๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ Kitab Al-Waraqat Fi Ushulil Fiqih karya imam Al-Haromain rahimahullah
๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐
๐๐๐๐
...
Ahmad Fahmi Mubaro
Kitab Al-Waraqat Fi Ushulil Fiqih karya imam Al-Haromain rahimahullah
↪️ Lanjutan
PASAL TERKAIT QIYAS (ANALOGI)
ูุฃู
ุง ุงูููุงุณ ููู ุฑุฏ ุงููุฑุน ุฅูู ุงูุฃุตู ุจุนูุฉ ุชุฌู
ุนูู
ุง ูู ุงูุญูู
. ููู ูููุณู
ุฅูู ุซูุงุซุฉ ุฃูุณุงู
: ุฅูู ููุงุณ ุนูุฉ، ูููุงุณ ุฏูุงูุฉ، ูููุงุณ ุดุจู . ูููุงุณ ุงูุนูุฉ ู
ุง ูุงูุช ุงูุนูุฉ ููู ู
ูุฌุจุฉ ุงูุญูู
. ูููุงุณ ุงูุฏูุงูุฉ ูู ุงูุงุณุชุฏูุงู ุจุฃุญุฏ ุงููุธุฑูู ุนูู ุงูุขุฎุฑ، ููู ุฃู ุชููู ุงูุนูุฉ ุฏุงูุฉ ุนูู ุงูุญูู
ููุง ุชููู ู
ูุฌุจุฉ ููุญูู
. ูููุงุณ ุงูุดุจู ูู ุงููุฑุน ุงูู
ุชุฑุฏุฏ ุจูู ุฃุตููู، ูููุญู ุจุฃูุซุฑูู
ุง ุดุจูุงً . ูู
ู ุดุฑุท ุงููุฑุน ุฃู ูููู ู
ูุงุณุจุงً ููุฃุตู، ูู
ู ุดุฑุท ุงูุฃุตู ุฃู ูููู ุซุงุจุชุงً ุจุฏููู ู
ุชูู ุนููู ุจูู ุงูุฎุตู
ูู . ูู
ู ุดุฑุท ุงูุนูุฉ ุฃู ุชุทุฑุฏ ูู ู
ุนูููุงุชูุง، ููุง ุชูุชูุถ ููุธุงً ููุง ู
ุนูู . ูู
ู ุดุฑุท ุงูุญูู
ุฃู ูููู ู
ุซู ุงูุนูุฉ ูู ุงูููู ูุงูุฅุซุจุงุช . ูุงูุนูุฉ ูู ุงูุฌุงูุจุฉ، ูุงูุญูู
ูู ุงูู
ุฌููุจ ููุนูุฉ
“Adapun qiyas, adalah mengembalikan cabang kepada asalnya karena suatu illat (yakni alasan atau sebab) yang mengumpulkan keduanya dalam suatu hukum. Dan qiyas itu terbagi menjadi tiga bagian yakni qiyas illat, qiyas dalalah, dan qiyas syibh”
“Qiyas illat adalah qiyas yang didalamnya terdapat illat, dan illat tersebut menetapkan sebuah hukum. Sedangkan qiyas dalalah adalah (qiyas untuk) mengambil salah satu (dari) dua pandangan sebagai penunjuk. Qiyas dalalah itu keberadaan iillatnya sebagai indikator sebuah hukum, bukan sebagai penetap hukum. Adapun qiyas syibh adalah qiyas yang cabangnya terdapat keserupaan antara dua asal, kemudian disamakan pada asal yang memiliki lebih banyak persamaannya”
“Salah satu syarat cabang adalah terdapat keselarasan pada asal, dan salah satu syarat asal adalah tertetapkan dengan dalil yang disepakati oleh dua pihak yang berbeda pendapat, (yakni pendapat-pendapat ulama). Kemudian salah satu syarat illat adalah harus berlaku pada seluruh ma'lul, (yakni masalah-masalah yang terdapat illatnya tersebut). Oleh karena itu illat tidak boleh rusak secara lafadz maupun maknanya. Adapun termasuk syarat hukum adalah menyamai illat dalam ada dan tidaknya, illat adalah sesuatu yang menarik atau mendatangkan terkait adanya hukum, sedangkan hukum adalah sesuatu yang ditarik atau didatangkan keberadaannya oleh illat”
๐ (Al-Waraqat Fi Ushulil Fiqih : 9-10)
๐ Bersambung...
═══════••★【﷽】★••═══════
Komentar
Posting Komentar