Kajian Ilmu Tasawwuf: Kitab Arbain Fi Ushuliddin Karya: Imam Al-Ghazali Tema: Keberadaan Ciptaan Allah Karena Kehendak Allah

Kajian Ilmu Tasawwuf: Kitab Arbain Fi Ushuliddin
Published from Blogger Prime Android App
Karya: Imam Al-Ghazali

Oleh: Ustadz Hosiyanto Ilyas Al Azhari S.Pd.I

Tema: Keberadaan Ciptaan Allah Karena Kehendak Allah

Andaikan manusia, jin, malaikat, dan setan berkumpul untuk menggerahkan alam semesta atau mendiamkan alam semesta, mereka tidak akan mampu untuk merealisasikannya, kecuali bersamaan  dengan kehendak dan kekuasaan Allah.

Kehendak Allah itu mandiri dengan dzat Allah. Allah tidak terlepas dari kehendaknya, hal tersebut sejak dahulu di zaman Azal. Sesuatu akan terjadi atas pengetahuan dan kehendak Allah.

Kehendak Allah akan terjadi sesuai dengan kehendaknya di zaman Azal, hal itu tidak akan berganti atau berubah, Allah mengatur semua perkara, pengaturan tersebut tidak bisa di logikakan dengan pikiran atau menunggu pergantian zaman. Oleh karena Allah tidak direpotkan dengan suatu perkara dan bergantinya perkara yang lain.


Referensi:

كتاب الاربعين فى اصول الدين ج ١ ٧

لو اجتمع الانس والجن والملائكة والشياطين على أن يحركوا في العالم ذرة أو يسكنوها دون ارادته ومشيئته عجزوا عن ذلك. وأن ارادته قائمة بذاته في جملة صفاته، لم يزل كذلك موصوفا بها مريدا في أزله لوجود الأشياء في أوقاتها التي قدرها فوجدت في أوقاتها كما أراده في أزله من غير تقدم ولا تأخر بل وقعت على وفق علمه وارادته من غير تبدل ولا تغير . دبر الأمور بلا ترتيب أفكار وتربص زمان فلذلك لا يشغله شأن عن شأن.


والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM MENIKAH KARENA KETIADAAN WALI

Niat Wudhu Istibahah Bagi Yang Tidak Daimul Hadast

 Hukum Dzihar Menyerupai Istri Dan Keponakan