HUKUM JUAL BELI LOTRE DAN KUPON BERHADIAH

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH
Published from Blogger Prime Android App
HUKUM JUAL BELI LOTRE DAN KUPON BERHADIAH

 Penanya :HUSNI

السلام عليكم
 
DISKRIPSI MASALAH :

Banyak sekali orng yng berjualan lotre /kupon hadiah dan yng beli/main lotre dimulai dri anak" samapi orng dewasa mereka sangat senang ngelotre krna hadiah nya yng sangat lumayan besar , dan dalam lotre ada untung nya rugi nya.

 Pertanyaan:

Bagai manakah hukum jual beli lotre/ jual beli kupon berhadiah?..

 ➡️Jawaban:

Wa'alaikumusalam warohmatullohi wa barakatuh

Hukum membeli barang-barang tersebut ditafsil:

1. Apabila hadiah tersebut tidak mempengaruhi kenaikan harga, maka hukumnya sah tanpa khilaf.

2. Apabila hadiah tersebut mempengaruhi kenaikan harga maka hukumnya ada tiga pendapat:

a) Sah secara mutlak (ini menurut qoul ashoh)
b) Tidak sah secara mutlak.
c) Tidak sah apabila yang dimaksud membeli hadiah
Keterangan : Jual-beli di sini disamakan dengan jual-beli amat mughoniyah (budak yang penyanyi).
b. Hukum mengikuti undian berhadiah tersebut juga tafsil:

1. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang sah (dengan jalan yang halal) dan hadiahnya terdiri dari barang yang halal, maka hukumnya boleh.

2. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang tidak sah (dengan jalan yang haram) maka hukumnya haram sekalipun hadiahnya terdiri dari barang yang halal. Wallaahu A'lamu


Referensi:

1. Al-Majmu’, juz IX, hal. 254
2. Ithafus Sadah, juz VI, hal. 464
3. Is’adur Rofiq, juz II, hal. 102
4. Talkhishul Murod, hal. 155

المجموع على شرح المهذب، ج 9 ص 254، 

(فرع) فى بيع القينة بفتح القاف وهى الجارية المغنية فاذا كانت تساوى الفا بغير غناء والفين مع الغناء فان باعها بألف صح البيع بلا خلاف فان باعها بالفين ففيها ثلاثة اوجه ذكرها امام الحرمين وغيره (اصحها) يصح بيعها وبه قال أبو بكر الازدى لانها عين طاهرة منتفع بها فجاز بيعها باكثر من قيمتها كسائر الاعيان. (والثانى) لا يصح قاله ابوبكر المحمودى من اصحابنا لان الالف تصير فى معنى المقابل للغناء (والثالث) ان قصد الغناء بطل البيع والا فلا قال الشيخ ابو زيد المروزى قال الامام الحرمين القياس السديد هو الجزم بالصحة ذكره فى فروع منثورة عند كتاب الصداق. اهـ

اتحاف السادة، ج 6 ص 464، 

وانما اخذ من قوله انه لا يصح بيع الجارية المغنية على انها مغنية ومن نصه فى الجارية انه اذا وجدها مغينة كان له الرد وهذا لا يدل على التحريم فانه يجوز ان يكون عنده حلالا ويمتنع البيع لامر اخر اما لكونه غير منضبط وانه لا يقابل العوضية شرعا كما ان عسيب الفحل جائز ولا يصح العقد عليه ببيع ولا اجارة. اهـ

 اسعاد الرفيق، ج 2 ص 102، 

(وكل ما فيه قمار) وصورته المجمع عليها ان يخرج العوض من الجانبين مع تكافئهما وهو المراد من الميسر فى الاية ووجه حرمته ان كان كل واحد مترددا بين ان يغلب صاحبه فيغنم او يغلبه فيغرم فان عدلا عن ذلك الى حكم السبق والرمي بان ينفرد احد اللاعبين باخراج العوض ليأخذ منه ان كان مغلوبا وعكسه ان كان غالبا فالاصح حرمته ايضا. اهـ

 تلخيص المراد، ص 155، 

(مسئلة) ما يأخذه المالك من المستأجر وقت عقد الاجارة غير الاجرة ان كان يدفعه اليه بطيب نفس من غير اكراه حل تناوله ويكون فى معنى الهدية ولا يحتاج الى لفظ ولا يؤثر فى ذلك كونه فى مقابلة المعقد. اهـ

(كل ما فيه قمار) وصورته المجمع عليها ان يخرج العوض من الجانبين مع تكافئهما وهو المراد من الميسر في الأية ووجه حرمته ان كل واحد متردد بين ان يغلب صاحبه فيغنم أويغلبه صاحبه فيغرم فان عدل عن ذلك الى حكم السبق والرمي بان ينفرد احد اللاعبين باخراج العوض ليأخذ منه ان كان مغلوبا وعكسه ان كان غالبا فالاصح حرمته ايضا اه‍

اسعاد الرفيق ، ٢/ ١٠٢ 

والاسلام الذي اباح للمسلم الوانا من اللهو واللعب حرم كل لعب يخالطه قمار وهو ما لا يخلو للاعب فيه ربح اوخسارة الى أن قال ولا يحل لمسلم ان يجعل من لعب القمار ( الميسر) وسيلته وتمضية اوقات الفرغ. كما لا يحل له ان يتخذ منه وسيلة للاكتساب المال بحال من الاحوال اه‍

الحلال والحرام في الاسلام، ٢٩٥



Hukum lotre dengan cara pembelinya bayar itu mutlak haram, inilah yang dimaksud didalam Al-Qur'an sebagai maisir.

يحرم بالإتفاق كل لعب فيه قمار وهو أن يغنم أحدهما ويغرم الآخر لأنه من الميسير أي القمار الذي أمر الله باجتنابه

"Para ulama telah sepakat menghukumi haram, yakni setiap permainan yang ada unsur maisir (undian) didalamnya" (Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah : 14/274)

Demikianlah wallahu a'lam
____________

MUJAWWIB :

@⁨Ummi Nisa.Alfii⁩ 
@@@
@⁨Fahrud Cell⁩


Mujawwib Dan Mushohheh:

✅Ustadz  Hosiyanto S.Pd.I
✅ Ustadz Ahmad Suhaemi
✅ustadz Aby Abd Hady.
✅Ustadzah Ai Maslaili Siti Aisyah
✅Ustadz Robit Subhan
✅Ustadz Abdul Muchtar Hakim S.H
✅ Ustadz SHOLEHUDDIN@47
✅ Ummi Hajjah Dinda Dzulaeha S.H
✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ TGK  Ari Azhari
✅ Ustadz Muhammad Shohib Mirbath
✅ Ustadz Fahrud Cell
✅ Ukhty Resti(Bintang Kehidupan
    Dan Tim Admin Yang Lainnya.

Penulis dan Perumus Redaksi:

✅ Ustadz Muhibbin Fillah
✅ Ummi Dinda zulaeha S.H

Penasehat:

✅Habib Abdulloh As-Segaf

Keamanan Grup:

✅TQK Fauzi Maulana

Published from Blogger Prime Android App

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Masjid Di jadikan Mas kawin Atau Mahar

NISHOB ZAKAT EMAS DAN PERAK

Siklus Keluarnya Darah Yang Lebih Dari 15 Hari