Hukum keluar darah flek

TANYA JAWAB FIQIH DAN AQIDAH

Hukum keluar darah flek
Published from Blogger Prime Android App
Pertanyaan:
Pena : lulu al zahra

1.Assalamualaikum...
Maaf mau nanya Ustadz/Ustadzah mengenai haid,semenjak dari nifas saya belum haid sampai anak saya berumur hampir 1th saya baru ngeplek darah hitam tapi lumayan lama dr pas puasa mendekati lebaran sampai saat ini.Pertanyaan Saya 
Apakah itu darah haid?
Apakah saya sudah boleh mengerjakan sholat?

2.kalau sudah lebih dari 15h sudah bolehkah sholat ustadzah wlupun dalam keadaan masih ngeplek

Jawab ;

Oleh  : Ustadzah Aisyah⁩ 


Waalaikumsalaam warahmatullah

1.Flek hitam ini bisa di hukumi haid , karena dobit dari haid itu sendiri adalah ketika di masukan kapas ke farji ada bekas darah ,sperti flek hitam maka ini di katakan haid, asal mencapai minimal 24 jam dalam rentang waktu 15 hari.

Cara hitung Waktu keluar haid yg berupa flek adalah , hitung dari waktu di cek ada darah ( walau sedikit ) sampai waktu bersih .  Begitu seterusnya lalu tambahkan . Apakah mencapai 24 jam atau tidak . 

Contoh : 
Tanggal 1
🔴Jam 6
🔴Jam 9
⚪ Jam 12 
Tanggal satu total 6 jam . 

Tanggal 2 
🔴Jam 6 
🔴 Jam 9
⚪ Jam 12

Tanggal 2 Total darah 6 jam 

Tanggal 3 

🔴 Jam 6 
🔴Jam 9
🔴Jam 12
🔴Jam 15
⚪Jam 18 


Tanggal 3 total 12 jam 

Jadi total dalam 3 hari adalah 6 + 6+ 12 = 24 jam 
Jadi ini haid


Poin ke 2

Jika keluar flek ini total darah tidak mencapai 24 jam dan melebihi 15 hari ,maka ini istiahdoh semua 

Jika keluar flek ini total mencapai 24 jam , dan keluar nya melebihi 15 hari , maka ini haid campur istiahdoh. 

Tindakan nya di hari ke 15 harus mandi wajib, dan sholat. walau flek masih keluar, karena hari hari selanjutnya yakin itu hari istihadoh, tapi untuk yg 15 nya itu belum tentu haid semua nya. 

Hitungan haid nya di samakan dengan haid yg terakhir , dan istihadoh nya di samakan dengan suci yg terakhir. 

Misal di bulan sebelum nya haid 5 hari suci 20 hari. 

Lalu bulan ini keluar darah 30 hari, maka hukum nya 
5 haid
20 istiahdoh
5 haid . 

Bila di siklus pertama dia ada kewajiban menunggu sampai hari ke 15 ( tidak sholat dulu sampai hari ke 15 ) karena dia baru akan tahu dia itu mustahadoh setelah darah melewati 15 hari, sehingga baru lah mandi wajib di hari ke 15. 
Di siklus selanjut nya , tak perlu menunggu sampai 15 hari , begitu darah nya lewati adat haid nya yakni 5 hari

Maka ia mandi wajib. Dan bila sebelum lewat 15 hari darah berhnti maka mandi wajib lagi, berarti bulan yg sekarang dia sembuh dari istihadoh

.Iya, katika lewat 15 hari masih keluar darah maka harus mandi wajib dan sholat, tapi bukan berarti haid nya 15 hari, 

Haid nya ini di kembalikan ke adat nya karena ini goiru mumayyizah ( darah nya satu sifat, hanya flek saja)

Referensi :

Keterangan nya dari kitab an nibros hal 15 , keterangan cara menghitung darah haid mencapai 24 jam atau tidak 

 أقل الحيض يوم وليله، ويأتي بإحدى صورتين:

بسواد أو حمرة أو صفرة أو كدرة (٢) أو شقرة.

قال الخطيب الشربيني في (مغني المحتاج» بعد قول «المنهاج

 (وأقـلـه يـوم
 الصورة الثانية: أن يتقطع الدم ويكون مجموع زمان وجود الدم هو أربعـا وعشرين ساعة في خلال خمسة عشر يوما التي هي فترة الحيض القصوى بحيث أنها خلال الخمسة عشر يوماً) لو أدخلت القطنه فرجها فوجدتها في فترات ملوثة بالدم فمجموع الزمان الذي يعقب رؤيتها للدم إلى أن تخرج القطنه نقية يكون هذا المجموع أربعا وعشرين ساعة فأكثر.

وإنما قلنا الذي يعقب رؤية الدم؛ لأن الزمن الذي يعقب رؤية النقاء والزمن الذي بين رؤية النقاء هذا الزمن له حكم الطهر كما هو معروف؛ لأن الأصل بقاء الطهر إلى ظهور الدم. قال في (مغني المحتاج»: المراد أنها إذا رأت دماء ينقص كل منها عن يوم وليله إلا أنها إذا اجتمعت كانت مقدار يوم وليلة على اتصال كفى ذلك في حصول أقل الحيض.

Kitab annibros hal 30 - 31, keterangan hitung haid dan istiahdoh, bila keluar darah lebih dari 15 hari 


تذكرها وقتاً وقدراً على حسب الحيض والطهر ، فلو كان حيضها خمسة أيام وطهرها عشرين يوما وقد وقع لها ذلك في آخر حيض وطهر رُدت إليهما ويصير دورها لخمسة

وعشرين يوماً.

قال ابن حجر في فتح الجواد»: نعلم .. أن المعتادة لو رأت يوماً وليلة قويا وكذلك نقاء وهكذا إلى تمام عادتها أو إلى خمسة عشر ثم أطبق الضعيف إلى آخر الشهر ثم رأت الشهر الثاني كذلك حكم في الشهر الأول في زمن الانقطاعات بالطهر إذ الأصل عدم العود وفي الثاني بالحيض؛ لأنـا عرفنا اعتياد الـعـود بـعـد الانقطاع الأول لأن العادة تثبت بمرة كما مر وهذا ما في (الروضة) عن تصحيح الرافعي لكن تعقبه بأن الأصح أنها فيما عدا الشهر الأول كهي فيه وصححه في التحقيق قيل: والأول أوجه اهـ ) . وقد قال شيخنا العلامة محمد بن علي الخطيب: إن الثاني هو المعتمد والله أعلم. قال في (التحفة))(۲): (وفي الشهر وما بعده لا تفعل للانقطاع شيئاً مما مر؛ لأن الظاهر أنها فيه كالأول هـذا مـا صححه الرافعي وهو وجيه لكن الذي صححه في التحقيق» و «الروضة وهو المنقول كما في «المجموع» أن الثاني وما بعده كالأول اهـ (۳).

قال في ((التحفة»: أيضاً يلزمها في أول دور أن تمسك عند مجاوزة العادة عما يُحرم بالحيض لعله ينقطع قبل أكثره فيكون الكل حيضا وفي الدور الثاني ومـا بعـده تغتسل بمجرد مجاوزة العادة اهـ (4).


Wa llahu Muwaffiq ila aqwathih thariq

Editor :
Ummi Hajjah Dinda zulaeha SH


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Keluarnya Darah Yang Lebih Dari 15 Hari

CARA BERSUCI BAGI ORANG YANG PUNYA LUKA PADA ANGGOTA WUDHU

CARA BERSUCI SAAT ADA LUKA YANG DI PERBAN