْمَرْوَزِيِّ *وَصَحَّحَ الْأَكْثَرُونَ قَوْلَ السَّحْبِ فَمِمَّنْ صَحَّحَهُ الْقُضَاةُ الثَّلَاثَةُ أَب حَامِدٍ فِي جَامِعِهِ وَأَبُو الطَّيِّبِ وَحُسَيْنٌ فِي تَعْلِيقِهِمَا وَأَبُو عَلِيٍّ السِّنْجِيُّ فِي شَرْحِ التَّلْخِيصِ وَالسَّرَخْسِيُّ فِي الْأَمَالِي وَالْغَزَالِيُّ فِي الْخُلَاصَةِ وَالْمُتَوَلِّي وَالْبَغَوِيُّ وَالرُّويَانِيُّ فِي الْبَحْرِ وَالرَّافِعِيُّ وَآخَرُونَ وَهُوَ اخْتِيَارُ ابْنِ سُرَيْجٍ قَالَ الرَّافِعِيُّ هُوَ الْأَصَحُّ عِنْدَ مُعْظَمِ الْأَصْحَابِ  وَقَالَ صَاحِبُ الْحَاوِي الَّذِي صَرَّحَ بِهِ الشَّافِعِيُّ فِي كُلِّ كُتُبِهِ أَنَّ الْجَمِيعَ حَيْضٌ


[النووي ,المجموع شرح المهذب ,2/501]


Mujawwib
@ Ummi Nisa Alfii
@⁨Ustadz Abdullah⁩

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar

NISHOB ZAKAT EMAS DAN PERAK

Siklus Keluarnya Darah Yang Lebih Dari 15 Hari