Kajian Kitab Arbain Fi Ushuliddin   Karya: Imam Al-Ghazali Tema: Teologi Kelompok Qadariyah dan Jabariyah Terhadap Konsep Takdir Allah_

   


Published from Blogger Prime Android App
   Kajian Kitab Arbain Fi Ushuliddin  
   Karya: Imam Al-Ghazali


Tema: Teologi Kelompok Qadariyah dan Jabariyah Terhadap Konsep Takdir Allah_

Kelompok Qadariyah ingkar terhadap takdir Allah. Mereka mempunyai pandangan bahwa kebaikan dan kejelekan itu dari mereka sendiri. Kesesatan mereka kerena mereka mempunyai pandangan Allah tidak mampu untuk memberi manfaat dan mudharat. Menurut mereka manusia mempunyai ikhtiyar atau pilihan sendiri tidak ada campur tangan dari Allah.


Sedangkan kelompok Jabariyah mempercayai takdir, akan tetapi mereka mempunyai pandangan bahwa manusia tidak mempunyai pilihan dan usaha, karena takdirnya sudah ditentukan oleh Allah. Manusia bagaikan boneka tidak ada pilihan baginya, hanya pasrah kepada ketentuan Allah.

Al-Hasil pandangan Qadariyah dan Jabariyah itu menyesatkan karena mereka menganggap Allah zalim dan Allah tidak mempunyai kemampuan.

Referensi:

كتاب الاربعين فى اصول الدين ج ١ ص ٨

والقدرية أنكروا قضاء الله، ورأوا الخير والشر من أنفسهم. أرادوا بذلك تنزيه الله عن الظلم وفعل القبيح، ولكنهم ضلوا إذ نسبوا العجز إلى الله تعالى في ضمن ذلك، ولم يدروا .


والجبرية اعتمدوا على القضاء، ورأوا الخير والشر من الله، ولم يروا من أنفسهم فعلاً، كما لم يروا من الجمادات، أرادوا بذلك تنزيه الله تعالى عن العجز فضلوا، إذ نسبوا الظلم إليه تعالى في ضمن ذلك، وأضلوا سفهاءهم، فكانوا يعصون الله وينسبون إلى الله، ويبرئون أنفسهم عن الذم واللوم كالشيطان حيث (قال فيما أغويتني لأقْعُدَنْ لَهُمْ ضِراطَك المستقيم)


والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب

Penerbit: Ummi Hajjah D Zulaeha 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan