Kajian Tasawwuf: Kitab Arbain Fi Ushuliddin Tema: Allah Disucikan Dari Tempat, Waktu, dan Zaman 

TANWIRUL QULUB

Published from Blogger Prime Android App
Kajian Tasawwuf: Kitab Arbain Fi Ushuliddin

Karya: Imam Al-Ghazali 
Oleh:
Ustadz Hosiyanto Ilyas Al Azhari

Tema: Allah Disucikan Dari Tempat, Waktu, dan Zaman 


Sesungguhnya Allah tidak butuh kepada tempat. Dan allah tidak dikepung atau dikelilingi oleh tempat, Allah disucikan dari tempat seperti halnya Allah disucikan dari zaman. Wujud Allah itu ada sebelum adanya tempat dan zaman, keberadaan Allah mulai dari dulu sampai saat ini tetap seperti semula tidak pernah berubah. 

Sifat Allah beda dengan sifat makhluknya dzat Allah itu mandiri tidak perlu kepada yang lain. Dan Allah disucikan dari perubahan dan perpindahan. Sesuatu yang baru tidak dapat merubah eksistensi dzat Allah. Kesempurnaan sifat Allah tidak butuh kepada sifat yang lebih sempuna lagi.

Wujud Allah bisa diketahui oleh akal dan dzat Allah dapat dilihat secara kasat mata nanti di surga, melihat dzat Allah merupakan kenikmatan yang paling sempurna bagi hamba-hamba yang baik dan mempunyai amal kebajikan._Wallahu A'lam Bissawab._ 

Referensi:

كتاب الاربعين فى اصول الدين ج ١ ص ٥٦ 


وأنه لا يحل في شيء ، ولا يحل فيه شيء ، تعالى عن ان يحويه مكان كما تقدس عن أن يحده زمان بل كان قبل أن خلق الزمان والمكان ، وهو الآن على ما عليه كان ، وأنه باين بصفاته من خلقه ليس في ذاته سواه ولا في سواء ذاته ، وأنه مقدس عن التغيير والانتقال لا تحله الحوادث ، ولا تعتريه العوارض بل لا يزال في نعوت جلاله منزها عن الزوال ، وفي صفات كماله مستغنيا عن زيادة الاستكمال ، وأنه في ذاته معلوم الوجود بالعقول مرئى الذات بالأبصار ، نعمة منه ولطفا بالأبرار في دار القرار ، واتماما المنعيم بالنظر الى وجهه الكريم .


والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب



Penerbit:
Ummi Hajjah D .Zulaeha  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan